(2) * Dina Octavia
*corresponding author
AbstractTujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh pelayanan dan fasilitas terhadap kepuasan tamu pada Patra Parapat Hotel. Sampel penelitian ini adalah 100 orang, Analisis data menggunakan uji regresi linier berganda, sedangkan pengolahan data menggunakan SPSS28. Hasil penelitian menunjukan bahwa koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 0,72 atau 72% menunjukan bahwa pelayanan dan fasilitas mampu menjelaskan variasi yang terjadi pada kepuasan tamu pada Patra Parapat Hotel, sedangkan sisanya 28 % dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini dan secara parsial pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan tamu dan fasilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan tamu, sedangkan secara simultan pelayanan dan fasilitas berpengaruh positif terhadap kepuasan tamu. Kata kunci:Â Pelayanan, Fasilitas, Kepuasan Tamu |
DOIhttps://doi.org/10.31604/jim.v8i3.2024.1249-1255 |
Article metrics10.31604/jim.v8i3.2024.1249-1255 Abstract views : 391 | PDF views : 95 |
Cite |
Full Text Download
|
References
Azuar Juliandi, safrinal manurung. (2014). Metodologi Penelitian Bisnis: Konsep dan Aplikasi. UMSU PRESS.
Brown, J., & Smith, K. (2023). Modern Hotel Management. Pearson.
Damanik, sarintan efratani. (2019). Pemberdayaan Masyarakat Desa Sekitar Kawasan Hutan. Uwais Inspirasi Indonesia.
Dewi, S. K., & Fahmi, F. (2018). The Miracle Of Service. Jaring Solusi Indonesia.
Fandy tjiptono, anastasia diana. (2015). pelanggan puas tak cukup andy offset.
Freddy Rangkuti. (2018). Analisis SWOT. PT. Gramedia Pustaka Utama.
Hardiansyah. (2018). Kualitas Pelayanan Publik (Edisi Revisi). Gava Media.
Indrasari, M. (2019). PEMASARAN_DAN_KEPUASAN PELANGGAN-pdf (2). Unitomo Press.
Harris, D., & Parker, R. (2023). Innovative Service Design in Hospitality. McGraw-Hill.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2016). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Erlangga.
Lupiyoadi, R., & Ikhsan, R. B. (2015). Praktikum Metode Riset Bisnis. Salemba Empat.
Martinez, L., & Patel, R. (2022). Guest Experience in Hospitality. Wiley.
Maryati, F., & Husda, N. E. (2020). Pengaruh Fasilitas Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Holiday Hotel Di Kota Batam. Magisma: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 8(1), 19-26.
https://doi.org/10.35829/magisma.vli1.65
Mega Silfiani. (2021). Pengaruh fasilitas dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada wisma berlian di tanjung batu kundur. 14.
Mulyawan, R. (2016). Birokrasi dan Pelayanan Publik (Vol. 66). UNPAD PRESS.
Sugiyono, P. D. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (22nd ed.). Alfabeta.
Sumarwan, U. (2015). Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Ghalia Indonesia.
Roberts, A., & Johnson, M. (2022). Hospitality Service Management. Cengage Learning.
Smith, T., & Lee, J. (2023). Hospitality Facilities Planning. Routledge.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif dan R&D (24th ed.). alfabeta.
Supranto, J. (2016). Statistik Teori dan Aplikasi. Erlangga.
Taufiqurokhman. (2018). Teori Dan Perkembangan Manajemen Pelayanan Publik. Umj Press 2018, 266.
Tjiptono, F. (2016). Service quality dan Satisfaction (4th ed.). Andi. Tjiptono, F. (2019). Service Management, CV. Andi Offset.
Wahab, W. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Nasabah Industri Perbankan Syariah di Kota Pekanbaru. Ekonomi Dan Bisnis Islam Al- Tijary, 2(1), 51-66.
Widyaningrum, 1. D. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Loyalitas Pelanggan Hotel Luminor Mangga Besar Jakarta Barat. Jurnal STEI Ekonomi, XX(XX), 1-22. http://repository.stei.ac.id/3163/1/Jurnal Indo Ika Devi W.pdf
Williams, P., & Taylor, S. (2022). Hotel Facilities Management. Elsevier.
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.










Download