Strategi Mahasiswa dalam Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan Kependidikan Mahasiswa Pendidikan Sosiologi

(1) * iwan Nasrul Mail (Universitas PGRI Sumatera Barat, Indonesia)
(2) Erningsih Erningsih Mail (Universitas PGRI Sumatera Barat, Indonesia)
(3) Yenita Yatim Mail (Universitas PGRI Sumatera Barat, Indonesia)
*corresponding author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi mahasiswa dalam mengatasi hambatan pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan Kependidikan (PPLK) pada mahasiswa Pendidikan Sosiologi Angkatan 2021 Universitas PGRI Sumatera Barat. Hambatan yang dihadapi meliputi pengelolaan kelas, penyusunan perangkat ajar, keterbatasan sarana prasarana, dan komunikasi dengan guru pamong. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik purposive sampling terhadap enam mahasiswa dan dua guru pamong. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan studi dokumen, lalu dianalisis menggunakan model interaktif Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan mahasiswa menerapkan strategi kreatif, kolaboratif, dan adaptif, seperti penggunaan ice breaking, diskusi dengan guru pamong, komunikasi profesional, dan penyesuaian metode dengan fasilitas sekolah. Strategi ini mendukung pengembangan kompetensi pedagogis dan keberhasilan pelaksanaan PPLK.

Keywords


Strategi Mahasiswa; PPLK; Pendidikan Sosiologi; Pengelolaan Kelas; Perangkat Ajar

   

DOI

https://doi.org/10.31604/jim.v9i4.2025.1983-1987
      

Article metrics

10.31604/jim.v9i4.2025.1983-1987 Abstract views : 0 | PDF views : 0

   

Cite

   

Full Text

Download

References


Abkoria, T. (2022). Kemampuan profesional mahasiswa praktik lapangan kependidikan (Studi mahasiswa Departemen Sosiologi Tahun Ajaran 2021/2022). Skripsi, Universitas Negeri Jakarta.

Adeana, G. A. M. S., Ristiati, N. P., & Suarni, N. K. (2023). Analisis Kesulitan Guru dalam Menyusun Modul Ajar Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 23(1).

Afrianti, P. (2024). Kendala pelaksanaan praktik lapangan kependidikan (PLK) mahasiswa Pendidikan Geografi angkatan tahun 2020 Universitas Negeri Padang. Skripsi, Universitas Negeri Padang.

Alaslan, A. (2021). Metode penelitian kualitatif. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Fathurrahman. (2018). Implementasi praktik pengalaman lapangan (PPL) mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP Universitas Islam Lamongan. Skripsi, Universitas Islam Lamongan.

Handayani, S. (2018). Kendala pelaksanaan praktik pengalaman lapangan kependidikan pada mahasiswa PJKR. Jurnal Olahraga dan Pendidikan Jasmani, 7(1), 55–66.

Lesmana, I. (2023). Teori tindakan sosial Max Weber dalam konteks pendidikan. Bandung: Pustaka Ilmu.

Marnoko, S., & Rahayu, A. (2024). Analisis kecemasan mahasiswa saat PPLK. Jurnal Pendidikan Sosial dan Humaniora, 9(2), 102–115.

Muslim, M., Rahadian, A., & Siregar, A. (2021). Hambatan mahasiswa dalam pelaksanaan PPL. Jurnal Pendidikan, 19(3), 223–234.

Pedoman PPLK Universitas PGRI Sumatera Barat. (2022). Padang: Universitas PGRI Sumatera Barat.

Putri, R. F., Ansi, R. Y., & Sirait, J. N. (2025). Peningkatan Kemampuan Belajar Peserta Didik Melalui Pendekatan Teaching At The Right Level (Tarl) Berbasis Pemahaman Sosial Emosional Di Smpn 2 Kisaran. Inovasi Pendidikan Nusantara, 6(3).

Rahadian, A., & Rani, F. (2017). Kendala sinkronisasi jadwal PPL dan kalender akademik sekolah. Jurnal Administrasi Pendidikan, 5(1), 33–41.

Ramdani, Z., Annisha, D., & Nurjannah, S. (2023). Strategi pembelajaran kreatif di sekolah menengah. Jurnal Ilmu Pendidikan, 25(1), 78–90.

Sarbaini. (2019). Hambatan dan solusi pelaksanaan PPLK. Jurnal Pendidikan dan Pelatihan, 4(2), 50–61.

Sari, D., & Hendriani, E. (2021). Hambatan dalam pembelajaran di sekolah menengah. Jurnal Pendidikan, 18(2), 95–108.

Siregar, A. (2022). Faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan PPLK. Jurnal Pendidikan Guru, 8(2), 45–55.

Siregar, Y. R., & Lubis, S. (2023). Kreativitas Guru dalam Menghadapi Keterbatasan Teknologi di Sekolah Daerah 3T. Jurnal Pendidikan dan Teknologi, 9(3), 103–114.

Sulung, U., & Muspawi, M. (2024). Memahami sumber data penelitian: Primer, sekunder, dan tersier. IICLS Journal, 5(1), 12–19.

Supraja, M. (2015). Alfred Schutz: Rekonstruksi Teori Tindakan Max Weber. Jurnal Pemikiran Sosiologi, 1(2), 81.

Yuniarti, D., & Sari, N. (2022). Hubungan Kemampuan Komunikasi Interpersonal Mahasiswa dengan Keefektifan Bimbingan Guru Pamong dalam Praktik Lapangan. Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 4(2), 101–110.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.