Katalogisasi Bahan Pustaka Berbahasa Arab Pada Perpustakaan Sekolah Tinggi Agama Islam As-Sunnah Tanjung Morawa

(1) * Yulianah Usnah Mail (UIN Sumatera Utara, Indonesia)
(2) Muslih Fathurrahman Mail (UIN Sumatera Utara, Indonesia)
*corresponding author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi proses katalogisasi bahan pustaka berbahasa Arab di Perpustakaan Sekolah Tinggi Agama Islam As-Sunnah Tanjung Morawa. Dalam konteks lembaga pendidikan Islam, perpustakaan memainkan peran penting dalam menyediakan literatur yang relevan bagi mahasiswa dan dosen, terutama dalam bahasa Arab yang menjadi bahasa utama literatur keagamaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus untuk memahami tahapan dan tantangan yang dihadapi dalam proses katalogisasi bahan pustaka berbahasa Arab. Data dikumpulkan melalui wawancara dengan pustakawan, observasi langsung, dan analisis dokumen terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun perpustakaan telah memiliki sistem katalogisasi yang baik, masih terdapat beberapa kendala, seperti keterbatasan sumber daya manusia yang menguasai bahasa Arab dan penggunaan sistem klasifikasi yang kurang sesuai untuk literatur Arab. Rekomendasi diberikan untuk meningkatkan efisiensi proses katalogisasi melalui pelatihan pustakawan dan pembaruan sistem klasifikasi yang lebih adaptif terhadap kebutuhan literatur berbahasa Arab.  

Kata kunci:  katalogisasi, bahan pustaka berbahasa arab, perpustakaan sekolah tinggi agama islam As-sunnah


   

DOI

https://doi.org/10.31604/jim.v8i3.2024.1373-1381
      

Article metrics

10.31604/jim.v8i3.2024.1373-1381 Abstract views : 476 | PDF views : 150

   

Cite

   

Full Text

Download

References


Agusta, A. S. (2021). The New Paradigm Pelestarian Arsip Sebagai Protect Nilai Historis: Majelis Pustaka Dan Informasi PP Muhammadiyah. UNILIB : Jurnal Perpustakaan, 12(2), 1–12. https://doi.org/10.20885/unilib.vol12.iss2.art1

Alfida. (2012). Katalogisasi Naskah-naskah Islam Nusantara. Al-Maktabah, 11(November, 1), 14–32. http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/al-maktabah/article/view/1594/1337

Alghiffary, M., Nuryani, N., & Siregar, N. S. (2022). Analisis Kebutuhan Bahasa Arab Bagi Pustakawan Institut Agama Islam Negeri Pekalongan. JIPI (Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi), 7(2), 281. https://doi.org/10.30829/jipi.v7i2.11225

Cabonero, D. A., & Dolendo, R. B. (2013). Cataloging and classification skills of library and information science practitioners in their workplaces: A case analysis. Library Philosophy and Practice, 2013.

Clarke, R. I., & Dobreski, B. (2019). Exploring the role of repertoire in library cataloging. Journal of Documentation, 75(5), 1169–1189. https://doi.org/10.1108/JD-10-2018-0169

Dayyani Iqbal M. (2020). Konsep Dan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Perspektif Al Habib Abdullah Bin Alwi Al-Haddad Dalam Kitab Risalah Adab As-Suluk Al-Murid.

Kamaluddin, H. (2011). Referensi 8. In Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan (Vol. 17, Issue 4, pp. 447–454).

