Komodifikasi Nilai Kematian Dalam Iklan P&G Versi Maaf Ibu Di Hatiku Di Youtube Dan Resepsi Khalayak

(1) * Mohammad Lakky R Mail (Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Jakarta, Indonesia)
(2) Rohmiati Rohmiati Mail (Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Jakarta, Indonesia)
(3) Wiwien Wirasati Mail (Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Jakarta, Indonesia)
*corresponding author

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah ingin mengetahui makna dari sebuah tanda dengan menggolongkan makna menjadi denotatif (makna sesungguhnya), konotatif (makna subyektif), dan mitos (berdasarkan kebudayaan pada masyarakat). Penelitian ini menggunakan metode semiotika Roland Barthes dengan pendekatan kualitatif yang menekankan pada pengungkapan suatu makna. Adapun hasil dari penelitian ini antara lain adalah : P&G dalam iklannya mengubah nilai kematian yang semula merupakan nilai guna, menjadi suatu nilai jual. Komodifikasi nilai kematian dilakukan pada iklan P&G versi Maaf Ibu Di Hatiku dengan cara menampilkan suatu adegan yang memberikan kesan nilai kematian. Iklan ini menampilkan talent seorang Ibu beserta anak perempuannya, penampilan visual yang terdapat pada tahap denotasi dapat dimaknai sebagai kasih sayang seorang Ibu yang selalu ada kepada anaknya, walaupun dirinya pun sudah tiada, penggunaan fenomena yang diyakini masyarakat tentang suatu hal menarik perhatian untuk dijadikan ide dalam beriklan. Makna dan citra brand dari merek P&G yang ingin ditampilkan dari iklannya     yang berjudul Maaf Ibu Di Hatiku di Youtube ini adalah kasih sayang dan kepedulian P&G terhadap kebutuhan keluarga layaknya kasih sayang seorang  Ibu terhadap anaknya, yang selalu menemani di setiap ujian dan tahap kehidupan, bahkan hingga dirinya telah tiada. Dapat disimpulkan juga bahwa khalayak yang melihat iklan ini adalah tipe pembaca dominan (Hegemonic) dan tipe pembaca yang bernegosiasi (Negiotiated).


Keywords


Nilai Kematian, Komodifikasi, Resepsi Khalayak

   

DOI

https://doi.org/10.31604/jim.v9i1.2025.128-137
      

Article metrics

10.31604/jim.v9i1.2025.128-137 Abstract views : 1 | PDF views : 0

   

Cite

   

Full Text

Download

References


Buku

Ida, Rachma. (2014). Metode Penelitian Studi Media dan Kajian Budaya. Jakarta: Prenada Media Group.

Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane. (2012). Manajemen Pemasaran Edisi 12. Jakarta: Erlangga.

Mosco, Vincent. (2009). The Political Economy of Communication. London: Sage Publication

Sobur, Alex (2017). Semiotika Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Junaedi, Fajar. (2013). Komunikasi Politik: Teori, Aplikasi dan Strategi di Indonesia. Yogyakarta: Buku Litera.

Internet

visual-memory.co.uk/daniel/Documents/S4B/ yang diakses pada tanggal 21 November 2020 pukul 15.49 WIB

https://id.wikipedia.org/wiki/YouTube yang diakses penulis pada 13 November 2020, pukul 16.38 WIB


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.