Analisis Linguistik Multimodal dalam Komunikasi Digital Universitas Nurdin Hamzah Jambi: Strategi Pembentukan Brand Identity
Abstract
Penelitian ini mengkaji strategi komunikasi digital Universitas Nurdin Hamzah (UNH) Jambi dalam membangun brand identity melalui pendekatan linguistik multimodal. Sebagai perguruan tinggi swasta baru yang didirikan pada 2020, UNH menghadapi tantangan membangun identitas di tengah persaingan ketat dengan lebih dari 4.670 perguruan tinggi di Indonesia. Penelitian kualitatif deskriptif ini menggunakan metode analisis isi multimodal berdasarkan teori Kress dan van Leeuwen (2021) terhadap empat unggahan Instagram @univ_nh periode Maret-Juli 2025. Data dianalisis melalui tiga dimensi multimodalitas: representasional, interaksional, dan komposisional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa UNH mengintegrasikan elemen visual, verbal, dan audio secara strategis untuk menyampaikan nilai institusional. Dimensi representasional memperlihatkan UNH sebagai institusi inklusif dan berorientasi sosial-lingkungan. Dimensi interaksional membangun kedekatan emosional melalui tatapan langsung, ekspresi ramah, dan musik latar yang mendukung. Dimensi komposisional menampilkan konsistensi warna institusional, tipografi yang jelas, dan keseimbangan desain visual. Temuan mengonfirmasi bahwa pendekatan multimodal efektif dalam membangun brand identity perguruan tinggi swasta baru di era digital. Komunikasi digital yang terencana dan berkesadaran multimodal terbukti mampu memperkuat citra, kredibilitas, dan jangkauan pesan institusional. Penelitian ini berkontribusi pada pengembangan model komunikasi digital perguruan tinggi dan memberikan panduan praktis bagi institusi swasta dalam mengoptimalkan strategi komunikasi digital mereka
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Bezemer, J., & Kress, G. (2016). Multimodality, learning and communication: A social semiotic frame. Routledge. https://doi.org/10.4324/9781315638027
Chapleo, C. (2010). What defines successful university brands? International Journal of Public Sector Management, 23(2), 169–183. https://doi.org/10.1108/09513551011022519
Hemsley-Brown, J., & Goonawardana, S. (2007). Brand harmonization in the international higher education market. Journal of Business Research, 60(9), 942–948. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2007.01.019
Ivy, J. (2001). Higher education institution image: A correspondence analysis approach. The International Journal of Educational Management, 15(6), 276–282. https://www.emerald.com/ijem/article-abstract/15/6/276/128339/Higher-education-institution-image-acorrespondence?redirectedFrom=fulltext
Jewitt, C., Bezemer, J., & O’Halloran, K. (2016). Introducing multimodality (2nd ed.). Routledge. https://doi.org/10.4324/9781315638027
Kansa, F. H., & Wiryany, D. (2025). Analisis strategi komunikasi pemasaran visual pada akun Instagram perguruan tinggi swasta.
ComDent – Jurnal Komunikasi dan Desain Multimedia, 11(1), 72–85. https://jurnal.unpad.ac.id/comdent/article/view/61259
Kaplan, A. M., & Haenlein, M. (2016). Higher education and the digital revolution: About MOOCs, SPOCs, social media, and the Cookie Monster. Business Horizons, 59(4), 441–450. https://doi.org/10.1016/j.bushor.2016.03.008
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. (2024). Data pendidikan tinggi Indonesia tahun 2024. https://pddikti.kemdikbud.go.id
Kress, G., & Leeuwen, T.V. (2020). Reading Images: The Grammar of Visual Design (3rd ed.). Routledge. https://doi.org/10.4324/9781003099857
Machin, D. (2007). Introduction to multimodal analysis. Arnold Publishers.
https://archive.org/details/introductiontomu0000mach
Noviyanti, D., Fitriani, Z. N., Wahyuni, A. T., Khairunisa, R., &
Syahlendra, R. (2025). Pengembangan strategi branding institusi pendidikan tinggi melalui optimalisasi media sosial. PROSIDING SENANTIAS: Seminar Nasional Hasil Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, 6(2), 426–436. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/Senan/article/view/50877
Setiawati, I. B., & Ismail, J. (2025). Pemanfaatan digital marketing dalam membangun brand awareness institusi pendidikan tinggi. Jurnal Ilmu Komunikasi, Administrasi Publik dan Kebijakan Negara, 2(1), 199. https://doi.org/10.62383/komunikasi.v2i1.199
We Are Social & Meltwater. (2024). Digital 2024: Indonesia.
https://datareportal.com/reports/digital-2024-indonesia
DOI: https://doi.org/10.31604/jim.v9i3.2025.1559-1569
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.