Aktualisasi Kekuatan Peran Ganda Perempuan Dalam Rumah Tangga Sebagai Upaya Meningkatkan Ekonomi Keluarga di Desa Selemak

(1) * Ira Safitri Mail (Universitas Negeri Medan, Indonesia)
(2) Hodriani Hodriani Mail (Universitas Negeri Medan, Indonesia)
(3) Hapni Laila Siregar Mail (Universitas Negeri Medan)
(4) Windawati Pinem Mail (Universitas Negeri Medan, Indonesia)
*corresponding author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tentang aktualisasi kekuatan peran ganda perempuan dalam rumah tangga sebagai upaya meningkatkan ekonomi keluarga di Desa Selemak. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Data primer seperti observasi dan wawancara. Sedangkan data sekunder seperti buku, artikel jurnal, internet, Rencana Pembangunan Jangka Menegah Desa, dan lainnya. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran pedagang sayur perempuan Pasar Andan Sari Desa Selemak dalam rumah tangga mencakup peran sebagai istri, peran sebagai ibu, dan peran sebagai individu yang mandiri. Aktualisasi kekuatan peran ganda perempuan dalam rumah tangga sebagai upaya meningkatkan ekonomi keluarga di Desa Selemak dapat dilihat dari empat hal yaitu: perempuan dapat bekerja, perempuan dapat menjadi seorang intelektual, perempuan dapat bekerja untuk mencapai transformasi sosialis masyarakat, dan perempuan sebagai kekuatan ekonomi

Keywords


Analisis Resepsi; Konten Trailer; Teori Encoding-Decoding

   

DOI

https://doi.org/10.31604/jim.v9i3.2025.1300-1307
      

Article metrics

10.31604/jim.v9i3.2025.1300-1307 Abstract views : 25 | PDF views : 4

   

Cite

   

Full Text

Download

References


Anindhita, M., Prawiradiredja, S., & Angga, C. (2022). Analisis Resepsi Followers Akun @Roughneck1991 Terhadap Konten “Roughneck Shopee 11.11.” Prosiding Seminar Nasional & Call for Paper “Peran Perempuan Sebagai Pahlawan Di Era Pandemi” PSGESI LPPM UWP, 9(01), 29–37. https://doi.org/10.38156/gesi.v9i01.210

Barik, J., Islam, M. A., Desain, J., Surabaya, U. N., Desain, J., & Surabaya, U. N. (2022). Perancangan Konten Media Sosial TikTok Sebagai Media Promosi Dedado Batik di Surabaya. Jurnal Barik, 3(2), 112–124.

Claretta, D., Alfinatul Fauziah, Amalia Nurul Hikmah, N. B. A. (2022). Analisis Resepsi Mahasiswa Tentang Konten Dalam Akun TikTok @rizkyrn_. Jurnal Socia Logica, 1(2), 52–60. Retrieved from http://jurnal.anfa.co.id/index.php/JurnalSociaLogica/article/view/147

Dataindonesia.id. (2024). Data Pengguna Aplikasi TikTok di Indonesia pada Oktober 2021-Januari 2024. Retrieved March 1, 2024, from https://dataindonesia.id/internet/detail/data-pengguna-aplikasi-tiktok-di-indonesia-pada-oktober-2021januari-2024

Datareportal.com. (2024). Digital 2024: Indonesia. Retrieved March 1, 2024, from https://datareportal.com/reports/digital-2024-indonesia

Demandsage.com. (2024). Pengguna Media Sosial 2024 (Data & Statistik Global). Retrieved March 1, 2024, from https://www.demandsage.com/social-media-users/

Dwiputra, K. O. (2021). Analisis Resepsi Khalayak Terhadap Pemberitaan Covid-19 di Klikdokter.com. Jurnal Komunikasi Profesional, 5(1), 26–37. https://doi.org/10.25139/jkp.v5i1.3290

Hasiholan, T. P., Pratami, R., & Wahid, U. (2020). Utilization of Tik Tok Social Media as a Campaign Media for Handwashing Movement in Indonesia to Prevent Covid-19. Communiverse : Journal of Communication Science, 5(2), 70–80.

Jaya, I. M. L. M. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. (F. Husnaini, Ed.) (3rd ed.). Yogyakarta: Quadrant.

Mahardhika, S. V., Nurjannah, I., Ma’una, I. I., & Islamiyah, Z. (2021). Faktor-Faktor Penyebab Tingginya Minat Generasi Post-Millenial Di Indonesia Terhadap Penggunaan Aplikasi Tik-Tok. SOSEARCH : Social Science Educational Research, 2(1), 40–53. https://doi.org/10.26740/sosearch.v2n1.p40-53

Pujarama, W. & I. R. Y. (2020). Aplikasi Metode Analisis Resepsi Untuk Penelitian Gender dan Media (1st ed.). Malang: UB Press.

Putri, C. P., & Arviani, H. (2023). Analisis Resepsi Mahasiswa Surabaya terhadap Konten Lina Mukherjee Makan Babi Diawali Bacaan Bismillah pada Akun Tiktok @lilumukerji. Reslaj : Religion Education Social Laa Roiba Journal, 6(2), 715–726. https://doi.org/10.47467/reslaj.v6i2.4347

Santoso, S. (2021). Analisis Resepsi Audiens Terhadap Berita Kasus Meiliana di Media Online. Komuniti : Jurnal Komunikasi Dan Teknologi Informasi, 12(2), 140–154. https://doi.org/10.23917/komuniti.v12i2.13285

Savira, R., & Zuhri, S. (2022). Resepsi Penonton Terhadap Konten Review Skincare Dalam Akun Tiktok@ drrichardlee. Linimasa: Jurnal Ilmu Komunikasi, 106–113. Retrieved from https://journal.unpas.ac.id/index.php/linimasa/article/view/4461

Syahmewah, R. (2023). Pengaruh Penggunaan Template Pada Aplikasi Capcut yang Memudahkan Mahasiswa Untuk Mengedit Video Sebagai Media Pembelajaran. Journal of Physics and Science Learning, 07(1), 27–32.

Tutiasri, R., Wibowo, A. A., & Pradana, J. P. (2023). Analisis Resepsi Remaja Penonton Video FYP Terhadap Popularitas Konten Kreator Unik (@binirehan1) “Begitu Sulit Lupakan Rehan”. JCommsci - Journal of Media and Communication Science, 6(2), 1–10. https://doi.org/10.29303/jcommsci.v6i2.205


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.