Exploring Innovate Strategies In Library Cafes: Enhancing Visitor Experiences With Integrating Education And Recreation

(1) * Sundari Sundari Mail (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia)
(2) Abdi Mubarak Syam Mail (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia)
*corresponding author

Abstract


Perpustakaan kafe yang inovatif merupakan perpustakaan yang memadukan kenyamanan, pengalaman belajar, serta diskusi ilmiah dengan menyajikan hidangan serta minuman guna memberikan kesan unik serta tenteram. Riset ini mangulas bagaimana strategi kafe perpustakaan di Literacy Coffee menambah pengalaman wisatawan mengenai pendidikan dan rekreasi. Literacy Coffee mengusung konsep rumahan, dimana suatu keluarga dengan budaya diskusi. Riset ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan CWS-LC. Metode pengumpulan informasi dilakukan melalui observasi, wawancara, serta dokumentasi. Penemuan riset ini menampilkan bahwa strategi yang diterapkan oleh owner kafe sangat inovatif, menarik banyak wisatawan dari warga universal, masyarakat sekitar, sekolah, dan mahasiswa, yang bisa menikmati kegiatan serta konsep perpustakaan kafe yang didirikan oleh owner. Terlebih lagi, owner Literacy Coffee ini mengutamakan aktivitas yang mempunyai aspek komunikasi interpersonal sehingga komunikasi dan pertukaran data antara pengelola perpustakaan dengan wisatawan senantiasa terjalin dengan baik. Riset ini diharapkan bisa memberikan inspirasi dan metode pandang baru untuk perpustakaan dalam pemikiran publik.

Kata kunci:  Kafe Perpustakaan, Integrasi, Strategi, Inovasi


   

DOI

https://doi.org/10.31604/jim.v8i3.2024.1052-1061
      

Article metrics

10.31604/jim.v8i3.2024.1052-1061 Abstract views : 225 | PDF views : 182

   

Cite

   

Full Text

Download

References


Aliwijaya, A. (2023). Perkembangan Library Cafe dalam Mendorong Produktivitas Pemustaka di Indonesia: Studi Literatur. Ilmu Informasi Perpustakaan Dan Kearsipan, 12(1), 30. https://doi.org/10.24036/jiipk.v11i2.125847

Aly, H. N., Abdullah, S., Chamami, M. R., Fihris, Yahiji, K., Supiah, Damopolii, M., Ainiyah, N., & Ritonga, A. R. (2023). Reviewing the Colonial Period Islamic Education System in Indonesia: What is Still Relevant to Continue. Journal of Namibian Studies, 33, 671–687. https://doi.org/10.59670/jns.v33i.531

Cox, J., & Cox, J. (2023). New Review of Academic Librarianship The Position and Prospects of Academic Libraries : Weaknesses , Threats and Proposed Strategic Directions The Position and Prospects of Academic Libraries : Weaknesses , Threats and Proposed Strategic Directions. New Review of Academic Librarianship, 29(3), 263–287. https://doi.org/10.1080/13614533.2023.2238691

Dalimunthe, M. A., Pallathadka, H., Muda, I., Devi Manoharmayum, D., Habib Shah, A., Alekseevna Prodanova, N., Elmirzayevich Mamarajabov, M., & Singer, N. (2023). Challenges of Islamic education in the new era of information and communication technologies. HTS Teologiese Studies / Theological Studies, 79(1). https://doi.org/10.4102/hts.v79i1.8608

Darmanto, P. (2020). Manajemen Perpustakaan. Jakarta: Bumi Aksara.

Diana, M., & Pirmansyah, R. (2021). Pemberdayaan Masyarakat melalui Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial di Perpustakaan Sumber Ilmu Desa Marga Sakti Kabupaten Musirawas. Tik Ilmeu : Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 5, 57–77. https://doi.org/10.29240/tik.v5i1.2389

Endarti, S. (2022). Perpustakaan Sebagai Tempat Rekreasi Informasi. ABDI PUSTAKA: Jurnal Perpustakaan Dan Kearsipan, 2(1), 23–28. https://doi.org/10.24821/jap.v2i1.6990

Haryanti, T. (2010). Inovasi Pengembangan Dan Pemberdayaan Perpustakaan Masyarakat. http://www.triniharyanti.id/

Inayatillah, F. (2015). Pengemnbangan Literasi Di Sekolah. Surabaya: Unesa Universitas Press.

