Pengaruh Kualitas Pelayanan Pembelian Online Shoppe Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Kasus di Kelurahan Tong Marimbun Pematang Siantar)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan pembelian online shopee terhadap minat beli konsumen. Populasi dari penelitian ini adalah warga di Kelurahan Tong Marimbun Pematang Siantar dan dalam menentukan sampel yaitu melalui rumus lemeshow. Jenis penelitian yang digunakan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Dalam penelitian ini uji penelitian yang digunakan adalah validitas, reabilitas, analisis korelasi, analisis deskriptif, regresi linear sederhana, uji-t dan koefisien determinasi. Hasil kuisioner yang telah di uji validitas dan reliabilitas, selanjutnya dilakukan uji normalitas data sebelum dilakukan analisis data. Teknik analisis data menggunakan teknik regresi sederhana. Dengan menggunakan program Statistical Product and Service Solution (SPSS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa hipotesis yang diajukan diterima karena menujukkan hasil uji hipotesis positif dan signifikan. Berdasarkan pengujian yang dilakukan menggunakan Uji Parsial atau Uji-t. Koefisien regresi atau t-tabel adalah sebesar 4,636 > t-hitung untuk variabel kualitas pelayanan tabel yaitu 1,65845dan mengartikan adanya pengaruh kualitas pelayanan terhadap minat beli konsumen, dan signifikansinya yaitu 0,000 < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil koefisien determinasi pada penelitian ini yaitu sebesar 0.173 artinya kualitas pelayanan pembelian online shopee berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen sebesar 17,3%.
Full Text:
PDFReferences
Chandra, Tjiptono. 2022. Pengaruh Kualitas, Promosi dan Produk terhadap Keputusan Pembelian Produk GadGet Apple di Digimap Tunjangan Plaja Sura Baya. Jurnal Manajemen. Hal : 6.
Fandy, Tjitono. 2011. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk terhadap Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Konsumen Restoran Happy Garden Surabaya. Jurnal Manejemen pemasaran. Vol. 2.
Firmansyah, Fatinhudin. 2019. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepercayaan dan Kepuasan Konsumen terhadap Loyalitas Konsumen Maxim di Kota Batam. Jurnal Manjemen.
Gerry, Philip, Kotlher. 2013. Prilaku Konsumen tentang Kualitas Produk dalam Meningkatkan Kebutuhan Pembelian Produk AMDK. Jurnal Aplikasi Kebijakan Bisnis. Vol. 3.
Hamdani, Lupiyoadia. 2019. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Shopee Express. Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi. Vol: 9.
Hardiansyah. 2011. Kualitas Layanan Adminitrasi Akademik di Politeknik Negeri Pontianak. Jurnal Illmiah Adminitrasi Publik. Vol. 6.
Keller, Kotler. 2023. Pengaruh Kualitas Layanan dan Kualitas Produk terhadap Kepuasan Konsumen PT Sentra Oli Pare-Pare Sulawesi Selatan. Jurnal Manajemen dan Start- Up Bisnis. Vol. 6.
Kotler, Keller. 2020. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Prilaku Konsumen Dalam Pembelian Smartphone (Studi Kasus Pada Mahasiswa Penggunaan Smartphine Xiaomi Di Universitas Nusa Cendana). Jurnal Manajemen Vol. 11.
Kotler. 2018. Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan pada PT Muarakati Baru Satu Palembang. Jurnal Manajemen.
Plip kottler. 2017. Kualitas Pelayanan Konsumen. Jurnal Manjemen.
Priansa, Keler, Kotler. 2018. Kepuasan Konsumen Dapat Mempengaruhi Kinerja Perusahaan. Jurnal Mnajemen.
Putri, Kristin. 2011. Pengaruh DimensiI Kualitas Pelayanan Jasa terhadap Kepuasan Pelanggan D&I Skinker Denpasar. Jurnal Manajeman, Hal 1-20.
Rahmaat. 2019. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan dan Kepercayaan Merek terhadap Loyalitas Pelanggan pada Pengguna Moblie Shopee. Jurnal Sains Manajemen, Hal 1-19.
Sari, Indah. 2019. Analisis Kualitas Pelayanan pada CV. Singoyudho Nusantara. Jurnal Maneksi. Vol.11.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.
Sugiyono. 2021. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D Edisi ke 2. Bandung: Alfabeta, CV.
Zuhro, Bahrudin. 2016. Pengaruh Costumer Relationship Management (CRM) terhadap Kepuasan Pelanggan Produk Sepatu Converese. Jurnal Manajemen Vol. 11.
DOI: https://doi.org/10.31604/jim.v8i1.2024.293-300
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.