(2) Didik Hariyanto
*corresponding author
AbstractPersaingan bisnis di era digital mendorong pelaku usaha memanfaatkan media sosial sebagai media promosi. Shop Barbara Speed, bengkel custom sparepart motor herex di Sidoarjo, memerlukan strategi untuk meningkatkan penjualan dan menjangkau pasar lebih luas. Penelitian ini bertujuan menjelaskan penerapan strategi marketing mix 4P (product, price, place, promotion) melalui fitur Instagram seperti Reels, Hashtag, Mention, dan Story. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Data primer diperoleh melalui wawancara semi-terstruktur dengan pemilik dan tiga pelanggan serta dokumentasi konten visual Instagram, sedangkan data sekunder diperoleh dari observasi lapangan dan dokumen penunjang. Hasil menunjukkan strategi product menawarkan sparepart custom berkualitas, price dengan variasi harga transparan, place mengandalkan pemasaran digital, dan promotion memanfaatkan fitur Instagram untuk promosi organik. Strategi ini meningkatkan penjualan, dengan kenaikan tertinggi 150% pada produk knalpot. Melalui, pemanfaatan Instagram dengan strategi 4P efektif memperluas pasar, membangun citra merek, dan meningkatkan penjualan. KeywordsInstagram; Marketing Mix; Promotion
|
DOIhttps://doi.org/10.31604/jim.v9i4.2025.1961-1971 |
Article metrics10.31604/jim.v9i4.2025.1961-1971 Abstract views : 0 | PDF views : 0 |
Cite |
Full Text Download
|
References
Ade, D., Diem, R., & Yulianti, W. (2020). Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Komunikasi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan (Studi Kasus pada Akun Instagram @ Kaosdisablon di CV. Purwa Satya). Jurnal Teknologika, 10(2), 15–20. https://doi.org/10.51132/teknologika.v10i2.77
Aprila, V., & Pribadi, M. A. (2023). Strategi Komunikasi Pemasaran Melalui Instagram @maksimalindiri. Jurnal Prologia, 7(2), 304–311. https://doi.org/10.24912/pr.v7i2.21382
Arrahman, K., & Nastainb, M. (2023). Pengaruh Media Sosial Instagram Terhadap Gaya Hidup Mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana Yogyakarta. JKOMDIS : Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Media Sosial, 3(1), 16–19. https://doi.org/10.47233/jkomdis.v3i1.461
Firlianur, A., & Setiawan, B. (2023). Strategi komunikasi pemasaran dalam meningkatkan penjualan pada akun Instagram @ ndekorjogja. Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(2). https://doi.org/10.21831/lektur.v6i2.20946
Hariyanto, D., & Mariyanto, A. P. P. (2020). Motif Menonton Vlog “Keluarga Beti” Channel Youtube Arif Muhammad. Kanal: Jurnal Ilmu Komunikasi, 8(2), 67–72. https://doi.org/10.21070/kanal.v8i2.264
Jelita, N., Irwan, M., Nasution, P., Suci, S., & Sundari, A. (2023). Analisis Periklanan Di Aplikasi Tiktok Dapat Mempengaruhi Minat Beli Konsumen. Jurnal Bisnis Mahasiswa, 1(3), 33–37. https://doi.org/10.60036/jbm.v4i1.art2
Khoirunnisa, H., Dharta, F. Y., & Poerana, A. F. (2023). Strategi Komunikasi Pemasaran Pada Baso Aci Tulang Rangu Albara Melalui Instagram. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 7(1), 146–154. https://doi.org/10.58258/jisip.v7i1.4097
Kusumadinata, A. A., Ramadhan, A., Maulana, D., & Wiratama, F. (2023). Strategi Komunikasi Pemasaran Kedai Hegar Coffee & Liwet Melalui Akun Instagram. Jurnal Sosial Ekonomi Dan Humaniora, 9(3), 316–324. https://doi.org/10.29303/jseh.v9i3.368
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative data analysis: An expanded sourcebook. sage.
Nisak, K., & Hariyanto, D. (2017). Food Photography and Eating Out. Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(1), 31–40. https://doi.org/10.21070/kanal
Noventa, C., Soraya, I., & Muntazah, A. (2023). Pemanfaatan Media Sosial Instagram BuddyKu Sebagai Sarana Informasi Terkini. JKOMDIS : Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Media Sosial, 3(3), 626–635. https://doi.org/10.47233/jkomdis.v3i3.1124
Poluan, F. M. A., Mandey, S. L., & Ogi, I. W. J. (2019). Strategi Marketing Mix dalam Meningkatkan Volume Penjualan (Studi pada Minuman Kesehatan Instant Alvero). Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 7(3), 2969–2978. https://doi.org/10.35794/emba.v7i3.24043
Rofiki, M., & Muhimmah, K. (2021). Strategi Pemasaran Online Shop: Upaya untuk Meningkatkan Volume Penjualan. Jurnal Hukum Islam, Ekonomi Dan Bisnis, 7(2), 203–219. https://doi.org/10.30739/istiqro.v7i2.981
Ruth, N., Calosa, J., Goh, S. F., Wijaya, V., & Cahyasari, D. (2023). Analisis Target Market dan Marketing Mix 4p dalam Meningkatkan Volume Penjualan Restoran HongKongBay, Gading Serpong. Journal of Tourism, Hospitality, and Destination, 2(4), 90–95. https://doi.org/10.55123/toba.v2i4.2951
Siregar, F. R. (2022). Implementasi Marketing Mix dalam Meningkatkan Konsumen pada Cafe Hidden Tea ( Perspektif Etika Bisnis Islam ) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sumatera Utara ,. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 16363–16370. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.5004
Vildayanti, R. A., Ekonomi, F., & Luhur, U. B. (2020). Analisis Strategi Marketing Mix (4p) Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Pada Perusahaan Jasa Periklanan Bigevo Di Jakarta Selatan Tahun 2019 bagaimana menjual produk pemasarannya melalui digital marketing, karena jika hanya nama perusahaannya adalah P. 03.
Yuliady, F., Mahmudah, N., Madja, E., Bone, N. K., & Airlangga, U. (2022). Marketing Mix Dalam Pemasaran Digital Brand Hijab Rayyah Dan Peran Brand Hijab Rayyah Dalam Industri Kreatif Sub-Sektor Fashion. Jurnal Manajemen Pengembangan Industri Kecil Menengah, 18(1), 51–61. https://doi.org/10.29244/mikm.18.1.51-61
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.










Download