Analisis Resepsi Publik terhadap Pesan Gender dalam Iklan Media Sosial: Studi Kasus Iklan Rabbani "Ketika Perempuan Berpakaian Serba Minim"

Vonny Cecilia Ramadhita

Abstract


Tayangan iklan Rabbani yang diunggah membahas tentang masalah pelecehan seksual yang terus menjadi perhatian dalam berbagai konteks, seperti di tempat kerja, dalam ruang publik, dan di institusi pendidikan. Pelecehan seksual dapat berupa bentuk-bentuk kekerasan fisik, tekanan, godaan, dan berbagai perilaku lainnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis resepsi konsumen terhadap isi pesan iklan Rabbani tentang pelecehan seksualdi media sosial instagram. Metode penelitian kualitatif juga digunakan untuk menghasilkan data deskriptif yang dapat diinterpretasikan dan dijelaskan secara naratif. Instrumen penelitian digunakan untuk mengumpulkan data, dan analisis data kualitatif digunakan untuk memperkuat penelitian yang dilakukan. Ruang lingkup Penelitian ini akan melibatkan masyarakat yang mempunyai pemahaman tentang syariat islam, masyarakat muslim liberal, masyarakat muslim yang mengenal tentang fashion, masyarakat yang mengenal tentang pemasaran produk, serta masyarakat umum di kota Surabaya. Selama penelitian, peneliti melakukan wawancara, dan dokumentasi untuk mengumpulkan data.

Keywords


Iklan Rabbani; Media Sosial; Analisis Resepsi

Full Text:

PDF

References


Danilwan, Y., Dirhamsyah, D., & Pratama, I. (2020). THE IMPACT OF CONSUMER ETHNOCENTRISM, ANIMOSITY AND PRODUCT JUDGMENT ON THE WILLINGNESS TO BUY. Polish Journal of Management Studies, 22(2), 65–81. https://doi.org/10.17512/pjms.2020.22.2.05

Farida, U., Asropah, N., & Umaya, N. M. (2023). NOMINA PEREMPUAN DI MEDIA MASSA DIGITAL: ANALISIS PROSODI SEMANTIS. Widyaparwa, 51(1), 219–228. https://doi.org/10.26499/wdprw.v51i1.1317

Framuditya Bagas Saputra, Amyra Syalsabila, Yurni Fadhillah, & Ricky Firmansyah. (2023). Peran Sosial Media Instagram Sebagai Media Komunikasi Bisnis Dalam Peningkatan Penjualan Perusahaan Mangkok Manis. Jurnal Kajian dan Penelitian Umum, 1(3), 66–77. https://doi.org/10.47861/jkpu-nalanda.v1i3.199

Herdono, I., Bungin, B., & Wono, H. Y. (2022). Strategi Media Lokal di Era Pasca Pandemi: Studi Kasus Harian Bhirawa di Surabaya. Jurnal Kajian Media, 6(1), 45–56. https://doi.org/10.25139/jkm.v6i1.4592

Mustamin, S. W., & Jasri. (2022). Analisis Pengaruh Quality service dan Promosi terhadap Tingkat Minat Nasabah dalam Menggunakan Jasa Bank Syariah. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 8(2), 1689–1698. https://doi.org/10.29040/jiei.v8i2.4462

Mustika, P. M., & Mardikantoro, H. B. (2018). Textual Analysis of Corruption News Text on Trans TV and Global TV Media: Critical Discourse Analysis by Norman Fairclough. Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 7(2), 173–184. https://doi.org/10.15294/seloka.v7i2.19004

Neuman, D. (2014). Qualitative research in educational communications and technology: a brief introduction to principles and procedures. Journal of Computing in Higher Education, 26(1), 69–86. https://doi.org/10.1007/s12528-014-9078-x

Pratama, D. E., & Apriani, R. (2023). Analisis Perlindungan Hukum Konsumen bagi Penonton Bola dalam Tragedi di Staadion Kanjuruhan. Supremasi Hukum, 19(1), 1–15. https://doi.org/10.33592/jsh.v19i1.2921

Wardoyo, D. A. K., & Saryadi. (2016). PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA, DAN SALURAN DISTRIBUSI TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN MAJALAH SWA MELALUI VARIABEL KEPUASAN PELANGGAN (Studi Kasus pada Pelanggan Majalah SWA di DKI Jakarta). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 5(4), 466–479. https://doi.org/10.14710/jiab.2016.13593




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jim.v9i1.2025.322-331

Article Metrics

Abstract view : 27 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.