Kinerja Birokrasi Penyaluran Bantuan Sosial Program Keluarga Harapan Di Kabupaten Batu Bara

(1) * Yanhar Jamaluddin Mail (Universitas Medan Area, Indonesia)
(2) Budi Hartono Mail (Universitas Medan Area, Indonesia)
(3) Alfrida Rosalina Sirait Mail (Universitas Medan Area, Indonesia)
*corresponding author

Abstract


Penelitian dilakukan bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis Kinerja Birokrasi dalam Penyaluran Bantuan Sosial bagi keluarga miskin penerima Program Keluarga Harapan di Kabupaten Batu Bara, Sumatera Utara. Peneliti ingin mengetahui lebih jauh mengenai faktor pendukung dan penghambat kinerja birokrasi dalam penyaluran bantuan sosial kepada penerima manfaat. Teori yang digunakan untuk menganalisis kasus ini antara lain teori kinerja, teori birokrasi, termasuk kerangka konseptual Program Keluarga Harapan sebagai program bantuan langsung tunai bersyarat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dimana informan sebagai sumber data adalah para aparatur di Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak Kabupaten Batu Bara, pendamping, serta masyarakat penerima manfaat Program Keluarga Harapan. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Mengutip teori dari Agus Dwiyanto, maka ditemukan bahwa (1) Produktivitas ditemukan tidak konsisten karena masih ada penyaluran bansos yang belum tersalurkan, (2) Daya tanggap masih belum terasah dalam menyikapi setiap permasalahan, (3) Kualitas Pelayanan ditemukan kurangnya pegawai dinas sehingga tidak dapat dihadirkan di semua tempat penyaluran bansos (4) Tanggung jawab diketahui masih belum bisa maksimal dalam pendistribusian bansos, (5) Akuntabilitas diketahui masih ada data yang belum dimutakhirkan dan masih ada data yang belum disebarkan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa kinerja Aparatur Birokrasi dalam menyalurkan bantuan tunai Program Keluarga Harapan, sampai batas tertentu, secara umum belum baik. Akibatnya penyaluran bantuan sosial Program Keluarga Harapan menunjukkan hasil yang belum baik karena kinerja birokrasi yang masih rendah dalam melaksanakan program. Kata Kunci : Birokrasi, Kinerja, Program Keluarga Harapan

Kata kunci:  Birokrasi, Kinerja, Program Keluarga Harapan


   

DOI

https://doi.org/10.31604/jim.v8i3.2024.1184-1193
      

Article metrics

10.31604/jim.v8i3.2024.1184-1193 Abstract views : 201 | PDF views : 44

   

Cite

   

Full Text

Download

References


Billah, .(2008). iKinerja Birokrasii pemerintahani Dalam Pelayanani Publik Studii Padai Kantor Pelayanani Pajak, Jakarta: 2008

Creswell, J.W. (2016). Research Design (Pendekatan metode kualitatif, kuantitatif, dan campuran), Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Dwiyanto, Agus, dkk. (2008). Reformasi Birokrasi Publik di Indonesia. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press

Marthan. (2013). Kinerja BirokrasiiDalam PelayananiPublik di Erai Otonomii Daerah Studii dii Dinas Pendidikani KabupateniKutai Barat, I

M. Fauzul Rizal, (2011). Tesis - Analisis Kinerja Apratur Birokrasi , Medan: MAP UMA

Raden Nur Ariwibowo, (2016), Evaluasi Kinerja Pegawai di Kantor Kecamatan Lendah Kabupaten Kulon Progo.

Sugiyono (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.

Satori Achmad R. (2011). Sistem Manajemen Kinerja. Jakarta: Gramedia

Yuwono, Teguh (2008). Menggagas Kinerja Birokrasi Publik. Jurnal Kebijakan dan Manajemen PNS.

PERATURAN UNDANG-UNDANG

Undang-undang Republik Indonesia nomor 13 Tahun 2011 tentang Penanganan Fakir Miskin.

Peraturan Menteri Sosial Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2018 tentang Program Keluarga Harapan


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.