Respon Wisatawan Terhadap Konten Media Sosial Tiktok Wisata Medan Zoo Magical Forest

(1) * Muhammad Bintang Chadavi M Mail (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia)
(2) Erwan Effendi Mail (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia)
*corresponding author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh konten media sosial TikTok terhadap keputusan wisatawan untuk mengunjungi Medan Zoo Magical Forest, sebuah destinasi wisata yang memanfaatkan tren digital dalam strategi pemasarannya. Urgensi penelitian ini muncul dari penggunaan intensif media sosial, khususnya TikTok, yang belum sepenuhnya dieksplorasi oleh pelaku bisnis pariwisata untuk mengoptimalkan pengaruhnya terhadap perilaku konsumen wisata. Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif dengan pendekatan studi kasus, yang menggabungkan wawancara mendalam, observasi langsung, dan analisis dokumen untuk mengumpulkan data. Paradigma konstruktivis diadopsi untuk mendalami persepsi dan pengalaman wisatawan, dengan analisis data menggunakan model interaktif Miles, Huberman, dan Saldana yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konten TikTok yang kreatif dan interaktif secara signifikan meningkatkan minat pengunjung melalui penyajian visual yang menarik dan narasi yang memikat, yang memperkuat kesadaran dan keinginan untuk mengunjungi. Penelitian ini mendiskusikan bagaimana kekayaan media TikTok bisa dimanfaatkan untuk menyampaikan pesan pemasaran yang kompleks dan berlapis, memberikan pengalaman yang memengaruhi keputusan pengunjung. Berdasarkan temuan, penelitian ini merekomendasikan strategi multichannel yang lebih inklusif dalam pemasaran digital pariwisata, memperhatikan keragaman demografis audiens untuk meningkatkan efektivitas kampanye pemasaran dan mengatasi keterbatasan yang ada dalam pemanfaatan platform tunggal

   

DOI

https://doi.org/10.31604/jim.v9i2.2025.856-867
      

Article metrics

10.31604/jim.v9i2.2025.856-867 Abstract views : 18 | PDF views : 0

   

Cite

   

Full Text

Download

References


Al Akbar, M. R., Rizky, M., Ningrum, D. L., Yuspita, D., Febrianti, K. L., Agustin, L. M., … Arafatun, S. K. (2023). Little Amazon’s ecotourism potential: Sustainable tourism development through digital marketing. Community Empowerment, 8(9). https://doi.org/10.31603/ce.10301

Alam, F., Tao, M., Lahuerta-Otero, E., & Feifei, Z. (2022). Let’s Buy With Social Commerce Platforms Through Social Media Influencers: An Indian Consumer Perspective. Frontiers in Psychology, 13. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2022.853168

Almrafee, M. (2023). Impact of TikTok Social Media Marketing on Generation Z’s Choice of Fitness Centers in Jordan. Journal of Social Media Marketing, 1(2). https://doi.org/10.33422/jsmm.v1i2.1035

Amdan, N. S., Alifi, M. I., Muhaemin, M., Ramadhan, A., Pratiwi, M., Fitriyah, N., & Muldi, A. (2022). Optimalisasi Pemanfaatan Media Sosial dalam Promosi Kampung Wisata Pekijing. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 7(1). https://doi.org/10.30653/002.202271.26

Andiani, N. D., Kusumayani, P. E., Trianasari, T., & Kesiman, M. W. A. (2023). Training and coaching on digital marketing as an information and promotional media. Abdimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Merdeka Malang, 8(1). https://doi.org/10.26905/abdimas.v1i1.8807

Andinata, M., Syam, A. M., & Ramadhan, A. R. (2023). Food estate dalam Bingkai Media:(Analisis Framing Pada Media Online Waspada. co. id). Jurnal Kajian Agraria dan Kedaulatan Pangan (JKAKP), 2(1), 6-12.

Ayu Alfyya Fathinasari, Purnomo, H., & Poniran Yudho Leksono. (2023). Analsis of the Study of Digital Marketing Potential on Product Purchase Decisions in Generation Z. Open Access Indonesia Journal of Social Sciences, 6(5). https://doi.org/10.37275/oaijss.v6i5.174

Dalimunthe, M. A., Siregar, A. A. P., & Marsanda, S. A. (2024). Pengaruh penggunaan media sosial tiktok terhadap pola komunikasi mahasiswa: Studi kasus di fakultas dakwah dan komunikasi UIN Sumatera Utara. AHKAM, 3 (1), 77-85.

Dewi, D. P., & Karnawati, H. (2021). EVALUASI KUALITAS ASET FASILITAS DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEPUASAN WISATAWAN (STUDI KASUS: TAMAN WISATA KOLAM RENANG CIHEULEUT KABUPATEN SUBANG). Prosiding Industrial Research Workshop and National Seminar, 12, 1472–1478.

Edria, A. L., Anwar, E. F., Deti, W. O. D., Sazali, H., & Andinata, M. (2023). Fenomena Cancel Culture Oleh Pengguna Twitter Dalam Unggahan Akun@ Areajulid. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(20), 11-20.

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21(1), 33–54.

