Peningkatan Partisipasi Masyarakat dalam Pengawasan Pilkada Tahun 2024 Melalui Kampanye Media Sosial

(1) * Irman Puansah Mail (Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan, Indonesia)
(2) Darman Syah Pulungan Mail (Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan, Indonesia)
(3) Vernando Maruli Aruan Mail (Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan, Indonesia)
(4) Natalia Parapat Mail (Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan, Indonesia)
*corresponding author

Abstract


Partisipasi masyarakat dalam pengawasan pemilihan kepala daerah (Pilkada) merupakan elemen penting dalam menjaga transparansi dan akuntabilitas proses demokrasi. Pilkada tahun 2024 di Indonesia menghadapi tantangan dalam meningkatkan keterlibatan masyarakat, terutama karena rendahnya literasi politik dan maraknya penyebaran hoaks. Artikel ini membahas bagaimana kampanye media sosial dapat digunakan sebagai strategi untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pengawasan Pilkada. Melalui studi literatur, penelitian ini menganalisis efektivitas media sosial dalam mendorong keterlibatan masyarakat serta faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan kampanye digital. Hasil penelitian menunjukkan bahwa platform seperti Facebook, Twitter, Instagram, YouTube, dan TikTok berperan dalam menyebarkan informasi, meningkatkan kesadaran politik, dan memberikan ruang bagi masyarakat untuk berpartisipasi dalam pengawasan pemilu. Namun, efektivitas kampanye ini dipengaruhi oleh tingkat literasi digital, strategi komunikasi yang digunakan, serta dukungan dari penyelenggara pemilu dan lembaga pengawas. Untuk memastikan keberhasilan kampanye digital dalam pengawasan Pilkada, diperlukan edukasi literasi digital yang lebih intensif, koordinasi antar-stakeholder, serta pemanfaatan teknologi pelaporan yang lebih transparan. Dengan strategi yang tepat, media sosial dapat menjadi alat yang efektif dalam mewujudkan Pilkada yang jujur, adil, dan demokratis

   

DOI

https://doi.org/10.31604/jim.v9i2.2025.1212-1218
      

Article metrics

10.31604/jim.v9i2.2025.1212-1218 Abstract views : 11 | PDF views : 0

   

Cite

   

Full Text

Download

References


Afnira, E. (2023). Optimalisasi Media Sosial sebagai Sarana Publikasi Pengawasan Pemilu 2024: Kasus Bawaslu Kota Tanjungpinang. Jurnal Mahasiswa Komunikasi Cantrik, 3(1), 47–60. https://doi.org/10.20885/cantrik.vol3.iss1.art4

Arpandi, A. (2023). Media Online dalam Meningkatkan Partisipasi Politik Masyarakat pada Pemilihan Umum (Pemilu). Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 843–855. https://doi.org/10.56832/edu.v3i1.293

Arumsari, N., Septina, W. E., & Saputro, I. H. (2020). Peran Media Sosial Dalam Meningkatkan Partisipasi Pemilih Pemula Di Kalangan Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Semarang. Harmony: Jurnal Pembelajaran IPS Dan PKN, 5(1), 12–16. https://doi.org/10.15294/harmony.v5i1.40271

Banurea, O. K. (2023). Efektivitas Pengawasan Kampanye Berbasis Digital (Pencegahan Pelanggaran Praktek Kampanye Berbasis Digital). Mediation: Journal of Law, 2(1), 59–77.

Chairunisa, P., Putri Barbara, D., Anjelina Saragih, O., & Ivanna, J. (2024). Peran Media Sosial dalam Meningkatkan Partisipasi Politik Masyarakat di. Journal on Education, 06(04), 20592–20598.

Dwitama, M. I., Hakiki, F. A., Sulastri, E., Usni, U., & Gunanto, D. (2022). Media Sosial Dan Pengaruhnya Terhadap Partisipasi Politik Masyarakat Di Pilkada 2020 Tangerang Selatan. INDEPENDEN: Jurnal Politik Indonesia Dan Global, 3(1), 53. https://doi.org/10.24853/independen.3.1.53-66

Fajri, N., Fajri, R., & Sulisawati, N. (2024). Transformasi Politik Di Indonesia: Analisis Terhadap Peran Media Sosial Dalam Partisipasi Politik Generasi Muda. Online) Journal of Political Sphere |, 5(1), 2746–1947. https://doi.org/10.24815/jps.v5I1.39517

Kharisma Wirayanti, L. P. L., & Ananda Putra, I. G. A. (2024). Peran Media Sosial Dalam Meningkatkan Partisipasi Politik Dan Mengurangi Tingkat Golput di Kelurahan Sumerta. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 5(1), 1398–1404. https://doi.org/10.55338/jpkmn.v5i1.2995

Puansah, I., Muhammadiyah, U., & Selatan, T. (n.d.). Studi Literatur : Politik Uang Dalam Pemilihan Kepala Daerah di Indonesia Irman Puansah. 8, 778–787.

Puansah, I., Pulungan, D. S., & Sahbana, A. (2024). Politik Identitas Pada Pemilihan Kepala Desa. Jurnal Ilmiah Muqoddimah : Jurnal Ilmu Sosial, Politik, Dan Humaniora, 8(1), 340. https://doi.org/10.31604/jim.v8i1.2024.340-348

Puansah, I., Sukmana, O., & Soedarwo, V. S. D. (2024). Political Dynasties in Village Government and Their Impact on Society and Development. 5(2), 119–136.

Putri, L. U. M., Pebrianti, A., Elonika, Y., & Winarti, N. (2024). Aksesibilitas Pengawasan Media Sosial oleh Badan Pengawas Pemilihan Umum terhadap Pencegahan Kampanye Propaganda. JIIP: Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan, 9(1), 40–57. https://doi.org/10.14710/jiip.v9i1.21741

Salman Farid, A. (2023). Penggunaan Media Sosial Dalam Kampanye Politik Dan Dampaknya Terhadap Partisipasi Politik Dan Persepsi Publik. QAULAN Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 4(1), 45–50.

Studi, P., Pancasila, P., Kewarganegaraan, D., Keguruan, F., & Pendidikan, D. I. (2024). PERAN MEDIA MASSA DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI POLITIK MASYARAKAT Riska Septa Yuliandri, Siti Tiara Maulia. Jurnal Hukum Dan Kewarganegaraan, 3(11).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.