Pengaruh Content Marketing Reels Instagram Terhadap Keputusan Pembelian Followers (Survei Terhadap Brand Fashion Tenue De Attire)

(1) * Firstya Anindito Mail (Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Jakarta, Indonesia)
(2) Rohmiati Rohmiati Mail (Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Jakarta, Indonesia)
(3) Nurlina Bangun Mail (Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Jakarta, Indonesia)
*corresponding author

Abstract


Tenue De Attire merupakan sebuah merek lokal yang bergerak di bidang fashion. Tenue De Attire mulai diperkenalkan kepada masyarakat Indonesia di tahun 2014. Sejak awal munculnya brand bertema Europe ini, mereka membuat sebuah campaign yang bertepatan dengan ulang tahun kemerdekaan Indonesia, yang kemudian dilanjut di tahun 2019 menyesuaikan tema PEMILU di tahun tersebut. Sejak tahun 2020-an awal, Tenue De Attire berkomitmen untuk mengembangkan pasarnya ke ranah media sosial. Mereka mengutamakan platform Instagram dan TikTok untuk memasarkan produknya dari sudut pandang yang berbeda. Salah satu cara mereka memasarkan produknya di media sosial adalah dengan cara memproduksi konten pemasaran yang bertema komedi. Konten ini diberi hashtag #bukantipegue. Konten tersebut berisikan tentang seorang pria yang terus diminta oleh orang lain untuk berpakaian menyerupai tokoh ternama dengan menggunakan baju ataupun celana milik brand Tenue De Attire. Konten tersebut berhasil meningkatkan kesadaran merek Tenue De Attire di kalangan pengguna media sosial. Karena konten tersebut berhasil meningkatkan awareness dari Tenue De Attire, penulis akan meneliti apakah konten tersebut memiliki pengaruh terhadap Keputusan Pembelian terutama bagi followers Instagram @tenuedeattire yang menyaksikan konten reels #bukantipegue

Keywords


Content Marketing, Reels Instagram, Keputusan Pembelian

   

DOI

https://doi.org/10.31604/jim.v9i1.2025.110-115
      

Article metrics

10.31604/jim.v9i1.2025.110-115 Abstract views : 1 | PDF views : 0

   

Cite

   

Full Text

Download

References


Buku

Ibrahim, A. (2023). Metodologi Penelitian Ekonomi dan Bisnis Islam. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Muhyi. (2018). Metodologi Penelitian. Surabaya: Adi Buana University Press.

Rauf. (2021). Neuropsikolinguistik. Pulau Pinang, Malaysia: USM.

Saifulloh M., Sofyan (2022). Metode Survei Dalam Penelitian Komunikasi. Yogyakarta: Jejak Pustaka

Walidin, AK, S. T. (2015). Metodologi Penelitian Kualitatif & Grounded Theory. Aceh: FTK Ar-Raniry Press.

Jurnal

Bening, B., & Kurniawati, L. (2019). The Influence of Content Marketing toward the Customer Engagement of Tokopedia Users in Yogyakarta.

Foster, B. (n.d.). Impact of Brand Image on Purchasing Decision on Mineral Water Product “Amidis†(Case Study on Bintang Trading Company). www.arjonline.org

Nada, F., Ramadhayanti, A., & Masahere, U. (n.d.). Pengaruh Content Marketing dan Live Shopping Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion pada Pengguna Tiktok Shop. Jurnal Ekonomi BisnisAntartika,1,2023.https://ejournal.mediaantartika.id/index.php/jeba

Ramadhan, B., & Lailla, N. (2024). Pengaruh Content Marketing, Live Steraming Dan Co-Branding Terhadap Keputusan Pembelian Pada E-Commerce Shopee (Studi Pada Produk Fashion Erigo). Indonesian Journal of Economics, 1(2).

Wahyudi, R. (2022). Pengaruh Iklan Dan Influencer Terhadap Keputusan Pembelian Item Virtual Pada Games Online Mobile Legends. SIBATIK JOURNAL: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial,

Internet

https://wearesocial.com/id/blog/2024/01/digital-2024/


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.