Fithriya, D. N. L. (2020). Capaian unggahan konten akun instagram gembira loka ZOO (GLZOO) YOGYAKARTA terhadap online engagement pada masa pandemi COVID-19. Jurnal Sosiologi Reflektif, 15(1), 81–102.

Fitrianna, H., & Aurinawati, D. (2020). Pengaruh digital marketing pada peningkatan brand awareness dan brand image terhadap keputusan pembelian produk cokelat monggo di Yogyakarta. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia, 3(3), 409–418.

Hendry, H., & Manongga, D. H. F. (2024). ANALISIS KONTEN BERBASIS GROUNDED THEORY. Penerbit Yayasan Prima Agus Teknik.

Hu, S., & Zhu, Z. (2022). Effects of Social Media Usage on Consumers’ Purchase Intention in Social Commerce: A Cross-Cultural Empirical Analysis. Frontiers in Psychology, 13. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2022.837752

Humaira, F. R. (2022). Pemanfaatan Internet oleh Pelaku Usaha Digital.

Khairani, F. F., Indriana, L. U., Tirabusky, V. D., Dalimunthe, M. A., & Sazali, H. (2022). The Use of Tiktok in Increasing Brand Awareness (Case Study on Mie Gacoan Followers in Medan). Jurnal Iso: Jurnal Ilmu Sosial, Politik Dan Humaniora, 2(2), 181-188.

Kurniati, P. S., & Suryanto, S. (2023). TOURISM DEVELOPMENT POLICY BASED ON DIGITAL ECONOMY IN LOMBOK NATIONAL TOURISM DESTINATION. Journal of Eastern European and Central Asian Research, 10(1). https://doi.org/10.15549/jeecar.v10i1.1074

Lee, R. N., & Kotler, P. (2020). Social Marketing: Behavior Change for Social Change. In Social Marketing: Behavior Change for Social Change.

Leksono, E. B. (2022). Perspektif resiliensi rantai pasok wisata religi di Gresik. Jurnal INTECH Teknik Industri Universitas Serang Raya, 8(1), 54–60.

Liao, S. H., Widowati, R., & Hsieh, Y. C. (2021). Investigating online social media users’ behaviors for social commerce recommendations. Technology in Society, 66. https://doi.org/10.1016/j.techsoc.2021.101655

Makbul, M. (2021). Metode pengumpulan data dan instrumen penelitian.

Meliawati, T., Gerald, S. C., & Akhmad Edhy Aruman. (2023). The Effect of Social Media Marketing TikTok and Product Quality Towards Purchase Intention. Journal of Consumer Sciences, 8(1). https://doi.org/10.29244/jcs.8.1.77-92

Mustafa, F., Fani, R., Miftahuddin, M. A., Hapsari, I., Dwiyanti, R., Azizah, S. N., … Kharismasyah, A. Y. (2024). Manajemen Pemasaran. PT Penamuda Media.

Nurmiarani, M., Hariyati, F., Solihin, O., & Agus Waluyo, E. (2023). Revitalisasi Bisnis di Era Digital: Peranan Media Sosial dalam Mengembangkan Komunikasi Bisnis: Literature Review. Dewantara: Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 2(4), 226–237.

Sangadji, F. A. P., Fitri, A. C. S., Hidayat, R., Ikaningtyas, M., & others. (2024). Peran Media Sosial Tiktok Sebagai Platform Untuk Pengembangan Bisnis Di Era Digital. KARYA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 143–149.

Sari, D. N., & Manvi, K. I. (2021). Persepsi Wisatawan Tentang Fasilitas Daya Tarik Wisata Danau Diatas Alahan Panjang Kabupaten Solok. Jurnal Kajian Pariwisata Dan Bisnis Perhotelan, 2(1), 67–74.

Siji, S. (2021). Social commerce of indian customers: Role of social media usage. Indian Journal of Marketing, 51(8). https://doi.org/10.17010/ijom/2021/v51/i8/165760

Tham, A., Chen, S. H., & Durbidge, L. (2024). A pentadic analysis of TikTok marketing in tourism: The case of Penang, Malaysia. Tourist Studies, 24(1). https://doi.org/10.1177/14687976231218483

Wakarmamu, T. (2022). Metode Penelitian Kualitatif.

Widiawanti, O., Anom, E., & Iswadi. (2023). Penggunaan Media Sosial Tiktok Sebagai Referensi Wisata: Studi Kasus Pada Karyawan Indomaret di Jakarta. JURNAL LENSA MUTIARA KOMUNIKASI, 7(2). https://doi.org/10.51544/jlmk.v7i2.4239

Wu, Y., Nambisan, S., Xiao, J., & Xie, K. (2022). Consumer resource integration and service innovation in social commerce: the role of social media influencers. Journal of the Academy of Marketing Science, 50(3). https://doi.org/10.1007/s11747-022-00837-y

Ye, X., Wang, J., & Sun, R. (2024). The coupling and coordination relationship of the digital economy and tourism industry from the perspective of industrial integration. European Journal of Innovation Management, 27(4). https://doi.org/10.1108/EJIM-08-2022-0440

Zhang, Y., & BI, C. (2022). Marketing strategy of One village One Product new Media Matrix Marketing in Thailand. Technium Social Sciences Journal, 38. https://doi.org/10.47577/tssj.v38i1.7831


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.