Pledge United: Strategi Kreatif dan Inovatif dalam Mengatasi Kekerasan Berbasis Gender di Indonesia

Febrian Ramadhani Setiaji, Talitha Ulfa Raissa

Abstract


Tingginya kasus kekerasan berbasis gender di Indonesia menjadi isu serius yang berdampak luas terutama pada perempuan, anak-anak, dan dalam beberapa kasus juga laki-laki. Salah satu strategi penting dalam mengatasinya adalah melibatkan laki-laki secara aktif. Pledge United menghadirkan strategi komunikasi kreatif dengan pendekatan olahraga, khususnya sepak bola. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji strategi komunikasi Pledge United dalam mengatasi kekerasan berbasis gender. Metode yang digunakan adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif, melalui wawancara mendalam, dokumentasi, dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi yang digunakan bersifat komunitas dan budaya, dengan melibatkan aktor lokal seperti pelatih sepak bola sebagai komunikator. Pesan disampaikan secara interaktif dan kontekstual melalui pelatihan, diskusi, dan media sosial. Penelitian ini menyimpulkan bahwa Pledge United menghadapi tantangan dalam perluasan jangkauan, rendahnya kesadaran masyarakat, serta motivasi peserta yang belum optimal. Namun, strategi komunikasi yang digunakan cukup relevan untuk menjangkau remaja laki-laki sebagai target utama

Keywords


Komunikasi Persuasif; Kekerasan Berbasis Gender; Olahraga; Sepak Bola; Strategi Komunikasi

Full Text:

PDF

References


Alif, I. S., Karnay, S., & Amir, A. S. (2023). Strategi Komunikasi Kesehatan Penanganan Stunting (Studi Pada Kelurahan Watang Bacukiki Kota Parepare). Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 12(1), 66-89. https://doi.org/10.14710/interaksi.12.1.66-89

Annisya, A. A. A., & Rahmawati, D. H. (2025). Interpersonal Communication Analysis in the Context of Emotional Manipulation Patterns as Gender-Based Violence: Case Study of Gender-Based Violence on @SBYFESS Account. Hulondalo Jurnal Ilmu Pemerintahan Dan Ilmu Komunikasi, 4(1), 268–279. https://doi.org/10.59713/jipik.v4i1.1187

Badan Pusat Statistik. (2023). Jumlah penduduk menurut kelompok umur dan jenis kelamin, 2023. https://www.bps.go.id/en/statistics-table/3/WVc0MGEyMXBkVFUxY25KeE9HdDZkbTQzWkVkb1p6MDkjMw==/jumlah-penduduk-menurut-kelompok-umur-dan-jenis-kelamin--2023.html

Biro Hukum Dan Humas Kementerian Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak. (4 Oktober 2024). Kemen PPPA Rilis Survei Pengalaman Hidup Perempuan Nasional (SPHPN) dan Survei Nasional Pengalaman Hidup Anak dan Remaja (SNPHAR) 2024. Diakses dari https://www.kemenpppa.go.id/page/view/NTQzMw== tanggal 11 Maret 2025

Kilvington, D., Black, J., Doidge, M., Fletcher, T., Kearns, C., Liston, K., ... & Rosati, P. (2023). A critical analysis of past and present campaigns to challenge online racism in English professional football. In Hate Crime in Football (pp. 83-102). Bristol University Press.

Klenk, J. (2024). Sport as a Strategy to Address Gender-Based Violence: A Study on Perceptions and Educational Knowledge of Students in Grades 8–12 in Windhoek, Namibia (Tesis Master, Jönköping University). https://www.diva-portal.org/smash/get/diva2:1876218/FULLTEXT01.pdf

Lubis, N. A. (2023). Peran Kreativitas Budaya Dalam Pembangunan Masyarakat: Perspektif Sosial Dan Seni. Literacy Notes, 1(2).

McGuire, W. J. (1989). Theoretical foundations of campaigns. Public communication campaigns, 2, 43-65.

Miller, E., Das, M., Tancredi, D. J., McCauley, H. L., Virata, M. C. D., Nettiksimmons, J., O’Connor, B., Ghosh, S., & Verma, R. (2014). Evaluation of a Gender-Based Violence Prevention Program for Student Athletes in Mumbai, India. Journal of Interpersonal Violence, 29(4), 758-778. https://doi.org/10.1177/0886260513505205

Miller, E., Jones, K. A., Ripper, L., Paglisotti, T., Mulbah, P., & Abebe, K. Z. (2020). An Athletic Coach-Delivered Middle School Gender Violence Prevention Program: A Cluster Randomized Clinical Trial. JAMA pediatrics, 174(3), 241–249. https://doi.org/10.1001/jamapediatrics.2019.5217

Ruslinia, A., Alfa, A. A., & Triantama, F. (2023). Analisis Aktor Non Negara dan Ketahanan Psikologi: Studi Kasus Kekerasan Berbasis Gender Online (KBGO). Jurnal Ketahanan Nasional, 29(2), 178-198. https://doi.org/10.22146/jkn.86516

Tanzilah, A., El Khuluqo, I., & Hikmat, A. (2024). Hubungan Antara Pembelajaran Berbasis Kesetaraan Gender dan Komunikasi Interpersonal Dengan Efektivitas Pembelajaran di SMAN Wilayah Kecamatan Pasar Minggu. Attractive: Innovative Education Journal, 6(2), 225-234. https://doi.org/10.51278/aj.v6i2.1309

United Nations Population Fund (UNFPA) Indonesia. (2024). Survei Pengalaman Hidup Perempuan Nasional (SPHPN) 2024. https://indonesia.unfpa.org/en/publications/survei-pengalaman-hidup-perempuan-nasional-sphpn-2024

Yagnik, A. (2020). Communication for development and social change through creativity. Handbook of Communication for Development and Social Change, 269-285.

Yin, R. K. (2014). Case study research design and methods. Canadian Journal of Program Evaluation, 1(5).




DOI: https://doi.org/10.31604/jim.v9i3.2025.1491-1499

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.