Perspektif Stereotip dan Resistensi : Studi Kasus Mahasiswa Perempuan Madura Kelas Bawah di Universitas Airlangga dalam Pemilihan Jurusan Studi di Perguruan Tinggi

(1) * Dhea Fauziyah Mail (Universitas Airlangga, Indonesia)
*corresponding author

Abstract


Perempuan menempuh Pendidikan tinggi untuk Pemilihan jurusan studi sering kali menjadi keputusan krusial yang dipengaruhi oleh berbagai faktor, baik internal maupun eksternal.. Hoyenga dalam (Riswani, 2015) juga menjelaskan bawa stereotip gender merupakan hasil dari pengkategorian perempuan dan laki-laki di dunia sosial. Penelitian ini menjelaskan menganai perspektif stereotif gender mahasiswa universitas airlangga dalam pemilihan jurusan studi dipergururuan tinggi dan bertujuan untuk menjelaskan stereotif yang terjadi pada Perempuan dalam pemilihan jurusan diperguruan tinggi. Metode analisis Penelitian ini menggunakan teori Marxis dengan aliran feminis sosioalis. Proses pengumpulan data dengan pendekatan kualitatif akan menggunakan observasi, wawancara mendalam dan literatur review. Teknik pemilihan informan penulis menggunakan 6 Informan untuk mendapatkan data yang relevan. Kategorisasai informan yaitu 3 mahasiswa dari S1 dan 3 mahasiswa S2 Prodi Sosiologi Universitas Airlangga dari madura. Penelitian dilakukan di Kampus B Universitas Airlangga. Hasil dari penelitian yaitu ditemukan bahwa mahasiswa merasa “terdorong†atau “terbatas†oleh stereotip gender tertentu dalam memilih jurusan karena tidak semua didasari oleh stereotif gender. penting banget karena laki-laki dan Perempuan bebas untuk berkarir, berkarya,berprestasi tampa harus dilihat gendernya

   

DOI

https://doi.org/10.31604/jim.v9i2.2025.889-898
      

Article metrics

10.31604/jim.v9i2.2025.889-898 Abstract views : 12 | PDF views : 0

   

Cite

   

Full Text

Download

References


Achmad, S. (2019). Membangun Pendidikan Berwawasan Gender. Yinyang: Jurnal Studi Islam Gender Dan Anak, 14(1), 70–91. Https://Doi.Org/10.24090/Yinyang.V14i1.2843

Ahmad, R., & Yunita, R. D. (2019). Ketidakadilan Gender Pada Perempuan Dalam Industri Pariwisata Taman Nasional Komodo. Jurnal Sosiologi Pendidikan Humanis, 4(2), 84–93. Https://Core.Ac.Uk/Download/Pdf/287321866.Pdf

Anindya, A. (2018). Krisis Maskulinitas Dalam Pembentukan Identitas Gender Pada Aktivitas Komunikasi. Jurnal Ranah Komunikasi (Jrk), 2(1), 24. Https://Doi.Org/10.25077/Rk.2.1.24-34.2018

Asih, T. W., Romas, M. Z., & Rohyati, E. (2019). Hubungan Antara Kesetaraan Gender Terhadap Sikap Memilih Jurusan Pada Siswa SMA X Di Kabupaten Klaten. Jurnal Psikologi, 15(1), 39–47.

Astuti, P., Mulawarman, W. G., & Rokhmansyah, A. (2018). Ketidakadilan Gender Terhadap Tokoh Perempuan Dalam Novel Genduk Karya Sundari Mardjuki: Kajian Kritik Sastra Feminisme. Ilmu Budaya (Jurnal Bahasa, Sastra, Seni Dan Budaya), 2(2), 105–114. Https://E-Journals.Unmul.Ac.Id/Index.Php/JBSSB/Article/View/1046

Chusniatun, C., Inayati, N. L., & Harismah, K. (2022). Identifikasi Stereotip Gender Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta: Menuju Penerapan Pendidikan Berperspektif Gender. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 32(2), 248–262. Https://Doi.Org/10.23917/Jpis.V32i2.21610

Dianti, E. R. (2020). Stereotip Gender Dalam Profesi Guru Pendidikan Anak Usia Dini. International Journal Of Educational Management, 1(2), 87–105. Https://Doi.Org/10.1108/Ijem-02-2013-0024

Ervenia, E. (2021). Kepemimpinan Perempuan Dalam Al-Qur’an: Reinterpretasi Pemikiranm.Quraish Shihab Tentang Konsep Al-Qawwâmahdengan Perspektif Qirâ’ahmubâdalah. Pharmacognosy Magazine, 75(17), 399–405.

