Interaktivitas Akun Media Sosial Instagram @Kemenkes_RI sebagai Media Informasi Vaksinasi Covid-19

Akbar Raidandi, Nasrullah Nasrullah, Ngatno Ngatno

Abstract


Kementerian Kesehatan Republik Indonesia memiliki program vaksinasi Covid-19 menciptakan herd immunity untuk mengurangi penyebaran virus Covid-19. Masyarakat membutuhkan keaktualan dan kefaktualan dalam mencari informasi mengenai vaksinasi Covid-19. Maka, kemenkes memanfaatkan media sosial Instagram untuk memberikan informasi kesehatan khususnya vaksinasi Covid-19. Penelitian ini ingin mengetahui bagaimana interaktivitas akun media sosial Instagram @Kemenkes_RI sebagai media informasi vaksinasi Covid-19. Sebuah media sosial memiliki interaktif yang lebih tinggi sehingga pesan atau informasi dapat tersebar luas secara efektif. Media sosial dapat membentuk komunikasi dua arah yang interaktif, dimana proses itu memiliki pengaruh dalam menerima dan memberikan pesan. Penelitian ini menggunakan teori CMC Interactivity Model yang dikemukakan oleh Mohmoud dan Auter (2009). Dalam teknik pengumpulan data secara keseluruhan menggunakan dokumentasi pada akun media sosial Instagram @Kemenkes_RI. Hasil dari penelitian ini, adanya bentuk interaktivitas menurut MC Millan pada akun media sosial instagram @Kemenkes_RI yaitu user to system dimana peneliti menggunakan fitur like, views, dan komentar, user to user interaksi pada kolom komentar dan user to document memodifikasi isi pesan yang disampaikan. Peneliti menyimpulkan bahwa jenis pesan komunikasi dalam penelitian ini adalah jenis pesan komunikasi responsive dan interaktivitas yang paling dominan yaitu user to system dan user to user

Keywords


Interaktivitas, Media Sosial Instagram @Kemenkes_RI, Vaksinasi Covid-19

Full Text:

PDF

References


Annur, C. M. (2020). Berapa Usia Mayoritas Pengguna Media Sosial di Indonesia? Databoks, 1. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2020/11/23/berapa-usia-mayoritas-pengguna-media-sosial-di-indonesia#

Ariel, Y., & Avidar, R. (2015). Information, Interactivity, and Social Media. Atlantic Journal of Communication, 23(1), 19–30. https://doi.org/10.1080/15456870.2015.972404

Boer, K. M. (2013). Interaktivitas sebagai Strategi Mediated Communication pada Fans Pages Starbucks Coffee Indonesia. Jurnal ILMU KOMUNIKASI, 10(2), 113–128. https://doi.org/10.24002/jik.v10i2.348

Fajri, J. (2017). Dimensi Interaktivitas Media Sosial Instagram Instamarinda Guna Memperkenalkan Daerah Pariwisata di Kota Samarinda. EJournal Lmu Komunikasi, 5(3), 87–101.

Hadi, I. P. (2007). KHALAYAK MAYA DALAM MEDIA ONLINE : Studi Reception Analysis tentang Interaktivitas pada Teks Suara Surabaya.net. Scriptura, 1(2), 1–16. https://doi.org/10.9744/scriptura.1.2.

Khan, G. F. (2017). Social Media for Government- A Practical Guide to Understanding, Implementing, and Managing Social Media Tools in the Public Sphere. In Social Media for Government.

Kurnia, N. D., Johan, R. C., & Rullyana, G. (2018). Hubungan Pemanfaatan Media Sosial Instagram Dengan Kemampuan Literasi Media Di Upt Perpustakaan Itenas. Edulib, 8(1), 1. https://doi.org/10.17509/edulib.v8i1.10208

Kurniasih, N. (2013). Penggunaan Media Sosial bagi Humas di Lembaga Pemerintah. Forum Kehumasan Kota Tangerang, September, 1–22. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.15820.41609

Lidwina, A. (2021). Ragam Alasan Orang Menggunakan Media Sosial | Databoks. Katadata, 2021. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/02/19/ragam-alasan-orang-menggunakan-media-sosial

Mahmoud, A. E. B., & Auter, P. J. (2009). The interactive nature of computer-mediated communication. American Communication Journal, 11(4), 1–36.

Mulawarman, M., & Nurfitri, A. D. (2017). Perilaku Pengguna Media Sosial beserta Implikasinya Ditinjau dari Perspektif Psikologi Sosial Terapan. Buletin Psikologi, 25(1), 36–44. https://doi.org/10.22146/buletinpsikologi.22759

Nasrullah, R. (2012). Media Baru dan Potensi Terorisme Virtual. EMPATI: Jurnal Ilmu Kesejahteraan Sosial, 1(1), 59–70. https://doi.org/10.15408/empati.v1i1.9768

Nilamsari, N. (2014). Memahami Studi Dokumen Dalam Penelitian Kualitatif. Wacana, 13(2), 177–181.

Sarkawi, D. (2016). Perubahan Sosial dan Budaya Akibat Media Sosial. In Jurnal Administrasi Kantor (Vol. 4, Issue 2).

Social, we are. (2021). Jumlah Pengguna Media Sosial di Dunia Capai 4 , 2 Miliar. 2021.




DOI: https://doi.org/10.31604/jim.v9i3.2025.1611-1629

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.