Analisis Resepsi Konten Trailer Film Jawana di Akun Media Sosial Tiktok @melindz.zz

(1) * Vicha Nanda Putri Mail (Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia)
(2) Fardiah Oktariani Lubis Mail (Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia)
(3) Nurkinan Nurkinan Mail (Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia)
*corresponding author

Abstract


Penelitian ini berfokus pada fenomena penggunaan platform media sosial, khususnya TikTok, untuk menyebarkan berbagai konten film, seperti konten trailer film Jawan. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengkaji dan memahami proses encoding-decoding pada konten trailer film Jawan yang diunggah oleh akun @melindz.zz serta untuk menganalisis pemaknaan yang dihasilkan oleh khalayak terhadap unggahan tersebut. Metode penelitian yang digunakan, yaitu pendekatan kualitatif berdasarkan analisis resepsi dan teori encoding-decoding Stuart Hall. Data primer diperoleh melalui virtual interviews dengan 10 informan penelitian yang dipilih berdasarkan purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konten trailer Jawan di akun TikTok @melindz.zz merupakan adaptasi dari trailer resmi film Jawan yang diunggah oleh kanal YouTube Red Chillies Entertainment. Dari analisis terhadap pemaknaan 10 informan, diketahui bahwa 4 informan termasuk kategori dominant hegemonic position, 2 informan kategori negotiated position, dan 4 informan lainnya berada pada kategori oppositional position. Temuan ini menggambarkan bahwa khalayak memiliki sifat heterogen dan memiliki berbagai cara dalam menafsirkan pesan pada konten-konten di media sosial berdasarkan latar belakang sosial, pengalaman, pendidikan dan pengetahuan, serta referensi populer pada setiap individu.

Keywords


Analisis Resepsi; Konten Trailer; Teori Encoding-Decoding

   

DOI

https://doi.org/10.31604/jim.v9i3.2025.1292-1299
      

Article metrics

10.31604/jim.v9i3.2025.1292-1299 Abstract views : 25 | PDF views : 0

   

Cite

   

Full Text

Download

References


Anindhita, M., Prawiradiredja, S., & Angga, C. (2022). Analisis Resepsi Followers Akun @Roughneck1991 Terhadap Konten “Roughneck Shopee 11.11.” Prosiding Seminar Nasional & Call for Paper “Peran Perempuan Sebagai Pahlawan Di Era Pandemi” PSGESI LPPM UWP, 9(01), 29–37. https://doi.org/10.38156/gesi.v9i01.210

Barik, J., Islam, M. A., Desain, J., Surabaya, U. N., Desain, J., & Surabaya, U. N. (2022). Perancangan Konten Media Sosial TikTok Sebagai Media Promosi Dedado Batik di Surabaya. Jurnal Barik, 3(2), 112–124.

Claretta, D., Alfinatul Fauziah, Amalia Nurul Hikmah, N. B. A. (2022). Analisis Resepsi Mahasiswa Tentang Konten Dalam Akun TikTok @rizkyrn_. Jurnal Socia Logica, 1(2), 52–60. Retrieved from http://jurnal.anfa.co.id/index.php/JurnalSociaLogica/article/view/147

Dataindonesia.id. (2024). Data Pengguna Aplikasi TikTok di Indonesia pada Oktober 2021-Januari 2024. Retrieved March 1, 2024, from https://dataindonesia.id/internet/detail/data-pengguna-aplikasi-tiktok-di-indonesia-pada-oktober-2021januari-2024

Datareportal.com. (2024). Digital 2024: Indonesia. Retrieved March 1, 2024, from https://datareportal.com/reports/digital-2024-indonesia

Demandsage.com. (2024). Pengguna Media Sosial 2024 (Data & Statistik Global). Retrieved March 1, 2024, from https://www.demandsage.com/social-media-users/

Dwiputra, K. O. (2021). Analisis Resepsi Khalayak Terhadap Pemberitaan Covid-19 di Klikdokter.com. Jurnal Komunikasi Profesional, 5(1), 26–37. https://doi.org/10.25139/jkp.v5i1.3290

Hasiholan, T. P., Pratami, R., & Wahid, U. (2020). Utilization of Tik Tok Social Media as a Campaign Media for Handwashing Movement in Indonesia to Prevent Covid-19. Communiverse : Journal of Communication Science, 5(2), 70–80.

Jaya, I. M. L. M. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. (F. Husnaini, Ed.) (3rd ed.). Yogyakarta: Quadrant.

Mahardhika, S. V., Nurjannah, I., Ma’una, I. I., & Islamiyah, Z. (2021). Faktor-Faktor Penyebab Tingginya Minat Generasi Post-Millenial Di Indonesia Terhadap Penggunaan Aplikasi Tik-Tok. SOSEARCH : Social Science Educational Research, 2(1), 40–53. https://doi.org/10.26740/sosearch.v2n1.p40-53

Pujarama, W. & I. R. Y. (2020). Aplikasi Metode Analisis Resepsi Untuk Penelitian Gender dan Media (1st ed.). Malang: UB Press.

Putri, C. P., & Arviani, H. (2023). Analisis Resepsi Mahasiswa Surabaya terhadap Konten Lina Mukherjee Makan Babi Diawali Bacaan Bismillah pada Akun Tiktok @lilumukerji. Reslaj : Religion Education Social Laa Roiba Journal, 6(2), 715–726. https://doi.org/10.47467/reslaj.v6i2.4347

Santoso, S. (2021). Analisis Resepsi Audiens Terhadap Berita Kasus Meiliana di Media Online. Komuniti : Jurnal Komunikasi Dan Teknologi Informasi, 12(2), 140–154. https://doi.org/10.23917/komuniti.v12i2.13285

Savira, R., & Zuhri, S. (2022). Resepsi Penonton Terhadap Konten Review Skincare Dalam Akun Tiktok@ drrichardlee. Linimasa: Jurnal Ilmu Komunikasi, 106–113. Retrieved from https://journal.unpas.ac.id/index.php/linimasa/article/view/4461

Syahmewah, R. (2023). Pengaruh Penggunaan Template Pada Aplikasi Capcut yang Memudahkan Mahasiswa Untuk Mengedit Video Sebagai Media Pembelajaran. Journal of Physics and Science Learning, 07(1), 27–32.

Tutiasri, R., Wibowo, A. A., & Pradana, J. P. (2023). Analisis Resepsi Remaja Penonton Video FYP Terhadap Popularitas Konten Kreator Unik (@binirehan1) “Begitu Sulit Lupakan Rehan”. JCommsci - Journal of Media and Communication Science, 6(2), 1–10. https://doi.org/10.29303/jcommsci.v6i2.205


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.