Indainanto, Y. I., Dalimunthe, M. A., Sazali, H., Rubino, & Kholil, S. (2023). Islamic Communication in Voicing Religious Moderation as an Effort to Prevent Conflicts of Differences in Beliefs. Pharos Journal of Theology, 104(4). https://doi.org/10.46222/pharosjot.104.415

Indonesia, P. N. R. (2007). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2007 Tentang Perpustakaan.

Irwan., Desnelita, Y., Susanti, W., Rizal, F., & Ritonga, A. R. (2023). The Implementation of Collaborative Project Based Learning Model with Inquiry Process using E-Learning in Higher Education. Educational Administration Theory and Practice, 29(1), 90–101. Available at: 10.48047/rigeo.11.09.187

Istiqomah, I. (2024). Interpersonal Communication On The Quality Of Spousal Relationship Of Tb Ro Patients-Span Of Treatment Period. Academia Open, 9(2). https://doi.org/10.21070/acopen.9.2024.8373

Kamidah, S. N., & Syafaah, D. (2022). Pengembangan Keterampilan Masyarakat melalui Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial pada Perpusdes Lentera Desa Buluagung Karangan Trenggalek. JIPI (Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi), 7(2), 220. https://doi.org/10.30829/jipi.v7i1.12389

KOMINFO. (10 Oktober 2017). Teknologi Masyarakat Indonesia: Malas Baca Tapi Cerewet Di Medsos. https://www.kominfo.go.id/content/detail/10862/teknologi masyarakatindonesia-malas baca-tapi-cerewet-di-medsos/0/sorotan_media , diakses tanggal 02 Maret 2024

Leo, Susanto. 2013. Kiat Jitu Menulis Skripsi, Tesis, Dan Disertasi. Jakarta: Erlangga.

Lubis, U. H., & Azhar, A. A. (2023). Trend Library Cafe Dalam Mendukung Minat Baca Generasi Muda. Journal of Education Research, 4(2), 732–741. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.37985/jer.v4i2.198

Magfirah R. N, W. (2023). Pengaruh Konsep Cafe Library Sebagai Daya Tarik Pengunjung Di Yogyakarta Studi Kasus Dongeng Kopi. Seminar Karya & Pameran Arsitektur Indonesia, 6(1), 924–933. http://hdl.handle.net/123456789/46940

Mahmoud, N. S. A., El Samanoudy, G., & Jung, C. (2023). Assessing User Satisfaction Determinants For Ideal Interior Programming In Public Libraries Of Dubai. Journal of Asian Architecture and Building Engineering; Taylor & Francis. https://doi.org/10.1080/13467581.2023.2292087

Medawar, K. (2021). Setting up a New Library : Planning , Challenges, and Lessons Learned . A Case Study about Qatar National Library. International Information & Library Review, 53(1), 84–96. https://doi.org/10.1080/10572317.2021.1898757

Mubarokah, A., & Susilawati, I. (2023). Manajemen Media Sosial Sebagai Branding Dalam Pengelolaan Perpustakaan. JIPI : Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 8(1), 32–51. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30829/jipi.v8i1.15498

Mudjito. (2001). Pembinaan Minat Baca. Jakarta: Universitas Terbuka.

Musrifah. (2020). Entrepreneurship Di Bidang Kepustakawanan. Jurnal IlmuPerpustakaan & Informasi, 5(1), 40–54. https://doi.org/DOI: http://dx.doi.org/10.30829/jipi.v5i1.5780

Mustofa, M. B., & Sugara, G. T. (2023). Komunikasi Interpersonal Sebagai Strategi Untuk Meningkatkan Kepuasan Pengunjung: Sebuah Tinjauan Literatur Di Perpustakaan. AL-IDZA’AH Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 5(1), 30–46. https://doi.org/https://doi.org/10.24127/al-idzaah.v5i1.3571

Nashihuddin, W., Kartiko, R., Farida, N., & Lende, P. (2019). Co-Working Space ‘ Library Cafe ’: Konsep Pengembangan Layanan Co-Working Space ‘ Library Cafe ’ : Konsep Pengembangan Layanan Perpustakaan Untuk Generasi C 1. Konferensi Perpustakaan Digital Indonesia, November, 2. https://www.researchgate.net/publication/337323411

Nur’aini. (2022). Peran Perpustakaan Kafe Literacy Coffee Dalam Meningkatkan Minat Baca Pengunjung di Kota Medan. Berkala Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 18(1), 45–58. https://doi.org/10.22146/bip.v18i1.2100

Nur’aini, S. (2021). Inovasi Kegiatan Masa Kini Perpustakaan Kafe Literacy Coffee. Tik Ilmeu : Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 5(2), 243. https://doi.org/10.29240/tik.v5i2.3127

Pitri, U. E. (2021). Libri cafe : Kolaborasi kafe dan perpustakaan sebagai sarana learning commons dalam upaya meningkatkan literasi informasi pemustaka ( Studi Kasus Perpustakaan Universitas Syiah Kuala ). Indonesian Journal of Academic Librarianship, 5(1), 9–18.

