 (Universitas Palangka Raya, Indonesia)
 (Universitas Palangka Raya, Indonesia)(2) Ricky Zulfauzan
 (Universitas Palangka Raya, Indonesia)
 (Universitas Palangka Raya, Indonesia)(3) Mahardiawan Putra
 (Universitas Palangka Raya, Indonesia)
 (Universitas Palangka Raya, Indonesia)(4) Charles Hutapea
 (Universitas Palangka Raya, Indonesia)
 (Universitas Palangka Raya, Indonesia)(5) Yunus Prajaka Panjika
 (Universitas Palangka Raya, Indonesia)
 (Universitas Palangka Raya, Indonesia)*corresponding author
| AbstractArtikel ini bertujuan untuk menganalisa penyebaran berita hoax di media sosial. Untuk mengetahui faktor-faktor dari penyebaran berita hoax, dan strategi dari Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Palangka Raya dalam menangani berita hoax pada media sosial. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Agar dapat memperoleh gambaran menyeluruh dan mendalam terkait permasalahan yang diteliti, data dalam penelitian ini diperoleh peneliti dari data primer yang meliputi Diskominfo Kota PalangkaRaya. Sumber data juga diperoleh dari data sekunder seperti arsip-arsip atau bahan pustaka yang dijadikan pendukung. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, Diskominfo Kota Palangka Raya menjalankan strategi dengan menggunakan literasi digital dengan mengandalkan media sosial milik Diskominfo, serta melakukan edukasi kemasyarakat baik melalui seminar dan webinar. Diskominfo juga membuat forum khusus untuk layanan aduan masyarakat mengenai seputaran berita hoax yaitu aplikasi span lapor. Faktor penghambat Diskominfo Kota Palangka Raya dalam penanganan berita hoax pada media sosial adalah masih minimnya partisipasi atau tingkat kesadaran dari masyarakat dalam mengikuti kegiatan sosialisasi anti hoax dan menganggap remeh tentang kegiatan sosialisasi sehingga sering terhambatnya proses penanganan penyebaran berita hoax | 
| DOIhttps://doi.org/10.31604/jim.v9i2.2025.813-824 | Article metrics10.31604/jim.v9i2.2025.813-824 Abstract views : 15 | PDF views : 1 | Cite | Full Text Download | 
References
Arifin, N. F., & Fuad, A. J. (2020). Dampak post-truth di media sosial. Intelektual: Jurnal Pendidikan dan Studi Keislaman, 10(3), 376- 378.
Arifuddin, Arifuddin, Apriadi Apriadi, and Ofi Hidayat.(2020). "Strategi Polres Sumbawa Dalam Menangani Berita Bohong (Hoax) Di Media Sosial." Kaganga Komunika: Journal of Communication Science 2.2: 119- 126.
Arifin, N. F. (2020). Dampak Post-Truth di Media Sosial. Jurnal Intelektual: Jurnal Pendidikan dan Studi Keislaman, 376–378.
Artianasari, Nining, and Muhammad Qadaruddin.(2022)."Strategi komunikasi Polres menangani hoax di media sosial melalui CPR." Palita: Journal of Social Religion Research 7.2 : 167-182.
Asriadi, Asriadi.(2020) Strategi Dinas Komunikasi dan Informatika dalam Menangani Berita Hoaks di Lembaga Penyiaran Publik. Diss. IAIN Parepare.
Ayu, N., & Devi, R. (2019). UPAYA DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA (DISKOMINFO) DALAM MENGURANGI PENYEBARAN BERITA BOHONG (HOAX) PADA MEDIA ONLINE DI SAMARINDA. eJournal Ilmu Pemerintahan, 7(4), 1553–1566.
Baidawi,Imam.(2021) "Peranan Pemerintah Kabupaten Situbondo Dalam Menanggulangi Informasi Hoax." Nusantara Journal of Islamic Studies 2.1: 124.
Balingki, Arifin.(2015) "Strategi pengembangan wisata di pesisir danau poso kecamatan pamona puselemba kabupaten poso." Katalogis 3.5.
Burhanudin, A. A. F., Priyanti, E., & Purnamasari, H. (2024). Analisis Mode Komunikasi Lasswell pada Kebijakan Kartu Identitas Anak di Karawang. VISA:Journal of Vision and Ideas, 4(3), 1064-1072.
