Analisis Paket Wisata City Tour Berbasis Heritage di Braga Kota Bandung

Pandu Sapto Desmantyo, Rivaldi Arrisaputra, Sarah Santika, Winda Gafrilia Prianka, Muhammad Syakib Asqalani Rifai, Windi Sopiani

Abstract


Kawasan Braga memiliki semua potensi untuk menjadi pusat destinasi wisata cagar budaya di kota Bandung. Oleh karena itu, kawasan Braga perlu dikemas sebagai sebuah penawaran wisata untuk mengintegrasikan berbagai potensi yang dimilikinya menjadi sebuah pengalaman yang menyatu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis Paket Wisata City Tour Berbasis Heritage di Kawasan Braga, Kota Bandung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan mengumpulkan data melalui wawancara dengan orang-orang yang memiliki pengetahuan tentang kawasan Braga. Selain itu, observasi dilakukan untuk menilai destinasi yang sesuai untuk dimasukkan ke dalam paket wisata, dan studi literatur dilakukan untuk memaksimalkan informasi mengenai sejarah kawasan Braga. Analisis data menggunakan metode triangulasi. Berdasarkan hasil dan pembahasan dari berbagai macam potensi yang dimiliki baik dari segi sejarah, arsitektur, kuliner, seni dan budaya, maka kawasan Braga dapat menjadi beberapa paket wisata kota berbasis heritage.

Full Text:

PDF

References


Adikampana, I. M. (2017). Pariwisata Berbasis Masyarakat. Cakra Press.

Antara. (2023). Kota Bandung perlu punya ciri khas sebagai tempat wisata, sebut Wali Kota. Jabar.Antaranews.Com. https://jabar.antaranews.com/berita/380789/kota-bandung-perlu-punya-ciri-khas-sebagai-tempat-wisata-sebut-wali-kota?page=all

Asy’ari, R., Afriza, L., & Silalahi, A. T. (2022). Pengembangan Tata Kelola Destinasi Pariwisata Melalui Pendekatan Pemberdayaan Masyarakat di Kampung Wisata Braga. TOBA: Journal of Tourism, Hospitality and Destination, 1(1), 7–13.

Firmansyah, D. (2022). Teknik Pengambilan Sampel Umum dalam Metodologi Penelitian: Literature Review. Jurnal Ilmiah Pendidikan Holistik (JIPH), 1(2), 85–114.

Indra, M. I. (2009). Pengembangam Pasar Baru. Universitas Indonesia.

Ismayanti. (2010). Pengantar Pariwisata. Grasindo.

Mulyani, A., & Wirakusuma, R. M. (2016). Perencanaan Paket Wisata Berdasarkan Karakteristik Dan Motivasi Wisatawan Yang Datang Ke Kampung Cireundeu Kota Cimahi. Jurnal Manajemen Resort Dan Leisure, 13(2), 1–14.

Nuriata, S. E. (2017). Paket wisata penyusunan produk dan penghitungan harga. Alfabeta.

Nurlena, N., Musadad, M., & Ratna, R. (2018). Implementasi Strategi Stp (Segmentation, Targeting & Positioning) Di Desa Wisata Rumah Dome, Sleman, Yogyakarta. National Conference of Creative Industry.

Santoso, S., & Kartika, L. N. (2018). Motivasi dan perilaku wisatawan generasi muda saat berwisata di Yogyakarta. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis, 13(1), 47–58.

Sonitehe, G. (2022). Pengaruh segmentasi pasar terhadap peningkatan volume penjualan. Jurnal Akuntansi, Manajemen Dan Ekonomi (Jamane), 1(1), 48–54.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (20th ed.). Alfabeta, cv.

Swastha, B. (2016). Manajemen Pemasaran Modern. Liberty.

Timothy, D. J. (2018). Making sense of heritage tourism: Research trends in a maturing field of study. Tourism Management Perspectives, 25, 177–180.

Wiguna, W., & Alawiyah, T. (2019). Sistem Reservasi Paket Wisata Pelayaran Menggunakan Mobile Commerce di Kota Bandung. Jurnal VOI (Voice Of Informatics), 8(2).




DOI: https://doi.org/10.31604/jim.v7i3.2023.996-1002

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.