Analisis Kebijakan Pendidikan Vokasi dalam Tantangan Dunia Kerja dan Kemajuan di Bidang Artificial Intelligence
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kebijakan dari pendidikan vokasi, yang berfokus pada tantangan di bidang pekerjaan dan kemajuan di bidang AI. Pendidikan Vokasi di Indonesia Pendidikan vokasi merupakan model pendidikan yang mengusung keunggulan berupa 70% praktek dan 30% teori dengan harapan dapat menjadi salah satu jawaban dalam permasalahan penyiapan lulusan perguruan tinggi dengan keahlian terapan yang dibutuhkan oleh pasar tenaga kerja. Sedangkan Istilah "kecerdasan buatan" mengacu pada sejumlah prinsip teknologi informasi, termasuk komputasi, pengembangan perangkat lunak, dan transfer data. Studi ini memanfaatkan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode penelitian literatur. Dalam kebijakannya, ada dua tantangan besar dalam konsepsi pendidikan vokasi ini, yakni terbatasnya keterlibatan aktif dunia industri dan Kualifikasi kompetensi lulusan pendidikan Vokasi masih rendah. Di sisi lain, kemajuan bidang AI memberikan kontribusi dalam pendidikan vokasi yakni meliputi Peningkatan efisiensi, pembelajaran jadi lebih bersifat personalisasi, umpan balik yang instan, analisis data jadi lebih mendalam, pengembangan keterampilan praktis, aksesibilitas dan fleksibilitas, kesiapan menghadapi dunia teknologi 5.0.
Kata kunci: Kecerdasan Buatan, Kebijakan Pendidikan, Tantangan Kerja, Vokasi
Full Text:
PDFReferences
Artikel, S. (2023). Pendidikan Vokasional Berbasis Kompetensi Keterampilan Di Abad Ke-21. Vocational Education National Seminar (VENS), 2(1), 55–66.
Bakrun, M., Wibowo, K. A., & Widjajanti, C. (2019). Turbulensi Pendidikan Vokasi di Era Disrupsi. Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar , Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan.
Birtchnell, T. (2018). Listening without ears : Artificial intelligence in audio mastering. SAGE, 5, 1–16. https://doi.org/10.1177/2053951718808553
DUDI, D. K. dan P., Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi, & Teknologi, K. P. K. R. (2022). Hasil Analisis Peta Pendidik Vokasi.
Hartanto, C. F. B., Rusdianti, & Abdurrahman. (2019). Tantangan Pendidikan Vokasi di Era Revolusi Industri 4.0 dalam Menyiapkan Sumber Daya Manusia yang Unggul. SEMINAR NASIONAL PASCASARJANA 2019.
Mohamad, S. M. (2020). Artificial intelligence in information technology. INTERNATIONAL JOURNAL OF INNOVATIONS IN ENGINEERING RESEARCH AND TECHNOLOGY [IJIERT], 7(6), 168–175.
Setiawan, A., Hamdani, A., & Kustiawan, I. (2022). Isu prioritas pendidikan vokasi. Mitras Dudi.
Srinivasan, V., & Murthy, H. (2021). Computers and Education : Artificial Intelligence Improving reading and comprehension in K-12 : Evidence from a large-scale AI technology intervention in India. Computers and Education: Artificial Intelligence, 2(April), 100019. https://doi.org/10.1016/j.caeai.2021.100019
Sriwardani, N. (2019). Persepsi Mahasiswa Terhadap Perkembangan Pendidikan Vokasi di Program Pendidikan Teknik Mesin. Jurnal Pendidikan Vokasi, 1(1), 179–189.
Sudarmaji, H., Prasojo, G. L., Rubiono, G., & Arif, R. (2021). Pendidikan Vokasi Aviasi : Peluang dan Tantangan. SKYHAWK : Jurnal Aviasi Indonesia, 1(1), 1–6.
Sugiono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. ALPHABETA
.
Sun, Z. (2020). Design of online intelligent English teaching platform based on artificial intelligence techniques. Computational Intelligence, May, 1–15. https://doi.org/10.1111/coin.12351
Taruklimbong, E. S. W., Sihotang, H., Studi, P., Administrasi, M., & Indonesia, U. K. (2023). Peluang dan Tantangan Penggunaan AI ( Artificial Intelligence ) dalam Pembelajaran Kimia Program Studi Magister Administrasi Pendidikan, Universitas Kristen Indonesia. 7, 26745–26756.
Vokasi, S. D. J. P. (2021). Rencana Strategis Direktorat Jendral pendidikan vokasi tahun 2020-2024.
Yahya, M., Hidayat, & Wahyudi. (2023). Implementasi Artificial Intelligence (AI) di Bidang Pendidikan Kejuruan Pada Era Revolusi Industri 4.0. PROSIDING SEMINAR NASIONAL DIES NATALIS KE-62, 3025(1591), 190–199.
DOI: https://doi.org/10.31604/jim.v8i4.2024.%25p
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.