(2) Farikha Rachmawati
*corresponding author
AbstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh public relations melalui media sosial terhadap pembentukan citra startup di Surabaya. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari startup yang berlokasi di Surabaya. Sampel penelitian terdiri dari 106 startup yang dipilih dengan menggunakan teknik non-probability sampling dan purposive sampling. Untuk analisis data, penelitian ini menggunakan metode “Regresi Linier Sederhana†dengan bantuan software SPSS 27. Hasil analisis menunjukkan bahwa secara simultan public relations melalui media sosial mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap pembentukan citra startup di Surabaya. Selain itu, analisis parsial juga menunjukkan bahwa public relations melalui media sosial mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap citra startup di Surabaya. Temuan ini menekankan pentingnya peran media sosial dalam strategi public relations untuk meningkatkan citra perusahaan startup. Dengan demikian, para startup di Surabaya diharapkan dapat memaksimalkan penggunaan media sosial dalam aktivitas public relations sehingga membentuk citra yang positif. Kata kunci: Citra, Public Relations, Startup |
DOIhttps://doi.org/10.31604/jim.v8i3.2024.1194-1201 |
Article metrics10.31604/jim.v8i3.2024.1194-1201 Abstract views : 234 | PDF views : 51 |
Cite |
Full Text Download
|
References
Bekmeier-Feuerhahn, S., Kollat, J., Rudeloff, C., & Sikenga, J. (2018). Intentional vs. Emergent Strategies of Online Communication of Start-Ups: A Status-Quo Consideration. [Intentionale vs. emergente Strategien der Online-Kommunikation von Grundungsunternehmen: Eine Status-quo-Betrachtung. In Strategische Kommunikation im Spannungsfeld zwischen Intention und Emergenz (pp. 195–213).
Cheng, X., Gu, Y., & Shen, J. (2019). An integrated view of particularized trust in social commerce: An empirical investigation. International Journal of Information Management, 45(August 2018), 1–12.
Gassing, S. S., & Suryanto. (2016). Public Relations. Yogyakarta : Andi Offset.
Guo, C., & Saxton, G. D. (2014). Tweeting Social Change: How Social Media Are Changing Nonprofit Advocacy. Nonprofit and Voluntary Sector Quarterly, 43(1), 57–79.
Haltiwanger, J., Jarmin, R. S., & Miranda, J. (2013). Who creates jobs? Small versus large versus young. Review of Economics and Statistics, 95(2), 347–361.
Kotle, P., & Kelle, K. L. (2018). Marketing Management. Pearson Prentice Hall.
Marikxon. (2018). Perkembangan Digital Marketing di Indonesia Memiliki Prospek di 2018. Maxmanroe.
Marlyna, A. (2020). Pengaruh Cyber Public Relations Terhadap Citra Produk Mineral Botanica Di Kalangan Pelanggan Pekanbaru. In Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim.
Nugraha, A. E. P., & Wahyuhastuti, N. (2017). Start Up Digital Business: Sebagai Solusi Penggerak Wirausaha Muda Jurnal Nusamba, 2(1), 1–9.
Pakura, S., & Rudeloff, C. (2023). How entrepreneurs build brands and reputation with social media PR: empirical insights from start-ups in Germany. Journal of Small Business and Entrepreneurship, 35(2), 153–180.
Priansa, D. J. (2017). Perilaku Konsumen dalam Bisnis Kontemporer. Bandung : Alfabeta.
Qualman, E. (2012). Socialnomics: How social media transforms the way we live and do business. Wiley.
Rachmawati, F. (2022). Peran Agenda Building bagi Public Relations. Jurnal Ilmu Sosial, Pendidikan dan Humaniora, 1(1).
Rachmawati, F., Jasmin, N.A., Jannah, S.R. (2024). Penerapan Strategi Public Relation pada Bank Jatim Cabang Utama Surabaya untuk Meningkatkan Citra Perusahaan. Jurnal Ilmu Komunikasi, Sosial dan Humaniora, 2(1).
Stephan, M. J., & Chenoweth, E. (2008). Why civil resistance works: The strategic logic of nonviolent conflict. International Security, 33(1), 7–42.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Sugiyono. (2021). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta
Tjiptono, F. (2019). Pemasaran Jasa Edisi Terbaru. Yogyakarta : ANDI.
Yuliawati, & Irawan, E. P. (2016). Peran Cyber Public Relations Humas Polri Publik Secara Online. Jurnal Politikom Indonesia, 1(1), 208–220.
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.










Download