Gunawan, P. K., Febriyanto, A. B., Trisnadiwan, R. N. A., Salsabila, R. Z., Adhisty, D., Sugiarto, F. R., & Rozak, R. W. A. (2024). Analisis Pengaruh Gender Dalam Pemilihan Jurusan Pariwisata Di Universitas Di Kota Bandung. Jurnal Pariwisata Dan Perhotelan, 1(3), 7. Https://Doi.Org/10.47134/Pjpp.V1i3.2481

Indriyany, I. A., Hikmawan, M. D., & Utami, W. K. (2021). Gender Dan Pendidikan Tinggi: Studi Tentang Urgensitas Kampus Berperspektif Gender. JIIP: Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan, 6(1), 55–72. Https://Doi.Org/10.14710/Jiip.V6i1.9376

Ismiati. (2018). Pengaruh Stereotype Gender Terhadap Konsep Diri Perempuan. TAKAMMUL: Jurnal Studi Gender Dan Islam Serta Perlindungan Anak, 7(1), 33–45.

Lestari, L. M., & Muridan, H. (2020). Pemilihan Jurusan Kuliah Berdasarkan Bakat, Minat Dan Kepribadian. Jurnal Cermin: Jurnal Bimbingan Konseling Dan Psikologi Pendidikan, 1(1), 1–12. Https://Ejournal.Unugha.Ac.Id/Index.Php/Crm/Article/View/364/299

Mutiah, R. (2019). Sistem Patriarki Dan Kekerasan Atas Perempuan. Komunitas, 10(1), 58–74. Https://Doi.Org/10.20414/Komunitas.V10i1.1191

Prasetyo, D. A. (2011). Perspektif Gender Dalam Pemilihan Jurusan Keterampilan Hidup Mandiri.

Rahayu, T., Fatmariza, F., Rafni, A., & Muchtar, H. (2023). Stereotype Gender Pada Mahasiswa Universitas Negeri Padang Tahun 2019-2021. Journal Of Civic Education, 6(2), 109–121. Https://Doi.Org/10.24036/Jce.V6i2.915

Rahmadhani, G. A., & Virianita, R. (2020). Pengaruh Stereotip Gender Dan Konflik Peran Gender Laki-Laki Terhadap Motivasi Kerja Pemuda Desa Putus Sekolah. Jurnal Sains Komunikasi Dan Pengembangan Masyarakat [JSKPM], 4(2), 217–234. Https://Doi.Org/10.29244/Jskpm.4.2.217-234

Riswani. (2015). Streotipe Gender Dan Pilihan Kareer Di Kalangan Siswi Madrasah Aliyah (Ma) Diniyah Puteri Pekanbaru Riau. Marwah, 14(2), 225–253.

Sulistyowati, Y. (2021). Kesetaraan Gender Dalam Lingkup Pendidikan Dan Tata Sosial. Ijougs: Indonesian Journal Of Gender Studies, 1(2). Https://Doi.Org/10.21154/Ijougs.V1i2.2317

Trisnawati, O., & Widiansyah, S. (2022). Kesetaraan Gender Terhadap Perempuan Dalam Bidang Pendidikan Di Perguruan Tinggi. Jurnal Pendidikan Sosiologi Dan Humaniora, 13(2), 339. Https://Doi.Org/10.26418/J-Psh.V13i2.54606

Widyani, A., Saman, A., & Fadhilah Umar, N. (2023). Analisis Stereotip Gender Dalam Pemilihan Karier: Studi Kasus Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama Analysis Of Gender Stereotypes In Career Selection: A Case Study Of junior high school students. Journal of Art, Humanity & Sicial Studies, 3(1), 111–123.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.