(2) Budi Hartono
(3) Alfrida Rosalina Sirait
*corresponding author
AbstractPenelitian dilakukan bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis Kinerja Birokrasi dalam Penyaluran Bantuan Sosial bagi keluarga miskin penerima Program Keluarga Harapan di Kabupaten Batu Bara, Sumatera Utara. Peneliti ingin mengetahui lebih jauh mengenai faktor pendukung dan penghambat kinerja birokrasi dalam penyaluran bantuan sosial kepada penerima manfaat. Teori yang digunakan untuk menganalisis kasus ini antara lain teori kinerja, teori birokrasi, termasuk kerangka konseptual Program Keluarga Harapan sebagai program bantuan langsung tunai bersyarat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dimana informan sebagai sumber data adalah para aparatur di Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak Kabupaten Batu Bara, pendamping, serta masyarakat penerima manfaat Program Keluarga Harapan. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Mengutip teori dari Agus Dwiyanto, maka ditemukan bahwa (1) Produktivitas ditemukan tidak konsisten karena masih ada penyaluran bansos yang belum tersalurkan, (2) Daya tanggap masih belum terasah dalam menyikapi setiap permasalahan, (3) Kualitas Pelayanan ditemukan kurangnya pegawai dinas sehingga tidak dapat dihadirkan di semua tempat penyaluran bansos (4) Tanggung jawab diketahui masih belum bisa maksimal dalam pendistribusian bansos, (5) Akuntabilitas diketahui masih ada data yang belum dimutakhirkan dan masih ada data yang belum disebarkan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa kinerja Aparatur Birokrasi dalam menyalurkan bantuan tunai Program Keluarga Harapan, sampai batas tertentu, secara umum belum baik. Akibatnya penyaluran bantuan sosial Program Keluarga Harapan menunjukkan hasil yang belum baik karena kinerja birokrasi yang masih rendah dalam melaksanakan program. Kata Kunci : Birokrasi, Kinerja, Program Keluarga Harapan Kata kunci:Â Birokrasi, Kinerja, Program Keluarga Harapan |
DOIhttps://doi.org/10.31604/jim.v8i3.2024.1184-1193 |
Article metrics10.31604/jim.v8i3.2024.1184-1193 Abstract views : 201 | PDF views : 44 |
Cite |
Full Text Download
|
References
Billah, .(2008). iKinerja Birokrasii pemerintahani Dalam Pelayanani Publik Studii Padai Kantor Pelayanani Pajak, Jakarta: 2008
Creswell, J.W. (2016). Research Design (Pendekatan metode kualitatif, kuantitatif, dan campuran), Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Dwiyanto, Agus, dkk. (2008). Reformasi Birokrasi Publik di Indonesia. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press
Marthan. (2013). Kinerja BirokrasiiDalam PelayananiPublik di Erai Otonomii Daerah Studii dii Dinas Pendidikani KabupateniKutai Barat, I
M. Fauzul Rizal, (2011). Tesis - Analisis Kinerja Apratur Birokrasi , Medan: MAP UMA
Raden Nur Ariwibowo, (2016), Evaluasi Kinerja Pegawai di Kantor Kecamatan Lendah Kabupaten Kulon Progo.
Sugiyono (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.
Satori Achmad R. (2011). Sistem Manajemen Kinerja. Jakarta: Gramedia
Yuwono, Teguh (2008). Menggagas Kinerja Birokrasi Publik. Jurnal Kebijakan dan Manajemen PNS.
PERATURAN UNDANG-UNDANG
Undang-undang Republik Indonesia nomor 13 Tahun 2011 tentang Penanganan Fakir Miskin.
Peraturan Menteri Sosial Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2018 tentang Program Keluarga Harapan
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.










Download