(2) Erningsih Erningsih
(3) Yenita Yatim
*corresponding author
AbstractPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi mahasiswa dalam mengatasi hambatan pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan Kependidikan (PPLK) pada mahasiswa Pendidikan Sosiologi Angkatan 2021 Universitas PGRI Sumatera Barat. Hambatan yang dihadapi meliputi pengelolaan kelas, penyusunan perangkat ajar, keterbatasan sarana prasarana, dan komunikasi dengan guru pamong. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik purposive sampling terhadap enam mahasiswa dan dua guru pamong. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan studi dokumen, lalu dianalisis menggunakan model interaktif Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan mahasiswa menerapkan strategi kreatif, kolaboratif, dan adaptif, seperti penggunaan ice breaking, diskusi dengan guru pamong, komunikasi profesional, dan penyesuaian metode dengan fasilitas sekolah. Strategi ini mendukung pengembangan kompetensi pedagogis dan keberhasilan pelaksanaan PPLK.
KeywordsStrategi Mahasiswa; PPLK; Pendidikan Sosiologi; Pengelolaan Kelas; Perangkat Ajar
|
DOIhttps://doi.org/10.31604/jim.v9i4.2025.1983-1987 |
Article metrics10.31604/jim.v9i4.2025.1983-1987 Abstract views : 0 | PDF views : 0 |
Cite |
Full Text Download
|
References
Abkoria, T. (2022). Kemampuan profesional mahasiswa praktik lapangan kependidikan (Studi mahasiswa Departemen Sosiologi Tahun Ajaran 2021/2022). Skripsi, Universitas Negeri Jakarta.
Adeana, G. A. M. S., Ristiati, N. P., & Suarni, N. K. (2023). Analisis Kesulitan Guru dalam Menyusun Modul Ajar Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 23(1).
Afrianti, P. (2024). Kendala pelaksanaan praktik lapangan kependidikan (PLK) mahasiswa Pendidikan Geografi angkatan tahun 2020 Universitas Negeri Padang. Skripsi, Universitas Negeri Padang.
Alaslan, A. (2021). Metode penelitian kualitatif. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Fathurrahman. (2018). Implementasi praktik pengalaman lapangan (PPL) mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP Universitas Islam Lamongan. Skripsi, Universitas Islam Lamongan.
Handayani, S. (2018). Kendala pelaksanaan praktik pengalaman lapangan kependidikan pada mahasiswa PJKR. Jurnal Olahraga dan Pendidikan Jasmani, 7(1), 55–66.
Lesmana, I. (2023). Teori tindakan sosial Max Weber dalam konteks pendidikan. Bandung: Pustaka Ilmu.
Marnoko, S., & Rahayu, A. (2024). Analisis kecemasan mahasiswa saat PPLK. Jurnal Pendidikan Sosial dan Humaniora, 9(2), 102–115.
Muslim, M., Rahadian, A., & Siregar, A. (2021). Hambatan mahasiswa dalam pelaksanaan PPL. Jurnal Pendidikan, 19(3), 223–234.
Pedoman PPLK Universitas PGRI Sumatera Barat. (2022). Padang: Universitas PGRI Sumatera Barat.
Putri, R. F., Ansi, R. Y., & Sirait, J. N. (2025). Peningkatan Kemampuan Belajar Peserta Didik Melalui Pendekatan Teaching At The Right Level (Tarl) Berbasis Pemahaman Sosial Emosional Di Smpn 2 Kisaran. Inovasi Pendidikan Nusantara, 6(3).
Rahadian, A., & Rani, F. (2017). Kendala sinkronisasi jadwal PPL dan kalender akademik sekolah. Jurnal Administrasi Pendidikan, 5(1), 33–41.
Ramdani, Z., Annisha, D., & Nurjannah, S. (2023). Strategi pembelajaran kreatif di sekolah menengah. Jurnal Ilmu Pendidikan, 25(1), 78–90.
Sarbaini. (2019). Hambatan dan solusi pelaksanaan PPLK. Jurnal Pendidikan dan Pelatihan, 4(2), 50–61.
Sari, D., & Hendriani, E. (2021). Hambatan dalam pembelajaran di sekolah menengah. Jurnal Pendidikan, 18(2), 95–108.
Siregar, A. (2022). Faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan PPLK. Jurnal Pendidikan Guru, 8(2), 45–55.
Siregar, Y. R., & Lubis, S. (2023). Kreativitas Guru dalam Menghadapi Keterbatasan Teknologi di Sekolah Daerah 3T. Jurnal Pendidikan dan Teknologi, 9(3), 103–114.
Sulung, U., & Muspawi, M. (2024). Memahami sumber data penelitian: Primer, sekunder, dan tersier. IICLS Journal, 5(1), 12–19.
Supraja, M. (2015). Alfred Schutz: Rekonstruksi Teori Tindakan Max Weber. Jurnal Pemikiran Sosiologi, 1(2), 81.
Yuniarti, D., & Sari, N. (2022). Hubungan Kemampuan Komunikasi Interpersonal Mahasiswa dengan Keefektifan Bimbingan Guru Pamong dalam Praktik Lapangan. Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 4(2), 101–110.
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.










Download