(2) Arifana Arifana
(3) Rahmadi Gajah
*corresponding author
AbstractThe purpose of this study was to determine how the implementation of the value of Batak culture values in the Parmonangan Village office, then to find out how Public Services at the Parmonangan Village Office and to find out how much influence the value of Batak cultural values has on public services at the Parmonangan Village office. |
DOIhttps://doi.org/10.31604/jim.v8i1.2024.378-384 |
Article metrics10.31604/jim.v8i1.2024.378-384 Abstract views : 707 | PDF views : 269 |
Cite |
Full Text Download
|
References
A. S, Cahyono. “pengaruh media sosial terhadap perubahan sosial masyarakat di indonesia.†Publiciana, 9(1).
Anwar , Desi. 2001. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Surabaya: Karya Abditama.
B.H, Harahap dan Hotman M Siahaan. 1987. Orientasi Nilai-nilai Budaya Batak. Jakarta: Sanggar Willem Iskandar.
Dwiyanto dan Agus. 2002. Reformasi Tata Pemerintahan dan Otonomi Daerah. Yogyakarta: Pusat Studi Kependudukan dan Kebijakan UGM.
Harvina,Variani Dkk. Dalihan Na Tolu Pada Masyarakat Batak Toba Di Kota Medan.Banda Aceh: Balai Pelestarian Nilai Budaya Aceh.
Haryani,Jumratul dan Dewa Nyoman Wiratmaja.2014 “Pengaruh Ukuran Perusahaan, Komite Audit, Penerapan International Financial Reporting Standards dan Kepemilikan Publik Pada Audit Delay.†E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 6 (1).
Kamus Besar Bahasa Indonesia, https://kbbi.web.id/desa.diakses pada tanggal 14 Februari 2023.
Koentjaraningrat. 1993. Kebudayaan Mentalis dan Pembangunan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
M. Ganarditya. 2021. Pengaruh Kearifan Lokal Terhadap Pelayanan Publik (Studi Kasus Penyelewengan Dana Bansos). Cendekia Jaya, Vol. 3(2).
Mahmud. 2005. Manajemen Kinerja Sektor Publik. Yogyakarta: Upp Stim Ykpn.
Mukarrom, Zainal dan Muhibudin Wijaya. 2015. Membangun Kinerja Pelayanan Publik. Bandung: Pustaka Setia.
Permendagri No. 48 Tahun 2015 Tentang Susunan Organisasi dan Tata Kerja Pemerintah Desa. 2015. Jakarta: Direktur Jendral Peraturan Perundang – undangan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia.
Purwanto, Erwan Agus dan Dyah Ratih Sulistyastuti. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.
Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes) tahun 2019-2024. 2019 Parmonangan: Kantor Desa Parmonangan.
Rohman, Dkk. 2010. Reformasi Pelayanan Publik. Malang: Program Sekolah Demokrasi.
Sinambela, dkk. 2006. Reformasi Pelayanan Publik Teori, kebijakan dan Implementasi. Jakarta: Bumi Aksara.
Sugiyono. 2017.Metode Penelitian Administrasi,. Bandung: Alfabeta.
Susanti,Eka. 2014. “Nilai-Nilai Budaya Batak Toba Sebagai Sumber Pembelajaran Ips untuk Mengembangkan Wawasan Kebangsaanâ€. Jurnal Metafora, 1 (1).
Undang Undang Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik. 2009. Jakarta: Direktorat Utama Pembinaan dan Pengembangan Hukum Pemeriksaan Keuangan Negara.
Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa, Pasal 1 ayat 1.
Vivioli, Annisa. 2021. “Pengaruh Nilai Kearifan Lokal, Kepribadian, dan Budaya Kerja Terhadap Motivasi Pelayanan Publik PN.†Jurnal Ilmiah Ekotrans&Erudisi Vol. 01, (2).
Widjaja, Haw. 2012. Otonomi Desa. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.










Download