(2) Abdi Mubarak Syam
*corresponding author
AbstractPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi komunikasi pemasaran digital yang digunakan oleh Wardah Beauty dalam meningkatkan brand awareness di kalangan konsumen, khususnya perempuan muda muslimah. Dalam era digital yang berkembang pesat, pemasaran melalui media digital menjadi salah satu pendekatan utama yang digunakan brand untuk menjangkau target audiens secara lebih efektif. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi digital, studi dokumentasi, dan analisis konten pada platform media sosial resmi Wardah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Wardah berhasil membangun brand awareness yang kuat melalui strategi pemasaran digital yang terintegrasi, seperti content marketing, influencer marketing, video marketing, dan social media engagement. Kampanye seperti #CantikDariHati dan #HalalItuCantik mampu menciptakan kedekatan emosional dengan konsumen serta memperkuat identitas brand. Strategi ini tidak hanya meningkatkan daya ingat terhadap brand, tetapi juga menciptakan loyalitas konsumen terhadap produk. Dengan pendekatan yang adaptif dan berbasis nilai, Wardah mampu mempertahankan posisinya sebagai brand kecantikan halal terkemuka di Indonesia
|
DOIhttps://doi.org/10.31604/jim.v9i2.2025.1063-1071 |
Article metrics10.31604/jim.v9i2.2025.1063-1071 Abstract views : 12 | PDF views : 0 |
Cite |
Full Text Download
|
References
Andini, N. S. (2024, juli 20). Compas Market Insight Dashboard: Brand Wardah Pimpin Top 10 Brand Lokal Kategori Lipstik dengan Market Share Tertinggi, 10,6% di E-commerce. Retrieved from compas.co: https://compas.co.id/article/market-insight-brand-wardah-pimpin-top-brand-lokal-kategori-lipstik/
Ariadi, A. Y. (2019). Pengaruh Brand Awareness , Brand Loyalty , Perceived Quality , Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Konsumen Sepeda Motor Matic Honda Scoopy Pada Dealer Honda Di Kota Banjarmasin). Jurnal Wawasan Manajemen, 252-268.
Chloe, N. &. (2018). Digital Marketing & Social Media. International Conference Business Remodelling, 163-167.
Dalimunthe, M.A. (2022). Keterampilan Komunikasi Antarbudaya Mahasiswa Malaysia di Kota Medan. Langgas: Jurnal Studi Pembangunan 1 (2), 82-89
Erwin Permana, S. A. (2023). Strategi pemasaran dalam membangun brand awareness produk Camille Beauty melalui platform Tiktok. Co-Creation : Jurnal Ilmiah Ekonomi Manajemen Akuntansi dan Bisnis Vol 2 No 2, 90-99.
Fitriani, R., & Sari, M. A. (2021). Visual content strategy on social media marketing: A case study of beauty products in Indonesia. Jurnal Komunikasi Visual, 10(2), 101–115. https://doi.org/10.24198/komvis.v10i2.35251
Gabriela Honestya, J. V. (2024). Systematic Literature Review: Pengaruh Digital Marketing Terhadap . Digital Transformation Technology (Digitech), 524-531.
Harianto, F., Ohorella, N. R., & Dalimunthe, M. A. (2023). Kompetensi Komunikasi Guest Service Agent Dalam Mendorong Kepuasan Tamu Mh Hotel Ipoh Malaysia. KomunikA, 19(02), 30-35.
Kholil, S., Ismail, I., Dalimunthe, M. A., Suhendar, A., & Rambe, R. F. A. K. (2024). Strengthening Religious Moderation through PTKIN and SIT Collaboration to Build Social Harmony. JIPI (Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi), 9(2), 228-236.
Kotler, P. &. (2012). Manajemen Pemasaran (Prinsip-prinsip manajemen pemasaran) (Edisi 12). Jakarta: Erlangga.
