(2) M Yoserizal Saragih
*corresponding author
AbstractPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi komunikasi pemasaran yang diterapkan oleh UMKM UD Bebek Batang Kuis, sebuah usaha peternakan bebek petelur di Sumatera Utara, dalam upaya meningkatkan penjualan di tengah tantangan era digital. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi, penelitian ini menemukan bahwa strategi komunikasi pemasaran yang digunakan masih sangat tradisional dan belum terintegrasi secara digital. Mayoritas promosi dilakukan melalui dari mulut ke mulut, spanduk, serta keikutsertaan di pasar tradisional. Rendahnya literasi digital, ketiadaan identitas merek, segmentasi pasar yang terbatas, serta belum adanya kemitraan distribusi menjadi hambatan utama dalam ekspansi usaha. Namun demikian, terdapat potensi besar yang belum dimanfaatkan, seperti loyalitas pelanggan yang tinggi dan kualitas produk yang konsisten. Hasil penelitian merekomendasikan perlunya penguatan literasi digital, pengembangan branding, strategi pemasaran berbasis media sosial, dan kerja sama distribusi sebagai langkah strategis untuk mendukung pertumbuhan dan keberlanjutan UMKM ini
|
DOIhttps://doi.org/10.31604/jim.v9i2.2025.848-855 |
Article metrics10.31604/jim.v9i2.2025.848-855 Abstract views : 17 | PDF views : 0 |
Cite |
Full Text Download
|
References
Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. In Sustainability (Switzerland) (Vol. 11, Issue 1). CV. Syakir Media Press. http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI
Arkansyah, M., Kusuma, Y. A., Afgan, S. Al, & Dio, P. (2025). Strategi Komunikasi Bisnis di TikTok Shop untuk Meningkatkan Penjualan Produk UMKM di Kabupaten Gresik. Jurnal Komunikasi Dan Media, 5(1), 28–33.
Creswell, J. W. (2020). Penelitian Kualitatif & Desain Riset : Memilih di Antara Lima Pendekatan. In Mycological Research.
Fauzan, M. (2025). Jumlah UMKM Indonesia Capai 66 Juta pada 2023. GoodStats. https://data.goodstats.id/statistic/jumlah-umkm-indonesia-capai-66-juta-pada-2023-CN6TF
Hidayat, P., Lubis, M. A., & Adha, I. M. (2024). POTENSI EKSPOR UMKM DI KOTA MEDAN Badan Riset dan Inovasi Daerah Kota Medan. 1, 26–34.
INDEF. (2024). Peran Platform Digital Terhadap Pengembangan Umkm Di Indonesia. 10–40.
Laila Rohani, M.Yoserizal Saragih, Anang Anas Azhar, & Anita Wulanie Fitri. (2021). Marketing Communication Strategy of Online Shop to take advantage of Instagram Application (Case Study on Online Shop @cutrizkyhijab1). Konfrontasi: Jurnal Kultural, Ekonomi Dan Perubahan Sosial, 8(3), 218–228. https://doi.org/10.33258/konfrontasi2.v8i3.159
Lexy J. Moelong. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif.
Saragih, M. Y. (2020). Literasi Jurnalistik Laporan Penelitian. Literasi Jurnalistik Laporan Penelitian, 1–49.
Saragih, M. Y. (2024). Journalistic Ethics in Covering Sharia Economic Issues : An Islamic Perspective. 4(10), 171–182. https://doi.org/10.47760/cognizance.2024.v04i10.012
Saragih, M. Y., & Harahap, A. I. (2020). The Challenges of Print Media Journalism in the Digital Era. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal) : Humanities and Social Sciences, 3(1), 540–548. https://doi.org/10.33258/birci.v3i1.805
Solikha, S. (2024). Penerapan Digital Marketing untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM di Desa Penerapan Digital Marketing untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM di Desa Sambongari , Kecamatan Weleri , Kabupaten Kendal. September.
Syaifudin, M. R., & Fahma, F. (2022). Analisis Kepemilikan Sertifikat Halal Terhadap Pendapatan Usaha UMKM Mendoan Ngapak. Performa: Media Ilmiah Teknik Industri, 21(1). https://doi.org/10.20961/performa.21.1.52537
Ulfah, M., Anwar, A. M. A. W. K., & Widiya, W. (2022). Pengaruh Bantuan Dana Umkm Terhadap Peningkatan Pendapatan UMKM. Hawalah: Kajian Ilmu Ekonomi Syariah, 1(2), 74–82. https://doi.org/10.57096/hawalah.v1i2.9
Wahyu, A., & Saragih, M. Y. (2022). Strategi Komunikasi Dinas Komunikasi Dan Informatika Kota Subulussalam Dalam Mengelola Informasi Dan Opini Publik. Jurnal Sains Sosio Humaniora, 6(1), 899–909. https://doi.org/10.22437/jssh.v6i1.20865
Yaniedra, F. R., & Saragih, M. Y. (2024). Fhadia Rafa Yaniedra 1 M. Yoserizal Saragih 2. 1, 96–108.
Yuliana, Y., & Arwin, A. (2023). Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Penjualan UMKM Sans Vegan Medan. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bhinneka (JPMB), 2(2), 9–17. https://doi.org/10.58266/jpmb.v2i2.69
Zuliyati, Andriani, E., Ashsifa, I., Achmad, A. W., & Robiyanto, F. (2023). Pelatihan Strategi Digital Marketing Dalam Meningkatkan Penjualan Pada Usaha Halu Kopi. Dharma Jnana, 3(1), 30–40. https://www.researchgate.net/publication/373688859_Pelatihan_Strategi_Digital_Marketing_Dalam_Meningkatkan_Penjualan_Pada_Usaha_Halu_Kopi
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.










Download