Konstruksi Sosial Minum Kopi Sebagai Budaya Masyarakat Di Kota Takengon, Aceh Tengah

Try Wahyuningsih, Rahmanita Ginting

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konstruksi sosial minum kopi sebagai budaya masyarakat di Kota Takengon, Aceh Tengah. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori konstruksi sosial atas realita yang menggambarkan proses sosial melalui tindakan dan interaksinya, dimana individu menciptakan secara terus – menerus suatu realitas yang dimiliki dan dialami bersama secara subyektif, serta teori interaksi simbolik. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan wawancara terhadap 8 (delapan) orang informan, obeservasi lapangan serta dokumentasi. Sedangkan teknik keabsahan data dilakukan dengan meggunakan metode triangulasi data. Hasil penelitian yang diperoleh dari penelitian konstruksi sosial minum kopi sebagai budaya masyarakat Kota Takengon, Aceh Tengah, adalah minum kopi bukan sekedar budaya, kebiasaan yang hadir dengan minum kopi kemudian mengahasilkan budaya. Masyarakat berperilaku minum kopi dengan berbagai macam alasan dan makna tertentu yang ingin disampaikan, selain itu ada motif untuk antara lain penghilang rasa jenuh atau penat, keinginan kumpul bersama dan berdiskusi atau tukar pendapat, menikmati aroma dan rasa minum kopi yang khas dan unik. Makna perilaku mengonsumsi kopi yang dilakukan peminum kopi antara lain minum kopi dapat menjadi teman yang setia menemani, kemudian dapat mood juga dapat berubah, selain itu kopi juga mampu menjadi teman yang dapat menemani dengan setia

Keywords


Konstruksi Sosial, Budaya Minum Kopi, Interaksi Sosial, Masyarakat Takengon

Full Text:

PDF

References


Adji, Muhammad dan Meilinawati, Lina. 2019. Representase gaya Hidup Dan Tradisi Minum Kopi dalam Karya Sastra. Jurnal Patanjala, 11 (3)

Akbar, Danil Taqwadin, Sulaiman, Ahmad Nidzamuddin, Akmal, saiful dan Fauzan, Indra. 2019. Potensi Budaya Minum Kopi (Ngopi) Dalam Membangun Kembali Koeksistensi Masyarakat Aceh Paska Konflik. Jurnal Ilmiah Isalm Futura. 19 (1)

Ardieta, Kurniawan. 2017. Perilaku Konsumtif Remaja Penikmat Warung Kopi. Jurnal Sosiologi Dilema. 32 (1)

Arfiansyah, 2020. Islam dan Budaya Masyarakat Gayo, Provinsi Aceh : Kajian Sejarah dan sosial. Jurnal Sosiologi Agama Indonesia, 1 (1)

Augina, Arnild Mekarisce, 2020. Teknik Pemeriksanaan Keabsahan Data pada Penelitian Kualitatif di Bidang Kesehatan Masyarakat. Jurnal Ilmiah Kesehatan. 12(3).

Berger. P.L dan Luckmann. T, 1990. Tafsir Sosial Atas Kenyataan. Risalah tentang Sosiologi Pengetahuan. Penerjemah, Hasan Basari. Jakarta: LP3ES

Bernhard, Michael Djami. 2020. Ngopi: Memaknai Aktivitas Minum Kopi dalam Konteks Budaya Populer. Jurnal Teologi Biblika dan Praktika. 1 (1)

Bungin, Burhan, 2008. Konstruksi Sosial Media Massa. Jakarta: Kencana

Charles, R Ngangi. Konstruksi Sosial Dalam Realitas Sosial. Jurnal Komunikasi. 7 (2)

Daulay, Listiyana Syafitri, Ginting, Rahmanita dan Saleh, Arifin. 2020. Komunikasi Pariwisata Pihak pemerintah, Pengelola, dan Masyarakat dalam Mengembangkan Pariwisata Berbasis Kearifan Lokal di Kota Padangsidempuan. Jurnal Talenta Converence Series.3(1).https:://talentaconfseries.usu.ac.id/lwsa/article/view/809

Hadi, Sumasno. 2016. Pemeriksaan Keabsahan Data Penelitian Kualitatif Pada Skripsi. Jurnal Ilmu Pendidikan. 22 (1).

Harahap, Yolanda, Ginting, Rahmanita dan Khairani, Leylia. 2021. Fenomena Keterbukaan Diri Selebgram Perempuan di Kota Medan Sebagai Cermin Budaya Populer di Media Sosial Instagram. Jurnal Perspektif. 10(2). https:doi.org/10.31289/perspektif.v10i2.5117

Hifnalisa, Abubakar Karim. 2018. Kajian Awal Varietas Kopi Arabika Berdasarkan Ketinggian Tempat di Dataran Tinggi Gayo. Jurnal Agrista Edisi Khusus. 1

Ishak, Beny. 2016. Fenomena Mahasiswa “Ngopi†di Angkringan 99. Jurnal Komunikasi. 1 (1)

Kuswarno, Engkus, 2009. Fenomenologi. Bandung: Widya Padjadjaran

Kholil, Syukur, 2006. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung : Cipta Pustaka. Mukhtar, 2013. Metode Praktis Penelitian, Jakarta: Referensi

Mulyana, Deddy. 2013. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Mohnasir, 1999. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Morrisan dan Wardhany, Andy Corry. 2009. Teori Komunikasi. Jakarta: Ghalia Indonesia

Nailur, Nabilla Rohmah dan Mariasih, Shuri. 2019. Aktivisme dan kapitalisme Digital: Konstruksi Branding Warung Kopi melalui Instagram. Jurnal Muara Ilmu Sosial, humaniora dan Seni. 3 (1)

Narkubo, Cholid dan Achmadi, Abu, 2009. Metodologi Penelitian. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Prasodjo, Adi. 2016. Gaya Hidup Konsumen Warung Kopi di Wilayah Perkotaan Kabupaten Jember. Artikel Dinamika Global. 2 (4)

Punama, Wulan Sari. 2020. Studi Fenomenologi Penyelaras Makna dan Pengalaman Penikmat Warung Kopi di Ambon. Jurnal Penelitian Komunikasi. 12 (1)

Sugiyono, 2011. Metode Penelitian Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta Suryabrata, Sumadi. 2008. Metodologi Penelitian. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Solikatun, 2016. Perilaku Konsumsi Kopi Sebagai Budaya Masyarakat Konsumsi. Jurnal Analisa Sosiologi. 4 (1)

Suharsaputra. 2012. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan Tindakan. Jakarta: PT. Refika Aditama

Yugantara, Profil, Rackmad K, Dwi Susilo, 2021. Gaya Hidup Ngopi Sebagai perilaku Konsumsi. Jurnal Agama Sosial dan Budaya. 4 (1)

Zuriah, Nurul. 2005. Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan Teori Aplikasi. Jakarta: Bumi Aksara




DOI: https://doi.org/10.31604/jim.v9i3.2025.1580-1586

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.