
*corresponding author
AbstractDalam industri musik K-pop, promosi digital melalui media sosial merupakan strategi utama untuk menarik perhatian dan membangun keterlibatan penggemar. Namun, tidak semua konten promosi dengan tagar tertentu mampu menghasilkan tingkat engagement yang konsisten. Padahal, strategi promosi digital yang terintegrasi seperti penggunaan tagar #Beautiful_Life oleh Xdinary Heroes, dapat menciptakan keterlibatan interaksi yang kuat dan merata dari audiens. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat engagement konten promosi title track bertagar #Beautiful_Life di platform X dengan menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dan teori Uses and Gratifications (UGT). Data dikumpulkan dari 20 unggahan akun resmi @XH_official selama periode promosi utama. Hasil menunjukkan distribusi engagement yang asimetris, dengan mayoritas konten mendapat respons rendah hingga sedang dan hanya satu konten menonjol dengan engagement sangat tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa efektivitas konten dalam memenuhi kebutuhan informasi, hiburan, dan koneksi sosial memengaruhi tingkat keterlibatan. Penelitian menyimpulkan bahwa strategi komunikasi pemasaran berbasis tagar harus mempertimbangkan dimensi psikososial audiens untuk mencapai hasil yang optimal
KeywordsEngagement; Komunikasi Pemasaran; Media Sosial; Promosi Digital; Uses And Gratifications
|
DOIhttps://doi.org/10.31604/jim.v9i3.2025.1500-1507 |
Article metrics10.31604/jim.v9i3.2025.1500-1507 Abstract views : 0 | PDF views : 0 |
Cite |
Full Text![]() |
References
Adriani, S. N., & Sugandi, M. S. (2021). Uses & Gratifications pada kolektor photocard K-Pop dalam pemanfaatan media sosial Twitter (Survei pada followers akun @lapakdeobi). eProceedings of Management, 8(2). Retrieved from https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/management/article/view/20273
Adriani, S. N., & Sugandi, M. S. (2023). Uses & Gratifications Pada Kolektor Photocard K-Pop Dalam Pemanfaatan Media Sosial Twitter (Survei pada Followers akun @lapakdeobi). eProceedings of Management, 8(2).
Arikunto, S. (1998). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rinneka Cipta
Chang, H.-C. H., Pham, B., & Ferrara, E. (2023). Parasocial diffusion: K-pop fandoms help drive COVID-19 public health messaging on social media. arXiv preprint arXiv:2110.04149.
Chen, H. H., Alexander, T. J., Oliveira, D. F. M., & Altmann, E. G. (2020). Scaling laws and dynamics of hashtags on Twitter. arXiv preprint arXiv:2004.12707.
Choi, S. (2022). The role of visual content and artist-fan interaction in social media engagement for K-pop groups. Journal of Digital Culture & Society, 8(1), 45-62.
Damanik, R. R., & Tambotoh, J. J. C. (2022). Analisis Penggunaan Media Sosial untuk Pencarian Informasi dan Media Komunikasi Menggunakan Model Uses and Gratification. JURIKOM (Jurnal Riset Komputer), 9(5), 1251-1261. https://doi.org/10.30865/jurikom.v9i5.4814
Febrian, A., & Husna, N. (2023). Increasing Social Media Engagement Through Understanding the Uses and Gratification Theory. Proceedings of the International Conference of Economics, Business, and Entrepreneur (ICEBE 2022).
Hendro Puspito. (2007). Sosiologi. Jakarta: Esis.
Katz, E., Blumler, J. G., & Gurevitch, M. (1973). Uses and gratifications research. Public Opinion Quarterly, 37(4), 509-523.
Kim, J., & Hwang, Y. (2019). Hashtag strategy and fan engagement in K-pop social media promotion. International Journal of Media & Cultural Politics, 15(3), 315-332.
Kriswanto, F. P. P., Solehudin, & Nurhasanah, N. (2024). Kajian Analisis Media Sosial Instagram dengan Pendekatan Teori Uses and Gratifications sebagai Tolak Ukur Kepuasan Pengguna. Jurnal Manajemen Bisnis Modern, 6(3). Retrieved from https://journalpedia.com/1/index.php/jmbm/article/view/2970
Lee, H. (2020). Understanding K-pop fan engagement: The role of content preferences and gratifications sought. Asian Journal of Communication, 30(2), 187-203.
Lexy J, Moleong. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT. Rosdakarya
Mutiara, P., & Putri, K. Y. S. (2023). Uses and Gratification Theory in TikTok as Social Media Marketing Platform: Seen from Market Player View. Journal of Digital Marketing and Communication, 3(1), 1-11.
Naguim, M., Nfissi, A., & Mamnoun, S. (2023). Uses and Gratifications of Korean Entertainment Consumption among Moroccan Fans. International Journal of Arts and Humanities Studies, 3(4), 01-09. https://doi.org/10.32996/Ijahs.2023.3.4.1
Park, M., Lee, S., & Kim, N. (2021). Driving fan participation: The impact of call-to-action and exclusive content in K-pop promotions. Journal of Global Popular Culture, 9(1), 78-95.
Prasetyo, K., Fauzi, E. P., & Putri, I. H. (2023). K-Pop Fandoms Loyalist Phenomenon: Fans Participatory Branding on Social Media Content Practices Distribution in Indonesia. Communication Update, 1, 79-84.
Severin, Werner J. and James W. Tankard, Jr. (1988). Communication Theories: Origins, Methods, Uses (2th ed.). New York: Longman Inc.
Suhendra, D. (2016). Analisis Hukum Penyelesaian Perselisihan Hasil Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Tapanuli Selatan Tahun 2015. Jurnal Ilmiah Muqodddimah, 1(1), 34-48. Retrieved from http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/muqoddimah/article/view/138
Sundar, S. S., & Limperos, A. M. (2013). Uses and gratifications 2.0: Toward a comprehensive model of gratification dimensions for social media. New Media & Society, 15(4), 504-528.
Wardani, E. P., & Kusuma, R. S. (2021). Interaksi parasosial penggemar K-Pop di media sosial (Studi kualitatif pada fandom Army di Twitter). Bricolage: Jurnal Magister Ilmu Komunikasi, 7(2). Retrieved from https://journal.ubm.ac.id/index.php/bricolage/article/view/2755
Yoo, J. (2023). Platform-specific engagement strategies in K-pop: Analyzing fan interaction across social media. Journal of Fandom Studies, 11(2), 167-184.
Zakia, R., Dianita, I. A., & Rochimah, H. A. I. N. (2024). The Influence of the Weverse Social Media Platform on Fulfilling the Information Needs of K-Pop Fans on Weverse. Jurnal Common, 8(2), 164-177.
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.