Strategi Pemerintah Daerah Dalam Pengembangan Pemetaan Potensi Wisata Di Kota Baubau

(1) * Sri Adhi Ningsih Mail (Universitas Muhammadiyah Buton, Indonesia)
(2) L.M. Azhar Sa'ban Mail (Universitas Muhammadiyah Buton, Indonesia)
(3) Mahyudin Mahyudin Mail (Universitas Muhammadiyah Buton, Indonesia)
*corresponding author

Abstract


Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2009 Tentang Kepariwisataan menyebutkan bahwa tujuan pariwisata adalah untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi, meningkatkan kesejahteraan masyarakat, mengurangi pengangguran, dan lain sebagainya. Meskipun Kota Baubau mempunyai potensi pariwisata yang cukup memadai, namun potensinya dalam proses pembangunan belum maksimal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tindakan terbaik untuk memaksimalkan potensi wisata Kota Baubau. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah ada beberapa strategi pemerintah dalam pengembangan potensi wisata di Kota Baubau yaitu melakukan pengembangan pemasaran wisata, kesiapan infrastruktur, transportasi dan pengembangan destinasi wisata. Adapun yang menjadi peluang dari potensi wisata yang dimiliki adalah peluang usaha yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat yang kemudiaan secara tidak langsung juga mempengaruhi tingkat pendapatan yang diperoleh daerah sekaligus dapat berpeluang menjadi destinasi wisata unggulan. Sedangkan yang menjadi tantangan dalam proses pengembangan potensi wisata adalah rendahnya pemahaman masyarakat terhadap potensi wisata, perencanaan yang belum terintegrasi dengan baik, terbatasnya aksesibilitas fasilitas dan infrastruktur pendukung, belum optimalnya sumber daya manusia yang ada.

Kata Kunci: Strategi, Pengembanagan, Potensi Wisata, Pariwisata Kota Baubau


   

DOI

https://doi.org/10.31604/jim.v8i3.2024.998-1005
      

Article metrics

10.31604/jim.v8i3.2024.998-1005 Abstract views : 170 | PDF views : 54

   

Cite

   

Full Text

Download

References


Damayanti, M., Wahyono, H., Rahdriawan, M., Tyas, W. P., Sani, P. C., & Riptek, J. (2020). Penerapan Smart Tourism Di Kota Semarang. Journal Riptek, 14(2), 128–133. http://riptek.semarangkota.go.id

Data Wardana, Z. dan A. H. G. (2020). Strategi Pemerintah Dalam Pengembangan Objek Wisata Alam Teluk Jering Kabupaten Kampar. Jurnal Ilmiah Wahana Bhakti Praja, 10(1), 211–219. https://doi.org/10.33701/jiwbp.v10i1.874

Fitri Lintang, F. L., & Ulfatun Najicha, F. (2022). Nilai-Nilai Sila Persatuan Indonesia Dalam Keberagaman Kebudayaan Indonesia. Jurnal Global Citizen : Jurnal Ilmiah Kajian Pendidikan Kewarganegaraan, 11(1), 79–85. https://doi.org/10.33061/jgz.v11i1.7469

Gajdosik, T. (2018). Smart Tourism: Concepts and Insights from Central Europe. Czech Journal of Tourism, 7(1), 25–44. https://doi.org/10.1515/cjot-2018-0002

Heliany, I. (2019). Wonderful Digital Tourism Indonesia Dan Peran Revolusi Industri Dalam Menghadapi Era Ekonomi Digital 5.0. Destinesia : Jurnal Hospitaliti Dan Pariwisata, 1(1), 21–35. https://doi.org/10.31334/jd.v1i1.483

Ismayanti. 2010. Pengantar Pariwisata. Grasindo: Jakarta

Iwan Setiawan. (2019). Potensi Destinasi Wisata Di Indonesia Menuju Kemandirian Ekonomi. Prosiding Seminar Nasional Multi Disiplin Ilmu & Call for Papers Unisbank (Sendi_U), 53(9), 1–6. https://media.neliti.com/media/publications/173034-ID-potensi-destinasi-wisata-di-indonesia-me.pdf

L.M. Azhar Sa’ban, Ilwan, R. (2023). PROMOTION TOURISM WAWOANGI VILLAGE. Inovasi Peneleitian, 3(8), 7271–7280.

Mebri, F. H., Suradinata, E., Jayapura, P. K., Pemerintahan, I., &

Negeri, D. (2022). Strategi Pengembangan Pariwisata Dalam Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah ( Pad ) Di Kota Jayapura Provinsi Papua Internal Tourism Development Strategy Increasing Regional Original Income ( Pad ) in Jayapura City Papua Province. 12(1), 102–114.

Nahak, H. M. . (2019). Upaya Melestarikan Budaya Indonesia Di Era Globalisasi. Jurnal Sosiologi Nusantara, 5(1), 65–76. https://doi.org/10.33369/jsn.5.1.65-76

Sihombing, N. E., & Hutagalung, I. J. (2021). Strategi Pengembangan Sektor Pariwisata Kabupaten Toba Dalam Upaya Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah. Jurnal Ilmu Sosial Dan Politik, 1(2), 150–172. https://doi.org/10.51622/jispol.v1i2.415

Sugiama, A Gima. 2011. Ecotourism : Pengembangan Pariwisata berbasis konservasi alam. Bandung : Guardaya Intimarta.

Tamuntuan, N., Gosal, R., & Sampe, S. (2019). Strategi Pemerintah Daerah Dalam Mengembangkan Objek Wisata Gunung Mahawu. Eksekutif: Jurnal Jurusan Ilmu Pemerintahan, 3(3), 1–10.

Widiati, I. A. P., & Permatasari, I. (2022). Strategi Pengembangan Pariwisata Berkelanjutan (Sustainable Tourism Development) Berbasis Lingkungan Pada Fasilitas Penunjang Pariwisata di Kabupaten Badung. Kertha Wicaksana, 16(1), 35–44. https://doi.org/10.22225/kw.16.1.2022.35-44

Wilopo, K. K., & Hakim, L. (2017). Strategi Pengembangan Destinasi Pariwisata Budaya (Studi Kasus pada Kawasan Situs Trowulan sebagai Pariwisata Budaya Unggulan di Kabupaten Mojokerto). Jurnal Administrasi Bisnis, 42(1), 56–65. https://media.neliti.com/media/publications/87665-ID-strategi-pengembangan-destinasi-pariwisa.pdf


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.