Creswell, J. W. (2014). Research design : qualitative, quantitative, and mixed methods approaches (4th ed., Vol. 1). Sage Publication.
Data statistik pengguna media sosial di Indonesia Tahun 2019-2023. Diakses pada 28 Maret 2024 dari https://kaptenseo.com/statistik-pengguna-media-sosial- di-indonesia-tahun-2019-2023/
Data temuas isu hoax periode Agustus 2018-31 Mei 2023. Temuan isu hoax per kategori Agustus 2018-31 Mei 2023. Diakses pada 28 Maret 2024 dari https://aptika.kominfo.go.id/2023/06/sampai-mei-2023- kominfo.identifikasi-11-642-konten-hoaks/
Defhany, & Edlina, R. (2022). Manajemen Komunikasi Dinas Komunikasi dan Informatika Sumatera Barat Dalam Mengatasi Hoax di Media Sosial. Jurnal Ranah Komunikasi, 6(2), 135-145.
Erinda Alfiani Fauzi (2019). Etika kepemimpinan politik dalam penyelenggaraan pemerintahan Indonesia. Jurnal Pemerintahan Dan Kebijakan(JPK),1.1: 112.
Etikayanti, Etikayanti.(2019) Strategi kominfo dalam menangkal berita hoax: studi kasus Kominfo Nusa Tenggara Barat 2018-2019. Diss. UIN Mataram.
Farel, Muhammad Auri. "PERAN DINAS KOMINFO DALAMPENANGGULANGAN TINDAK PIDANA PENYEBARAN BERITA HOAX ATAU BOHONG (Studi Penelitian Di Dinas Komunikasi danInformatika Kota Binjai)."6.
Informasi hoax mengenai akun WhatsApp palsu dan mengatas namakan PJ.Wali Kota Palangka Raya Dr.Hera Nurgahayu,M.Si. Diakses pada 20 Januari 2024 dari https://kabar.sanggau.go.id/2023/12/18/hoaks-akun-whatsapp- pj-wali-kota-palangka-raya-dr-hera-nugrahayu-m-si-15-12-2023/amp/
Informasi hoax pesan WhatsApp berisi informasi pendaftaran pengobatan Ida Dayak ke Kota Palangka Raya. Di akses pada tanggal 28 Februari 2024 dari https://ppid.diskominfo.jatengprov.go.id/wp-content/uploads/2023/05/06- Mei-2023-Isu-Hoaks-Harian.pdf
Informasi hoax terkait “Jembatan Nusa Palangka Raya Putus’. Diakses pada tanggal 28 Februari 2024 dari https://www.kominfo.go.id/content/detail/38175/disinformasi-jembatan- tumbang-nusa-di-kalteng-putus/0/laporan_isu_hoaks
Kaptenseo. (2023, Desember 19). Statistik pengguna media sosial di indonesia tahun 2019-2023. Diambil kembali dari Kaptenseo: https://kaptenseo.com/statistik-pengguna-media-sosial-di-indonesia-tahun-2019-2023/
Kuncoro, M., & Wisnu Chandra Kristiaji, S. E. (2006). Strategi Bagaimana Meraih Keunggulan Kompetitif?.
Nurgiansah, T. H. (2020). Filsafat Pendidikan. Banyumas: CV Pena Persada.
Nugraha, Gian Rimba, and Muhammad Sufyan Abdurrahman.(2019). "Pelaksanaan Strategi Komunikasi Pemerintah Indonesia Dalam Penanggulangan Hoax (studi Kualitatif Deskriptif Laman Aduankonten. id Kementerian Komunikasi Dan Informatika)." EProceedings of Management 6.1.
Nurlatun, Risna, Herman Nayoan, and Fanley Pangemanan.(2021)."Upaya Pemerintah Dalam Mengatasi Penyebaran Berita Palsu (Hoax) di Media Sosial (Studi Kasus Dinas Kominfo Kota Manado)." Governance 1.2.
Oedi, R. F., Erawan, E., & Dwivayani, K. D. (2020). Strategi Humas Polisi Resort Kota Samarinda dalam Menangani Berita Hoax di Samarinda. Jurnal Komunikasi Korporasi dan Media (JASIMA), 1(1), 52-70.