Rambe,R.F. AL. K., Ritonga, A.R., Dalimunthe,M.A. (2023). Komunikasi Publik Pemerintah Kota Medan Dalam Pengalihan Kewenangan Kebijakan Terkait UU No. 23 tahun 2014. KomunikA. 19(01), 39-44. https://doi.org/10.32734/komunika.v19i01.11411

Ritonga, A. R., Education, I. R., Zein, A., Syam, A. M., & Ohorella, N. R. (2023). Misconceptions of Jihad: A Constructivist Review of the Meaning of Struggle in Islam in the Modern Era: Analysis of the verses al-Amwaal wa al-Nafs.

Rowsell, J., McLean, C., & Hamilton, M. (2012). Visual literacy as a classroom approach. Journal of Adolescent & Adult Literacy, 55(5), 444-447. https://www.jstor.org/stable/41331470

Sayekti, R., Aditya, M., Nurhayani, Simahate, T., Yusniah, & Devianty, R. (2022). An Assessment of Information Control: Understanding Library Service Quality from Users’ Perspectives. Evidence Based Library and Information Practice, 17(2), 88–108. https://doi.org/10.18438/eblip29916

Sayekti, R., Karim, A., Achiriah, Aditya, M., Purwaningtyas, F., Syam, A. M., & Nur’aini. (2021). When the “Library as place†Matters: A Case Study of an Academic Library. Library Philosophy and Practice, 2021, 1–20.

Sikumbang, A. T., Dalimunthe, M. A., Kholil, S., & Nasution, N. F. (2023). Digital Da'wah Indonesia Ulema in the Discourse of Theology. Pharos Journal of Theology. 105(1). 1-14. https://doi.org/10.46222/pharosjot.1051

Siti Khoriyah, P. P. (2020). Manajemen Perpustakaan Desa. Yayasan Petualang Literasi.

Skåland, G., & Arnseth, H. C. (2024). Making The Library Of The Future Identifying The Zone Of Proximal Development For A Norwegian Public Library Makerspace. Mind, Culture, and Activity, 1–18. https://doi.org/10.1080/10749039.2024.2316073

Soedarso. (1988). Speed reading: sistem membaca cepat dan efektif. PT Gramedia Pustaka Utama.

Srirahayu, D. P., Kusumaningtiyas, T., & Harisanty, D. (2021). The role of the school librarian toward the implementation of the School Literacy Movement (Gerakan Literasi Sekolah) in East Java. Library Philosophy and Practice, 1-15. https://digitalcommons.unl.edu/libphilprac/4757/

Suhendar, A., Syam, A. M., & Ritonga, A. R. (2023). Efektivitas Instagram Sebagai Ruang Motivasi Hijrah Mahasiswa IAIN Lhokseumawe. KomunikA, 19(02), 12-20

Syam, A. M. (2022). Library Promotion Strategy in the Covid-19 Pandemic Period at Dinas Perpustakaan dan kearsipan Kabupaten Serdang Bedagai. Ijcss, 3(2), 88–95. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30829/jipi.v8i1.15498

Syam, A. M. (2022). The Effect of Library Facilities On Library Satisfaction At State Islamic University of North Sumatera Library. International Journal of Cultural and Social Science, 3(1), 70-77.

Titi Kadi, S. S. (2021). Layanan Perpustakaan: Upaya Meningkatkan Keberdayaan Perpustakaan Perguruan Tinggi Di Era Digital. PT RajaGrafindo Persada. http://www.triniharyanti.id/

Widianingsih, T. N. (2011). Budaya Membaca, perkembangan Teknologi Dan Tantangannya Bagi Siswa Sekolah Dasar. Yogyakarta: Sangkakala.

Yusniah, Y., Al ANshori, M. F., Sari, J. E., & Syahrina, J. (2022). Bidang Kerjasama Jaringan Perpustakaan. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(6), 1450-1455. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/8404


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.