Efektifitas Pelayanan Surat Persetujuan Masuk Secara Online Di Kantor Kesyahbandaran Dan Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Perak Surabaya

(1) * M. Nur Kholis Mail (Bhayangkara University, Indonesia)
(2) Sri Umiyati Mail (Universitas Hang Tuah Surabaya, Indonesia)
(3) Sulistyanto Sulistyanto Mail (Universitas Hang Tuah Surabaya, Indonesia)
*corresponding author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendiskipsikan dan menganalisis efektivitas pelayanan Surat Persetujuan Masuk (SPM) di Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Perak Surabaya. Dengan menggunakan metode penelitian kualitatif, fenomena pelayanan penerbitan Surat Persetujuan Masuk (SPM). Hasil penelitian ini, bahwa pelayanan Penerbitan Surat Persetujuan Berlayar di Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Perak Surabaya telah memenuhi 8 aspek efektifitas pelayanan, yakni; Aspek atau indicator pelayanan tersebut antara lain ; (a). Kejelasan dari Tujuan yang Ingin Dicapai; (b) Kejelasan dari Strategi Pencapaian Tujuan; (c) Proses Analisis dan Perumusan Kebijakan ; (d)  Perencanaan Matang; (e)  Penyusunan Program;  (f) Tersedianya Sarana dan Prasarana; (g) Sistem Pengawasan dan Pengendalian. Adapun faktor pendukung pelayanan Surat Persetujuan Masuk (SPM) di Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Perak Surabaya adalah tersedianya sarana dan prasarana yang memadai, serta adanya Standar Operasional Prosedur (SOP) yang baik. Sedangkan faktor penghambatnya adalah masih adanya petugas yang kurang responsif dalam melakukan pelayanan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis efektivitas peran Korps Wanita Angkatan Laut dalam Keamanan Laut di KAL KADET-VIII. Mendeskripsikan dan menganalisis faktor yang menghambat dan mendukung efektivitas peran Korps Wanita Angkatan Laut dalam Keamanan Laut di KAL KADET-VIII. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif.

Kata kunci:  Efektifitas, Pelayanan Publik, Online, Otoritas


   

DOI

https://doi.org/10.31604/jim.v8i3.2024.1389-1395
      

Article metrics

10.31604/jim.v8i3.2024.1389-1395 Abstract views : 400 | PDF views : 66

   

Cite

   

Full Text

Download

References


Adil, A., Liana, Y., Mayasari, R., Lamonge, A. S., Ristiyana, R., Saputri, F. R., Jayatmi, I., Satria, E. B., Permana, A. A., & Rohman, M. M. (2023). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif: Teori dan Praktik. Jakarta: Get Press Indonesia.

Anggaraini, S. D., & Lubis, L. (2022). Efektivitas Program Inaportnet dalam Pelayanan Penerbitan Surat Pemberitahuan Kedatangan Kapal di Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Perak Kota Surabaya. Aplikasi Administrasi: Media Analisa Masalah Administrasi, 25–30.

Aris, M., Agustang, A., & Idkhan, A. M. (2021). Efektifitas Pelayanan Aparatur Sipil Dalam Meningkatkan Pelayanan Publik. Journal Governance and Politics (JGP), 1(2), 127–133.

Enitasari, R., & Hertati, D. (2019). Efektivitas pelayanan administrasi kependudukan berbasis aplikasi berkas Mlaku Dewe di kantor kecamatan Sukodono kabupaten Sidoarjo. Public Administration Journal of Research, 1(2), 137–150.

Ferdian, R. (2022). Kualitas Pelayanan Publik Dalam Manajemen Mutu ISO 9001: 2015 Menurut Etika Islam. Al-Wathan: Jurnal Ilmu Syariah, 3(01), 65–86.

Ginting, D., & Sembiring, M. J. R. (2020). Pengaruh Waktu Pengerjaan Warta Kedatangan Kapal Pada Sistem Online Inaportnet Terhadap Jumlah Kedatangan Kapal Di PT. Ekawira Swadaya Abadi Belawan. Journal of Maritime and Education (JME), 2(2), 108–111.

INDAR PRAMESTI, I. P. (2021). ANALISIS PENGGUNAAN INAPORTNET TERHADAP EFEKTIVITAS CLEARANCE IN/OUT KAPAL PADA PT. OREMUS BAHARI MANDIRI SURABAYA.

Malisan, J., & Tresnawati, W. (2019). Implementasi Inaportnet dalam Pelayanan Terpadu Satu Pintu di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya. Warta Penelitian Perhubungan, 31(2), 67–74.

Pramula, G., & Hamdy, M. I. (2023). Evaluasi Efektivitas Mesin Ripple Mill Melalui Pendekatan Overall Equipment Effectiveness (OEE). Jurnal Teknologi Dan Manajemen Industri Terapan, 2(4), 301–309.

Rafida, H., Rahmawati, R., & Listyaningsih, L. (2019). Efektivitas Aplikasi Sistem Informasi Manajemen Pelayanan Online (Simponie) Dalam Pelayanan Perizinan Usaha Secara Online Di Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Serang Tahun 2018.

Ridwan, R., & Pamungkas, A. (2021). Implementasi clearance in-out kapal dengan sistem inaportnet di pelabuhan Banjarmasin. 3(1), 151–161.

Shauqy, M. A., Kojansouw, S. R., Usman, A. F., Mutmainnah, M., & Yusri, Y. (2023). Efektivitas Penggunaan Inaportnet Dalam Pelayanan Kapal Di PT. Pelayaran Nasional Indonesia (PELNI) Cabang Makassar. Ocean Engineering: Jurnal Ilmu Teknik Dan Teknologi Maritim, 2(3), 220–229.

Thoiba, S. Y., Naway, F. A., & Marhawati, B. (2023). Efektivitas Pemberian Tunjangan Kinerja Pegawai Dinas Pendidikan Kabupaten Gorontalo. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 11279–11290.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.