Pengertian berita diakses pada 20 Januari 2014 dari https://www.bola.com/ragam/read/4514114/pengertian-teks-berita-ciri-ciri- unsur-struktur-jenis-dan-contohnya?page=8.
Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika (Permenkominfo) No.5.2022. “Penyelenggaraan Pelayanan Posâ€,diakses pada tanggal 13 Januari 2024 dari https://peraturan.bpk.go.id/Details/228285/permenkominfo-no-5-tahun- 2022
Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika (PERMENKOMINFO) Nomor 5 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Layanan Pos, Telekomonikasi, dan Penyiaran.
Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 71 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Sistem Elektronik.
Peraturan Pemerintah No.71.2019. “Penyelenggaraan Sistem Elektronikâ€, diakses pada tanggal 13 Januari 2024 dari https://peraturan.bpk.go.id/Details/122030/pp-no-71-tahun-2019
Prahalad, C. K., & Hamel, G. (1994). Strategy as a field of study: Why search for a new paradigm?. Strategic management journal, 15(S2), 5-16.
Prisgunanto, Ilham, Rahmadsyah Lubis, and Tigor Sitorus.(2022)"Strategi Pencegahan Penyebaran Berita Hoax Terkait dengan Radikalisme dan Terorisme." Jurnal Ilmu Kepolisian 16.2: 15.
Prof. Dr, Alo Liweri, M.S. (2010). Strategi Komunikasi Masyarakat. Yogyakarta Salakan Baru No.1 Sewon Bantul: Lkis Pelangi Aksara.
Prof. Dr, Alo Liweri, M.S. (2017). Komunikasi Antar Personal. Yogyakarta Salakan Baru No.1 Sewon Bantul: Prenada Media Group.
Prof. Dr. Alexander G.Flor. (2018). Komunikasi Lingkungan: Penanganan Kasus- Kasus Lingkungan Melalui Strategi Komunikasi. Jakarta.
Roem, R. (2023). Strategi Komunikasi dalam menanggulangi penyebaran berita hoax di media sosial. Jurnal komunikasi penyiaran islam, 4.
Romadhani, M. I., Puspaningtyas, A., & Rahmadanik, D. (2018). Strategi Komunikasi Dalam Pelestarian Budaya Saronen Kepada Generasi Muda Di Kabupaten Sumenep. representamen, 4(02).
Ronaning Roem, E. (2020). Peran Sosial Media Dalam Penyebaran Misinformasi Tentang Vaksinasi Covid-19. Jurnal Ranah Komunikasi, 64-75.
Rulli Nasrullah. (2015). Media Sosial: perspektif komunikasi, budaya, dan sosioteknologi. Bandung : Simbiosa Rekatama Media.
Saju,Alexandro Diego Armando Denasario.(2022). STRATEGI PEMBERANTASAN HOAX PADA MEDIA SOSIAL OLEH DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KOTA KUPANG. Diss. Institut Pemerintahan Dalam Negeri.
Septanto, Henri.(2018). "Pengaruh hoax dan ujaran kebencian sebuah cyber crime dengan teknologi sederhana di kehidupan sosial masyarakat." Jurnal Sains Dan Teknologi 5.2 : 157-162.
Undang-Undang No.11.2008. â€Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik†diakses Pada tanggal 10 Januari 2024 dari https://jdih.kominfo.go.id/produk_hukum/view/id/167/t/undangundang+no mor+11+tahun+2008+tanggal+21+april++2008
Undang-Undang No.14.2008. “UU Keterbukaan Informasi Publik†Pasal 2 ayat 8 No 14 Tahun 2008â€, diakses pada 10 januari 2024 dari https://jdih.kominfo.go.id/produk_hukum/view/id/167/t/undangundang+no mor+11+tahun+2008+tanggal+21+april++2008
Undang-undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.
Undang-undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Terhadap Informasi Publik yang Dimiliki Oleh Lembaga Publik.
Upara, A. R., & Roem, A. M. (2023). Menguak Peran dan Tantangan Advokat dalam Sistem Peradilan Pidana Indonesia: Suatu Kajian Praktis. UNES Law Review, 6(2), 6892-6902.
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
 
 
  
  
  Email this article
			Email this article 








