Strategi Sentralisasi Pajak Terhadap Kepatuhan Perpajakan pada PT. Bank Sumut

(1) * Eka Rospiani Mail (Universitas Sumatera Utara, Indonesia)
(2) Wahyu Ario Pratomo Mail (Universitas Sumatera Utara, Indonesia)
(3) Fahmi Natigor Nasution Mail (Universitas Sumatera Utara, Indonesia)
*corresponding author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi bagaimana strategi sentralisasi pajak yang diterapkan oleh PT. Bank Sumut berpengaruh terhadap kepatuhan perpajakan. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam dan penyebaran kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi sentralisasi, yang dimulai sejak tahun 2020, berdampak signifikan terhadap peningkatan efisiensi pelaporan dan pembayaran pajak. Faktor utama yang mendukung kepatuhan adalah pemahaman pegawai yang tinggi terhadap kewajiban perpajakan, pengawasan internal yang kuat, serta sosialisasi yang dilakukan secara berkala oleh Tim Pajak Kantor Pusat. Kendala yang masih dihadapi antara lain gangguan sistem pada server DJP dan data vendor yang tidak valid. Implikasi dari penelitian ini mengarah pada perlunya penguatan unit pengawasan internal yang terpisah dari pelaksana pajak dan peningkatan kualitas validasi data vendor. Dengan penguatan strategi sentralisasi dan kolaborasi antarunit, tingkat kepatuhan perpajakan di Bank Sumut dapat terus ditingkatkan

   

DOI

https://doi.org/10.31604/jim.v9i2.2025.1219-1230
      

Article metrics

10.31604/jim.v9i2.2025.1219-1230 Abstract views : 6 | PDF views : 0

   

Cite

   

Full Text

Download

References


Adawiyah, R., Yunier R., dan Idel.E. (2023). “Literature Riview: Pengaruh Sosialisasi Perpajakan, Sanksi Perpajakan, Pemahaman Peraturan Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajakâ€. Jurnal Economia, Vol.2(9), hal 2310-2321

Alviansyah, T.P. (2011). “Pengaruh Sanksi, Pelayanan, Tingkat Pengetahuan Wajib Pajak Terhadap Tingkat Kepatuhan Penyampaian SPT Masa Wajib Pajak Orang Pribadi (Studi Kasus KPP Malang Utara)â€.Skripsi Universitas Brawijaya, Malang.

Amalia, Rizki, dkk. (2016). Pengaruh Pengenaan Sanksi Administrasi danKesadaran Wajib Pajak Terhadap Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor (Studi pada Kantor Samsat Kabupaten Bengkalis Riau). Jurnal Administrasi Bisnis, Vol.31(1). Universitas Brawijaya, Malang

Boediono, G. T., Sitawati, R., & Harjanto, S. (2018). “Analisis pengaruh sosialisasi perpajakan terhadap kepatuhan wajib pajak dengan kesadaran sebagai variabel mediasiâ€. Jurnal Penelitan Ekonomi dan Bisnis, Vol.3(1), hal 22-38.

Databoks.katadata.co.id. “Ini Rasio Kepatuhan Pelaporan SPT Pajak 2022, DJP Klaim Kenaikan pada 2023â€.[diakses 20 Mei 2024]. Tersedia pada: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/03/02/ini-rasio-kepatuhan-pelaporan-spt-pajak-2022-djp-klaim-kenaikan-pada-2023

Daulay, R. P., K, P. H., P, P. L., & R, A. (2017). Manajemen.

Dharma, G. P. E., dan K. A. Suardana. (2014). “Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Sosialisasi Perpajakan, Kualitas Pelayanan Pada Kepatuhan Wajib Pajakâ€. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, Vol. 6(1), hal 340-353.

DDTC.News. “Perlahan, Pelayanan Pajak DJP Bakal Tersentralisasiâ€. [diakses pada 20 Mei 2024]. Tersedia pada: https://news.ddtc.co.id/perlahan-pelayanan-pajak-djp-bakal-tersentralisasi-1797457

Erlis, M.R.S. (2015). “Pengaruh Disiplin Kerja, Motivasi, dan Pengawasan Terhadap Kinerja Karyawan PT. Pertamina (Persero) Unit Pemasaran VII Terminal BBM Bitungâ€. Vol.3(3).

Hapsari, A., & Kholis, N. (2020). “Analisis Faktor-Faktor Kepatuhan Wajib Pajak UMKM di KPP Pratama Karanganyarâ€. Reviu Akuntansi dan Bisnis Indonesia, Vol. 4(1), hl 56-67.

Ilhamsyah, R., Endang, M. G., dan Dewantara, R. Y. (2016). “Pengaruh Pemahaman dan Pengetahuan Wajib Pajak Tentang Peraturan Perpajakan, Kesadaran Wajib Pajak, Kualitas Pelayanan, dan Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor (Studi Samsat Kota Malang)â€. Jurnal Perpajakan (JEJAK), Vol 8(1), hal 1-9.

Kesuma, W., dan Sofyan H. (2023). “Pengaruh Tarif Pajak, Sosialisasi Pajak, E-filling dan Pengetahuan Perpajakan Pada Wajib Pajak Orang Pribadi Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Survey Pada Wajib Pajak Orang Pribadi di KPP Pratama Jakarta Pluit)â€. Judicious: Journal of manajement, Vol. 04(02), hal 210-223.