Kotler, P. &. (2016). Manajemen Pemasaran, Edisi Kelima Belas Jilid I, terj. Bob Sabran, MM. Jakarta: Erlangga.
Lailiya, N. (2020). Pengaruh Brand Ambassador Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Di Tokopedia. Iqtisha Dequity Jurnal Manajemen,2(2), 113–126.
Malik, M. G. (2015). Importance of Brand Awareness and Brand Loyalty in assessing PurchaseIntentions of Consumer. International Journal of Business and Social Science, 167-171.
Marbun, A. L. (2021). Strategi Public Relation Wardah Dalam Membangun Citra Halal Kosmetik Wardah. Journal Komunikasi Bisnis, 6(1), 82-90.
Muljono, R. K. (2018, oktober 17). Digital Marketing Concept. Retrieved from perpusnas.go.id:https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=1126651
Nugroho, H., & Prasetyo, A. (2020). The effectiveness of digital marketing in increasing brand engagement of cosmetic products. Jurnal Manajemen Pemasaran, 14(1), 55–66. https://doi.org/10.9744/pemasaran.14.1.55-66
Ohorella, N. R., Fauziah, D., & Dalimunthe, M. A. (2024). Brand Awareness Communication Strategy in Setujuan Coffee Marketing on Instagram Social Media. KomunikA, 20(02), 46-57.
Oktaviani, F. (. (2018). Digital MCB. Profesi Humas, 1514–1518.
Pramono, R. A. (2014). Pengaruh Brand awareness, Perceived Quality danBrand Image Terhadap Brand Satisfaction dan Brand Loyalty Pada Jasa BiroPerjalanan Antar Kota di Kota Malang (Studi Pada Pelanggan Biro PerjalananKirana Tour dan Travel, Siluet Tour and Travel dan Bali Pri. Jurnal Aplikasi Manajemen, 354.
Prasetya, D. (2024). Efektivitas Influencer Marketing dalam Meningkatkan Brand Awareness di Industri Kecantikan. serambimekkah, 1887-1896.
Rahmadani, D. &. (2021). Strategi peningkatan jumlah muzakki di lazis. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8275–8286.
Ritonga, A. R., Dalimunthe, M. A., & Januarini, E. (2024). Utilization Of Digital Media in Improving Student Literacy (Case Study at SDN 10 Rantau Selatan). CONTENT: Journal of Communication Studies, 2(02), 01-08.
Ritonga, A.R., Dalimunthe, M.A., Veronica, A., Ginting, & L. D. C. U (2023). The Effectiveness of Social Media As A Promotional Medium Of The University Of Sumatera Utara (USU) Library. Talenta Conference Series: Local Wisdom, Social, and Arts (LWSA) 6 (3), 16-20
Saputri, F. N. (2022). Pengaruh Komunikasi Pemasaran Instagram BORNNDEER Terhadap Brand Awareness dan Minat Beli Followers @BORNNDEER.JKT. Jurnal Media Kom, Vol. XII, No.1, 104-110.
Sugiyono, S. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif. Alfabeta, 110.
Susanto, S. &. (2020). Strategi Komunikasi Pemasaran JamTanganMatoa Dalam Meningkatkan Brand Awareness. Jurnal Ilmu Komunikasi, 108.
Syaharuddin, A. (2015). Pengaruh biaya promosi terhadap peningkatan penjualan rumah pada perumahan grand aroepala di Makassar. Jurnal Iqtisaduna, 1-17.
Winie Tania Wijay, I. C. (2023). Digital Marketing Communication Strategy Dalam Meningkatkan Brand Awareness Kimo Resort Pulau Banyak Aceh Singkil. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, dan Akuntansi) Vol.7,No.3, 1792-1812.
Yasmin, A. T. (2015). Ef ectiveness of Digital Marketing in the Challenging Age: An Empirical Study. The International Journal of Management Science and Business Administration, 69-80.
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.










Download