Strategi Komunikasi Pemasaran Berbasis Humas dan Jurnalistik Dalam Meningkatkan Penjualan (Studi Kasus UMKM UD Bebek Batang Kuis)

(1) * Roby Septian Nasution Mail (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia)
(2) M Yoserizal Saragih Mail (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia)
*corresponding author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi komunikasi pemasaran yang diterapkan oleh UMKM UD Bebek Batang Kuis, sebuah usaha peternakan bebek petelur di Sumatera Utara, dalam upaya meningkatkan penjualan di tengah tantangan era digital. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi, penelitian ini menemukan bahwa strategi komunikasi pemasaran yang digunakan masih sangat tradisional dan belum terintegrasi secara digital. Mayoritas promosi dilakukan melalui dari mulut ke mulut, spanduk, serta keikutsertaan di pasar tradisional. Rendahnya literasi digital, ketiadaan identitas merek, segmentasi pasar yang terbatas, serta belum adanya kemitraan distribusi menjadi hambatan utama dalam ekspansi usaha. Namun demikian, terdapat potensi besar yang belum dimanfaatkan, seperti loyalitas pelanggan yang tinggi dan kualitas produk yang konsisten. Hasil penelitian merekomendasikan perlunya penguatan literasi digital, pengembangan branding, strategi pemasaran berbasis media sosial, dan kerja sama distribusi sebagai langkah strategis untuk mendukung pertumbuhan dan keberlanjutan UMKM ini

   

DOI

https://doi.org/10.31604/jim.v9i2.2025.848-855
      

Article metrics

10.31604/jim.v9i2.2025.848-855 Abstract views : 17 | PDF views : 0

   

Cite

   

Full Text

Download

References


Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. In Sustainability (Switzerland) (Vol. 11, Issue 1). CV. Syakir Media Press. http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI

Arkansyah, M., Kusuma, Y. A., Afgan, S. Al, & Dio, P. (2025). Strategi Komunikasi Bisnis di TikTok Shop untuk Meningkatkan Penjualan Produk UMKM di Kabupaten Gresik. Jurnal Komunikasi Dan Media, 5(1), 28–33.

Creswell, J. W. (2020). Penelitian Kualitatif & Desain Riset : Memilih di Antara Lima Pendekatan. In Mycological Research.

Fauzan, M. (2025). Jumlah UMKM Indonesia Capai 66 Juta pada 2023. GoodStats. https://data.goodstats.id/statistic/jumlah-umkm-indonesia-capai-66-juta-pada-2023-CN6TF

Hidayat, P., Lubis, M. A., & Adha, I. M. (2024). POTENSI EKSPOR UMKM DI KOTA MEDAN Badan Riset dan Inovasi Daerah Kota Medan. 1, 26–34.

INDEF. (2024). Peran Platform Digital Terhadap Pengembangan Umkm Di Indonesia. 10–40.

Laila Rohani, M.Yoserizal Saragih, Anang Anas Azhar, & Anita Wulanie Fitri. (2021). Marketing Communication Strategy of Online Shop to take advantage of Instagram Application (Case Study on Online Shop @cutrizkyhijab1). Konfrontasi: Jurnal Kultural, Ekonomi Dan Perubahan Sosial, 8(3), 218–228. https://doi.org/10.33258/konfrontasi2.v8i3.159

Lexy J. Moelong. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif.

Saragih, M. Y. (2020). Literasi Jurnalistik Laporan Penelitian. Literasi Jurnalistik Laporan Penelitian, 1–49.

Saragih, M. Y. (2024). Journalistic Ethics in Covering Sharia Economic Issues : An Islamic Perspective. 4(10), 171–182. https://doi.org/10.47760/cognizance.2024.v04i10.012

Saragih, M. Y., & Harahap, A. I. (2020). The Challenges of Print Media Journalism in the Digital Era. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal) : Humanities and Social Sciences, 3(1), 540–548. https://doi.org/10.33258/birci.v3i1.805

Solikha, S. (2024). Penerapan Digital Marketing untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM di Desa Penerapan Digital Marketing untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM di Desa Sambongari , Kecamatan Weleri , Kabupaten Kendal. September.

Syaifudin, M. R., & Fahma, F. (2022). Analisis Kepemilikan Sertifikat Halal Terhadap Pendapatan Usaha UMKM Mendoan Ngapak. Performa: Media Ilmiah Teknik Industri, 21(1). https://doi.org/10.20961/performa.21.1.52537

Ulfah, M., Anwar, A. M. A. W. K., & Widiya, W. (2022). Pengaruh Bantuan Dana Umkm Terhadap Peningkatan Pendapatan UMKM. Hawalah: Kajian Ilmu Ekonomi Syariah, 1(2), 74–82. https://doi.org/10.57096/hawalah.v1i2.9

Wahyu, A., & Saragih, M. Y. (2022). Strategi Komunikasi Dinas Komunikasi Dan Informatika Kota Subulussalam Dalam Mengelola Informasi Dan Opini Publik. Jurnal Sains Sosio Humaniora, 6(1), 899–909. https://doi.org/10.22437/jssh.v6i1.20865

Yaniedra, F. R., & Saragih, M. Y. (2024). Fhadia Rafa Yaniedra 1 M. Yoserizal Saragih 2. 1, 96–108.

Yuliana, Y., & Arwin, A. (2023). Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Penjualan UMKM Sans Vegan Medan. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bhinneka (JPMB), 2(2), 9–17. https://doi.org/10.58266/jpmb.v2i2.69

Zuliyati, Andriani, E., Ashsifa, I., Achmad, A. W., & Robiyanto, F. (2023). Pelatihan Strategi Digital Marketing Dalam Meningkatkan Penjualan Pada Usaha Halu Kopi. Dharma Jnana, 3(1), 30–40. https://www.researchgate.net/publication/373688859_Pelatihan_Strategi_Digital_Marketing_Dalam_Meningkatkan_Penjualan_Pada_Usaha_Halu_Kopi


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.