Pola Komunikasi Interpersonal Dalam Pembentukan Identitas Diri Remaja Penyandang Disabilitas Pada Forum Disabilitas Kota Maros

(1) * Adinda Tri Wulandari Mail (Universitas Hasanuddin, Indonesia)
(2) Tuti Bahfiarti Mail (Universitas Hasanuddin, Indonesia)
(3) Jeanny Maria Fatimah Mail (Universitas Hasanuddin, Indonesia)
*corresponding author

Abstract


Penelitian ini mengeksplorasi pola komunikasi interpersonal yang diberikan kepada remaja penyandang disabilitas fisik dalam pembentukan identitas diri mereka pada Forum Disabilitas Kota Maros. Dilatarbelakangi oleh terjadinya krisis identitas yang berdampak terhadap psikologi kognitif pertumbuhan dan perkembangan remaja penyandang disabilitas fisik, sehingga mengakibatkan remaja tersebut mengalami kebimbangan antara dua pilihan yakni, menarik diri dari lingkungan sosial atau meleburkan diri terhadap lingkungan sosial dan kehilangan identitasnya. Menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dan observasi terhadap tiga narasumber yakni Koordinator Program Inklusi BaKTI Kabupaten Maros, Sekretaris Forum Disabilitas Maros, dan Pendamping Penyandang Disabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola komunikasi interpersonal yang diberikan kepada remaja penyandang disabilitas fisik, dicirikan sebagai keterbukaan, empati, dukungan, sikap positif dan kesetaraan, mampu meminimalisir kesenjangan yang terjadi selama proses kegiatan komunikasi, sehingga meberikan rasa aman dan percaya bagi remaja penyandang disabilitas fisik untuk membuka diri, dan keberhasilan dalam pembentukan identitas diri remaja penyandang disabilitas fisik terlihat dari cara mereka yang bisa menjadi dan menghargai diri mereka sendiri tanpa mengikuti arus dan tuntutan yang ada di lingkungan sosial mereka.

Keywords


Komunikasi interpersonal; Identitas diri; Remaja; Penyandang disabilitas fisik.

   

DOI

https://doi.org/10.31604/jim.v9i4.2025.2369-2374
      

Article metrics

10.31604/jim.v9i4.2025.2369-2374 Abstract views : 0 | PDF views : 0

   

Cite

   

Full Text

Download

References


Adolph, R. (2016). Pola Akomodasi Komunikasi Antara Pembimbing Dan Klien Pemasyarakatan Beda Budaya Di Balai Pemasyarakatan Kelas I Manokwari Guna Percepatan Reintegrasi. 1–23.

Andayani, R. H. R., Muraidandini, P. S., & Azman, A. (2019). Penerapan Terapi Perilaku Kognitif Terhadap Penarikan Sosial Penyandang Disabilitas Fisik Di Desa Campaka, Kabupaten Andir, Bandung. Jurnal Kolaborasi Resolusi Konflik, 1(2), 70–141. https://doi.org/10.24198/jkrk.v1i2.23244

Armas, A. M., Unde, A. A., & Fatimah, J. M. (2017). Self Concept and Communication Competence of People with Disability to Build Self Confidence and Self Actualisation in Entrepreneurship World of Makassar City. Jurnal Komunikasi KAREBA, 6(2), 277–284.

Berger, Charles R., Michael, E. Roloff., David, R. Roskos-Ewoldsen. 2018. The Handbook Of Communication Science Indeks, terj. Derta Sri Widowatie. Bandung: Nusamedia.

Cangara, H., Bahfiarti, T., & Komunikasi, D. I. (2025). Dinamika Pengungkapan Diri dalam Persahabatan Mahasiswa di Indekos: Analisis Berdasarkan Teori Penetrasi Sosial 123. 6(2), 487–498.

Dewi, R. N. K. (2020). Penerimaan Diri Pada Remaja Penyandang Disabilitas. Journal on Education, 274–282.

Fadhili, R. (2020). Pola Komunikasi Tuna Netra dan Tuna Rungu. Journal on Education, 2507(February), 1–9.

Hakim, A. R., Mardhiyah, A., Novtadijanto, D. M. I., Nurkholifah, N., Ramdani, Z., & Amri, A. (2021). Pembentukan Identitas Diri Pada Kpopers. Motiva: Jurnal Psikologi, 4(1), 18. https://doi.org/10.31293/mv.v4i1.5188

Hasan, M. N. (2018). Pemberdayaan Penyandang Disabilitas Oleh DPC PPDI Kota Semarang. Journal of Innovative Counseling : Theory, Practice & Research.

Hsb, S. P., Yusniah, & Mantondang, M. A. (2024). Analisis Pola Komunikasi Interpersonal Guru dengan Siswa dalam Membentuk Kemandirian Siswa Tunagrahita di Sekolah Luar Biasa (SLB C Karya Tulus). Jurnal Indonesia : Manajemen Informatika Dan Komunikasi, 5(2), 1879–1892. https://doi.org/10.35870/jimik.v5i2.826

Imama, H. (2021). Pola Komunikasi Interpersonal Guru Dan Anak Penyandang Disabilitas Tunagrahita Kelas IX SLB C Muzdalifah Medan Dalam Meningkatkan Kemandirian. Jurnal Kajian Pembelajaran Dan Keilmuan.

Insani, M. F., Rusmana, A., & Hakim, Z. (2021). Kecemasan Orangtua Terhadap Masa Depan Anak Penyandang Disabilitas Intelektual di SLB C Bina Asih Cianjur. REHSOS: Jurnal Ilmiah Rehabilitasi Sosial, 3(1), 40–57.

Khotijah, A. N. (2023). Pola Komunikasi Interpersonal Penyandang Tunanetra (Studi Kasus Pertuni di Kota Metro). Jurnal Kajian Pembelajaran Dan Keilmuan.

Rakhmat, J. (2007). Psikologi Komunlkasi.

Ramdhanu, C. A., Sunarya, Y., & Nurhudaya. (2019). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Identitas Diri. Journal of Innovative Counseling : Theory, Practice & Research, 3(1), 7–17.

Suheri. (2019). Akomodasi Komunikasi. Jurnal Network Media, 2(1), 40–48.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.