Kusuma Wardani, N., & Ilmi, B. (2021). Penentuan Tajuk Entri Utama Pada Proses Katalogisasi Bahan Pustaka: Permasalahan dan Tantangan. Jurnal Pustaka Ilmiah, 7(2), 87. https://doi.org/10.20961/jpi.v7i2.57179

Noviyanti, A. S., Rukmana, E. N., & Rohman, A. S. (2022). Kegiatan Katalogisasi Di Perpustakaan Sman 12 Bandung. Jurnal Pustaka Budaya, 9(2), 83–92. https://doi.org/10.31849/pb.v9i2.8820

Pardede, O. B., & Astri, N. D. (2022). Jurnal mitra prima (jmp). Jurnal Mitra Prima (JMP), 3(April), 3–5. http://jurnal.unprimdn.ac.id/index.php/mitra_prima/article/view/2531

Perpustakaan, J. I., Adab, F., Humaniora, D. A. N., & Hidayatullah, U. I. N. S. (2009). Pengolahan Bahan Pustaka Berbahasa Arab pada Perpustakaan Masjid Istiqlal Jakarta Skripsi Diajukan untuk Memenuhi Persyaratan Memperoleh Gelar Sarjana Ilmu Perpustakaan ( S . IP ) Ahmad Faliti Yunus Pengolahan Bahan Pustaka Berbahasa Arab pada Perpustakaa.

Putri, S. A., Rukmana, E. N., & Rohman, A. S. (2023). Katalogisasi Bahan Pustaka di Perpustakaan Tanda Baca Pustaka Kabupaten Tangerang. Pustabiblia: Journal of Library and Information Science, 7(1), 23–43.

Rahadi, J., & Yusufhin, F. (2019). Pentingnya Pengindeksan Koleksi Dalam Proses Temu Balik Informasi Di Perpustakaan. Nazharat: Jurnal Kebudayaan, 25(1), 64–71. https://doi.org/10.30631/nazharat.v25i1.11

Ritonga, A. R., Education, I. R., Zein, A., Syam, A. M., & Ohorella, N. R. (2023). Misconceptions of Jihad: A Constructivist Review of the Meaning of Struggle in Islam in the Modern Era: Analysis of the verses al-Amwaal wa al-Nafs.

Rahmawati, L. (2017). DiRahmawati, L., ‘Disampaikan Workshop " Katalogisasi " Yang Dilaksanakan Oleh HMD D3 Ilmu Perpustakaan Dan Informasi Islam Oleh Laila Rahmawati , S . Ag , S . S ., M . Hum HMD D3 Ilmu Perpustakaan Dan Informasi Islam Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Islam . 1–15.

Rokhman, O., Ningsih, A. N., Augia, T., Dahlan, H., Rosyada, Amrina, Putri, Dini Arista, Fajar, N. A., Yuniarti, E., Vinnata, N. N., Pujiwidodo, D., Ju, J., Wei, S. J., Savira, F., Suharsono, Y., Aragão, R., Linsi, L., Editor, B., Reeger, U., Sievers, W., Michalopoulou, C., Mimis, A., … Devita, M. (2020).

Sabahatt, S., Ve, S., Anab, H., Hukuku, S. V. E., Tez, S., Joya, H., & Dan, T. (2022). ةيك ترلا ةيروهملجا ميعز نيدلا حابص لوبنطسإ ةعماج ايلعلا تاسارد لا دهعم نوناقلا Ùˆ يملاسلإا داصتقلاا مسق : ÙŠØ¯Ù†ÙØ£ رشاع ملاسلإا خيش ةبتكم ةيÙقو ةجمرتو قيقتح.

Smail, M. R., & Lecturer, S. B. (n.d.). ÙØ§ÙŠØ¶ÙˆØ¨ دمحم ةعماجل ةيناسنلإا مولعلا ةيلك ةبتكم : ةيرئا زجلا ةيعماجلا تابتكملا ي٠ةسرهÙلا دعاوق قيبطت اجذومن ةليسملاب رئا زجلا ØŒ ةليسملاب ÙØ§ÙŠØ¶ÙˆØ¨ دمحم ةعماجب ذاتسأ ليعامسإ يعجا ر . Ø£ رئا زجلا ØŒ 2 ةنيطنسق ةعماج ØŒ تابتكملا ملع دهعم ØŒ رضاحم ذاتسأ دمحم ةعماجب Ø©.

Syam, A. M. (2016). Koleksi Audio-Visual Sebagai Alat Promosi Budaya: Studi Kasus Perpustakaan Korean Culture Center. JIPI (Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi), 1(1), 1-11.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.