Faktor Kemampuan Dan Fasilitas Kerja Terhadap Efektivitas Pelayanan Pembelajaran Di SD Gugus I Kecamatan Kairatu Kabupaten Seram Bagian Barat

(1) * Zince Jifanny Corputty Mail (Universitas Pattimura, Indonesia)
(2) Zainal Abidin Rengifuwain Mail (Universitas Pattimura, Indonesia)
(3) Petronela Sahetapy Mail (Universitas Pattimura, Indonesia)
*corresponding author

Abstract


Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh kemampuan dan fasilitas kerja terhadap efektivitas pelayanan pembelajaran di SD Gugus I Kecamatan Kairatu, Kabupaten Seram Bagian Barat, baik secara parsial maupun simultan. Penelitian menggunakan desain survei dengan metode hubungan kausal (explanatory survey). Populasi penelitian berjumlah 48 orang, dengan pengambilan sampel secara sensus. Data dianalisis melalui pengujian asumsi klasik, regresi, dan hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan faktor kemampuan dan fasilitas kerja memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap efektivitas pelayanan pembelajaran, baik secara parsial maupun simultan. Faktor kemampuan memiliki nilai parsial 0,344, fasilitas kerja 0,310, dan pengaruh simultan sebesar 0,577 (57%), dengan 42,3% dipengaruhi variabel lain. Efektivitas pelayanan pembelajaran berada dalam kategori sangat baik dengan capaian persentase 81–100%, Temuan ini menegaskan pentingnya penguatan faktor kemampuan dan fasilitas kerja dalam mendukung efektivitas pelayanan pembelajaran di SD Gugus I Kecamatan Kairatu. Implikasinya adalah perlunya optimalisasi operasionalisasi lanjutan yang mempertimbangkan kedua faktor tersebut untuk meningkatkan kualitas pembelajaran secara berkelanjutan

Keywords


Kemampuan; Fasilitas Kerja; Efektivitas Pembelajar

   

DOI

https://doi.org/10.31604/jim.v9i1.2025.356-363
      

Article metrics

10.31604/jim.v9i1.2025.356-363 Abstract views : 2 | PDF views : 0

   

Cite

   

Full Text

Download

References


Azizah Siti Nur & Maria Agatha Sri. (2021). Pengaruh Kompetensi Guru dan Fasilitas Belajar Terhadap Efektivitas Pembelajaran Siswa Kelas X SMAN 1 Tulungagung Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Pendidikan, 15(3), 45-55.

Arikonto, Suhaini. (2006). Dasar-Dasar Pemasaran. PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Arini Ulfah Hidayati. (2015). Melatih Keterampilan Berfikir Tingkat Tinggi Dalam Pembelajaran Matematika Pada Siswa Sekolah Dasar. TERAMPIL Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 4, 10-20.

Ahmadi Abu & Joko Tri Prasetya. (2005). Strategi Belajar Mengajar. Pustaka Setia, Bandung.

Baharuddin Rahmat. (2021). Pengaruh Kemampuan Guru, Lingkungan Kerja, Motivasi Guru dan Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Efektivitas Pengelolaan SD Negeri di Kecamatan Sendana Kabupaten Majene. Jurnal Manajemen Pendidikan, 7(2), 78-89.

Dila Azahra, Fitri Novianti Baihaqi, Syahla Habibah & Arita Marini. (2024). Studi Pustaka Tentang Peran Fasilitas Sekolah Dalam Mendukung Efektivitas Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, 18(1), 25-35.

Djamarah. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta, Jakarta.

Ghozali, Imam. (2017). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Hartono. J. (2017). Teori Portofolio dan Analisis Investasi, Edisi Kesebelas. BPFE, Yogyakarta.

Hamalik, Oemar. (2016). Manajemen Pelatihan Ketenagakerjaan Pendekatan Terpadu. Cetakan Ketujuh. Bumi Aksara, Jakarta.

Jufrizen, J. (2021). Pengaruh Fasilitas Kerja dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Melalui Motivasi Kerja. Sains Manajemen, 7(1), 35-54.

Kuncoro, Mudrajad. (2001). Metode Kuantitatif, Teori dan Aplikasi Untuk Bisnis dan Ekonomi. UPP AMP YKPN, Yogyakarta.

Kunandar. (2008). Pedoman Penulisan Proposal dan Tesis. Program Magister Akutansi, Yogyakarta.

Kotler, Philip. (2005). Manajemen Pemasaran. Erlangga, Jakarta.

Moenir, H. (2016). Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Sinar Grafika Offset, Jakarta.

Mahmudi. (2010). Manajemen Kinerja Sektor Publik. UPP AMP YKPN, Yogyakarta.

Miarso, Yusufhadi. (2004). Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Kencana, Jakarta.

Munawirsyah, Isnan. (2017). Pengaruh Kepuasan Kerja dan Fasilitas Kerja Terhadap Motivasi Kerja dan Dampaknya Kepada Kinerja Pegawai Non Medis Pada Rumah Sakit Umum Daerah Kota Subulussalam. Jurnal Bisnis Administrasi, 6(1), 44-51.

Mulyasa, E. (2013). Manajemen Berbasis Sekolah. Remaja, Bandung.

Pardeda Yassir Husein et al. (2022). Kontribusi Pemanfaatan Fasilitas Belajar, Iklim Organisasi dan Etos Kerja Dosen Terhadap Efektivitas Pembelajaran di Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Al-Hikmah Tebing Tinggi. Jurnal Pendidikan, 19(2), 65-74.

Patti Ricksa Risalah, Ihsan Dacholfany & Sutrisni Andayani. (2023). Pengaruh Kinerja Guru dan Fasilitas Pembelajaran Terhadap Pembelajaran Efektif di SMAN 1 Sepitih Agung Lampung. Jurnal Pendidikan, 20(4), 105-115.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.