(2) Noveri Faikar Urfan
*corresponding author
AbstractIklan merupakan salah satu sarana penyebarluasan sebuah pesan ataupun informasi kepada khalayak yang cepat dan serentak melalui media massa. Seiring berjalannya waktu media iklan memiliki banyak perubahan mengikuti perkembangan zaman yang semakin maju, penyebarluaan iklan tidak lagi melalui televisi atau media cetak saja melainkan melalui perangkat yang memiliki jaringan internet dan bisa di akses kapan saja dan dimana saja. Dalam sebuah iklan terdapat makna serta pesan apa yang akan disampaikan kepada khalayak, Penelitian ini berfokus kepada iklan yang disiarkan melalui televisi dan youtube, serta bagaimana sebuah iklan merepresentasi sebuah makna, salah satunya adalah iklan “Garnier men acnofight x Iqbaal Ramadhanâ€. Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan bagaimana sebuah media membentuk karakter maskulinitas pria dalam sebuah iklan, melalu tanda pertanda serta unsur unsur visual dalam iklan tersebut, dan seberapa pengaruh iklan dalam membuat stereotype terhadap maskulinitas, dengan menggunakan teori semiotika roland barhes, serta teori representasi yang menggambarkan sebuah makna yang tersembunyi melalui visual dari seorang pria dalam iklan, dengan metode penelitian kualitatif deskriptif yang menjabarkan dengan jelas dan rinci melalui potongan dari segmen yang dijelaskan melalui penjabaran deskriptif. Kata kunci: Iklan, Maskulinitas, Makna, Media. |
DOIhttps://doi.org/10.31604/jim.v8i3.2024.1112-1119 |
Article metrics10.31604/jim.v8i3.2024.1112-1119 Abstract views : 135 | PDF views : 31 |
Cite |
Full Text Download
|
References
Fathinah, E., Priyatna, A., & Adji, M. (2017). Maskulinitas Baru dalam Iklan Kosmetik Korea: Etude House dan Tonymoly. Patanjala, 9(2), 291958.
Kevinia, C., Aulia, S., & Astari, T. (2022). Analisis Teori Semiotika Roland Barthes Dalam Film Miracle in Cell No. 7 Versi Indonesia. Journal of Communication Studies and Society, 1(2), 38–43.
Nurussa’adah, E., & Fitrinasyah, R. (2023). Representasi Maskulinitas Dalam Film Captain America: The First Avenger: Analisis Semiotika Charles Sanders Pierce. Brand Communication: Jurnal Ilmu Komunikasi, 2(1), 85–97.
Pratami, R., & Hasiholan, T. P. (2020a). Representasi maskulinitas pria dalam iklan televisi Men’s Biore Cool Oil Clear. Jurnal Komunikasi, 14(2), 119–138.
Pratami, R., & Hasiholan, T. P. (2020b). Representasi maskulinitas pria dalam iklan televisi Men’s Biore Cool Oil Clear. Jurnal Komunikasi, 14(2), 119–138.
Rosalina, I. F., & Fakhriastuti, R. N. (2022). Representatif Maskulinitas Chef Juna dalam Program MasterChef Indonesia. Jurnal Komunikasi Esensi Daruna, 1(1), 57–66.
Sari, H. C. K. (2020). Representasi Maskulinitas Dalam Iklan Garnier Men Versi Joe Taslim Dan Chico Jeriko. Sarasvati, 2(1), 33–45.
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.










Download