Latumaerissa,. Julius R. (2011). “Bank dan Lembaga Keuangan Lainâ€. Salemba Empat, Jakarta.

Mandowally, B. M. F., Allolayuk, T., & Matani, C. D. (2020). “Pengaruh sanksi perpajakan, pelayanan fiskus dan pengetahuan perpajakan terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi (studi empiris pada wajib pajak orang pribadi yang terdaftar di KPP Pratama Jayapura)â€. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan Daerah, Vol. 15(1), hal 46–56

Mariani, N. L. P., Mahaputra, I. N. K. A., & Sudiartana, I. M. (2020). “Pengaruh sosialisasi perpajakan, pengetahuan perpajakan, persepsi wajib pajak tentang sanksi pajak dan implementasi PP Nomor 23 Tahun 2018 terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi (studi empiris pada wajib pajak di Kabupaten Bandung)â€. Jurnal Kharisma, Vol. 2(1), hal 89–100

Mimi dan Susi.D.M. (2022). “Pengaruh Pelayanan, Pengawasan, dan Pemeriksaan Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Badan Yang Dimoderasi Digitalisasi Administrasi Perpajakanâ€. Jurnal Magister Akuntansi Trisakti, Vol.9(2), hal 37-54. Doi: http://dx.doi.org/10.25105/jmat.v9i1.10573

Pambudi, K. (2023). “Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Kepatuhan Pajakâ€. COMSERVA: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, Vol.03(03), hal 878-886.

Rahayu, N. (2017). “Pengaruh Pengatahuan Perpajakan, Ketegasan Sanksi Pajak, dan Tax Amnesty Terhadap Kepatuhan Wajib Pajakâ€. Akuntansi Dewantara, Vol. 1(1), hal 15-30

Resmi, S. (2019). “Perpajakan Teori dan Kasus (11th ed.)â€. Salemba 4.

Robbins, Stephen P. (2002). “Prinsip-Prinsip Perilaku Organisasiâ€, Edisi Kelima. Jakarta :Erlangga.

Rulandari, N., dan Guntur F.A. (2023). “Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Pengawasan terhadap KepatuhanWajib Pajak Badan (Stusi Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Pekanbaru Senapelan Tahun 2017-2019)â€. Jurnal Administrasi Pemerintahan Desa, Vol.04(01), hal 70-97.

Sari, N. W. (2021). “Pengaruh penerapan e-billing dan e-filing terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi (studi kasus pada KPP Pratama Jakarta Duren Sawit)â€. Jurnal Mahasiswa Akuntansi Unsurya, Vol. 1(1), hal 47–59.

Sari, V. A., dan Fidiana. (2017). “Pengaruh Tax Amnesty, Pengetahuan Perpajakan, dan Pelayanan Fiskus Terhadap Kepatuhan Wajib Pajakâ€. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi, Vol.6(2), hal 744-759.

Seran, A.H., dan Priyastiwi. (2023). “Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Sosialisasi Perpajakan, Pengetahuan Perpajakan dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajakâ€. Jurnal RIset Akuntansi dan Bisnis Indonesia STIE Widya Wiwaha, Vol.3(4), hal 1419-1440.

Siregar, S. F., Dewi, M., & Akbar, A. (2023). Pengaruh Karakteristik Individu dan Karakteristik Pekerjaan terhadap Motivasi Kerja Perawat Rumah Sakit Umum Haji Medan. Regress Journalof Economic & Management, 2(3), 1–10.

Supriyono,. Maryanto. (2011). “Buku Pintar Perbankanâ€. ANDI. Yogyakarta.

Taswan. (2010). “Manajemen Perbankanâ€. UPP STIM YKPN Yogyakarta, Yogyakarta.

Wardani, D. K., & Wati, E. (2018). “Pengaruh Sosialisasi Perpajakan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak dengan Pengetahuan Perpajakan sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Wajib Pajak Orang Pribadi di KPP Pratama Kebumen)â€. Nominal, Barometer Riset Akuntansi Dan Manajemen, Vol. 7(1). https://doi.org/10.21831/nominal.

Zurriah, R., dan Putri A.L. (2023). “Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Membayar Pajak Kendaraan Bermotor Pada Kantor Samsat Medan Utaraâ€. SOSEK: Jurnal Sosial dan Ekonomi, Vol. 3(3), hal 121-127.

Dewi, M., Lubis, S., & Sofiyan. (2025). Quadruple Helix Collaboration in Improving Competitive Advantage to Support the Achievement of Sustainable Development Goals (SDG) Based on Critical Success Factors in MSMES. Journal of Lifestyle and SDGs Review, 5(1), e04001. https://doi.org/10.47172/2965-730X.SDGsReview.v5.n01.pe04001

Siregar, S. F., Dewi, M., & Akbar, A. (2023). Pengaruh Karakteristik Individu dan Karakteristik Pekerjaan terhadap Motivasi Kerja Perawat Rumah Sakit Umum Haji Medan. Regress Journalof Economic & Management, 2(3), 1–10.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.