Pengaruh Kualitas Pelayanan Publik Terhadap Kepuasan Masyarakat Di Kantor Camat Pujud Kabupaten Rokan Hilir
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana kualitas pelayanan publik di kantor kecamatan pujud kabupaten rokan hilir. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian mixed method yaitu melibatkan metode penelitian kuantitatif dan kualitatif. Data yang diperoleh melalui Kuesioner, wawancara, observasi dan dokumentasi, Teknik penarikan sampel dilakukan dengan Teknik Sensus dan Purposive Sampling. Teknik Sensus Sampling yakni pada Camat Pujud, Sekretaris Camat Pujud, Kasi Pelayanan Umum. Dan Purposive dalam penelitian ini adalah masyarakat yang sudah mengurus Surat Keterangan Pindah maka teknik ini sesuai untuk mendapatkan data yang jelas dan konkrit. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Pelayanan publik di kantor Camat Pujud Kabupaten Rokan Hilir sudah berkualitas, diterima dan memperoleh nilai t-hitung 10,101 maka keputusannya H1 diterima. Artinya secara parsial kualitas pelayanan publik berpengaruh signifikan terhadap kepuasan masyarakat di Kantor Camat Pujud Kabupaten Rokan Hilir. Hasil temuan peneliti di lapangan bahwa adanya hambatan yang dialami oleh pihak Kantor Camat Pujud yaitu ketidaksplinan para staf untuk datang tepat waktu sehingga dapat memperlambat proses pelayanan yang diberikan kepada masyarakat kemudian adanya hambatan daripada pihak masyarakat sendiri dalam mengurus suatu surat administrasi yang dimana tidak mengetahui persyaratan-persyaratan yang dibawa sehingga itu juga dapat memperlambat proses pelayanan yang akan diterima oleh masyarakat tersebut.
Kata kunci: Kualitas Pelayanan Publik, Kepuasan Masyarakat, Camat Pujud.
Full Text:
PDFReferences
Andi Riyanto. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Price Discount Terhadap Kepuasan Pelanggan. Kepuasan Pelanggan, 10–27.
Abdul Sabaruddin, 2015. Manajemen Kolaborasi dalam Pelayanan Publik. Graha Ilmu. Yogyakarta.
Agustino, L.. (2016a). Dasar-dasar Kebijakan Publik. Alfabeta, CV.
Creswell, John W. 2016. Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Damayanti, L. D., Suwena, K. R., Haris, I. A., Ekonomi, J. P., Ekonomi, F., Pendidikan, U., & Singaraja, G. (2019). ANALISIS KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP PELAYANAN PUBLIK BERDASARKAN INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT ( IKM ). 11(1), 21–32.
Dian, N., & Noersanti, L. (2020). Pengaruh Komunikasi, Disiplin, Dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan Bagian Produksi Pt. Extrupack Bekasi Barat. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia, 3, 1–25. http://repository.stei.ac.id/1653/4/BAB 3.pdf
DR. H. Inu Kencana Syafiie, M.Si (2017). Pengantar Ilmu Pemerintahan.
Dr. Yusuf Zainal Abidin, M.M. (2016). Komunikasi Pemerintahan.
Fabiana Meijon Fadul. (2019). pengaruh Self efficacy, Motivasi, Social support terhadap burnout akademik pada mahasiswa secara. Jurnal Stei, 2020, 43–54.
Fitrah, L. (2019). Pengaruh Harga, Promosi dan Kualitas Produk terhadap Peningkatan Penjualan Produk Kabel pada PT Kabelindo Murni Tbk. Strategi. 49–57.
Gary, Yukl. 2015, Kepemimpinan dalam Organisasi. Edisi Ketujuh. Indeks. Jakarta.
Hardiyansyah. (2018). Kualitas Pelayanan Publik. Yogyakarta: Gava Media.
Hayat. (2017).Manajemen Pelayanan Publik. Jakarta: Rajawali Pers.
Mulyadi, Deddy. Dkk. 2016. Administrasi Publik Untuk Pelayanan Publik.
Alfabeta: Bandung.
A. J. (n.d.). Agus Salim, Teori dan Paadigma Sosial , (Yogyakarta: Tiara Wacana, 2001), h. 26 B. Bungin, Penelitian Kualitatif , (Jakarta: Prenada Media Grup, 2007), h. 3.
Nawawi, Zaidan. (2013). Manajemen Pemerintahan. Jakarta: Rajawali Pers.
Ningtyas, M. (2014). Pengaruh Pendekatan Keterampilan Taktis Terhadap Ketepatan Smash Bulutangkis Di SMA Muhammadiyah 1 Kota Pontianak. Bintang: Jurnal Pendidikan Dan Sains, 1(3), 32–41.
Nurcahyo, M. A. (2015). Peran Dzikir Sebagai Media Pengelolaan Stres. 8–10.
Prof. Dr. Lexy J. Moleong, M. A. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif.
Putri, S. I. N., Selvy, Roles, G. H., & Ellen, A. (2019). Pengaruh Rekrutmen Dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Karyawa Pada Pt. Budi Raya Perkasa. Jurnal Maznajemen, 5(1), 71–80.
Rahim, R. (2021). Metode Kuantitatif (Teori dan Praktik) Pengantar Metode Penelitian Kuantitatif. 5–9.
Ryan, Cooper, & Tauer. (2013). Landasan Teori BSI. Paper Knowledge. Toward a Media History of Documents, 12–26.
Saputra, R. (2019). Transparansi Pelayanan Publik Di Desa Pengudang Kecamatan Teluk Sebong. Jurnal Ilmu Pemerintahan, 53(9), 10–39.
siabian, herdina. (2013). Kontribusi Kualifikasi Pembimbing Sejarah terhadap Hasil Belajar Warga Belajar (Penelitian dengan Pendekatan Mixed Methods terhadap Warga Belajar Sekolah Menengah Atas Pengguna lembaga bimbingan belajar di kota medan, sumatra utara). 49–67.
Simarmata, N. Y., & Sutrisno, E. (2022). Strategi Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik Melalui Prinsip GoodGovernance di Kantor Kecamatan Rawalumbu Kota Bekasi. Jurnal Pembangunan Dan Administrasi Publik, 4.
Solihah, R. (2019). Pengantar Ilmu Pemerintahan. Pengantar Ilmu Pemerintahan, 544.
sudaryono. (2019). Bab II Landasan Teori. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kualitatid, Kuantitaif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Sugiyono. (2019). Desain Penelitian,Hipotesis,Definisi-Oprasional,Analisa Data. Sugiono, 45–66.
Sulaiman, S., Sunarsih, S., & Zain, D. (2022). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Publik terhadap Kepuasan Masyarakat. Eksos, 18(2), 105–120.
Suryo, H. (2016). Pemberdayaan Masyarakat Dalam Pengembangan Kemandirian Masyarakat. Transformasi, I(29), 45–49.
T. Rama Auliansyah. (2020). Efektifitas Pelayanan Publik Di Kantor Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kabupaten Nagan Raya Berdasarkan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik
Undang-Undang Noomor 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintahan Daerah
Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa
Wicaksana, A., & Rachman, T. (2018). Konsep Ilmu Pemerintahan. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 3(1), 10–27.
Zefry Andalas, R. W. T. (2017). Kualitas Pelayanan Tahanan Di Cabang Rumah Tahanan Komisi Pemberantasan Korupsi.
DOI: https://doi.org/10.31604/jim.v8i4.2024.%25p
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.