Pelayanan Publik Pada Pemerintah Desa Di Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara Kota Padangsidimpuan

Irman Puansah, Natalia Parapat, Darmansyah Pulungan, Yessi Siregar

Abstract


Penelitian ini berjudul tentang Pelayanan Publik Pada Pemerintah Desa di Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara Kota Padangsidimpuan, bertujuan untuk mengetahui bagaiamana pelayanan publik pada Pemerintah Desa di Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara Kota Padangsidimpuan, untuk mengetahui apa saja hambatan dalam melakukan pelayanan publik pada Pemerintah Desa di Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara Kota Padangsidimpuan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif-analitis. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukaan pelayanan publik pada Pemerintah Desa di Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara Kota Padangsidimpuan telah berjalan, terdapat masyarakat yang merasa puas dengan pelayanan yang diberikan dan terdapat masyarakat yang tidak merasa puas terhadap pelayanan yang diberikan. Adapun hambatan yang hambatan dalam melakukan pelayanan antara lain kurangnya kesadaran pelayan publik dalam menjalankan tugasnya, minimnya pengawasan dan evalusi serta kurangnya inovasi pada pelayanan publik.

Full Text:

PDF

References


Abdullah, H. Rozali, 2002, Pelaksanaan Otonomi Luas dan Isu federalisme sebagai suatu alternatif, Pt Rajagrafindo persada, Jakarta.

Huda, Ni’matul, 2014, Perkembangan Hukum Tata Negara Perdebatan dan Gagasan Penyempurnaan, FH UII Press, Yogyakarta.

Muhammad, 2009, Metode Penelitian Ilmu Sosial Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif, Penerbit Erlangga, Jakarta.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Supriady, Deddy, 2002, Otonomi Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah, Cetakan ketiga, PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Widjaja, HAW, 2003, Otonomi Desa merupakan Otonomi Yang Asli, Bulat dan Utuh, Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Sumber Jurnal

Unika Basyirah Bari Brahma, Alifia Putri Syafira, Zulfiah Nur Hasannah, Iradhat Taqwa Sihidi, “Tantangan Penyelenggaran Pemerintahan di Era Revolusi Industri 4.0" Prosiding Simposium Nasional. ISBN: 978-602-73470-5-2.

Ikhsan, Syofian, Bunga Chintia Utami, Inovasi Pelayanan Publik Di Desa Seberang Taluk Kabupaten Kuantan Singingi, Jurnal NiaraVol. 13, No. 1Juni2020, Hal. 237-244

Joni Suwarno, Kualitas Pelayanan Pemerintahan Desa (Studi Pelayanan Ktp Dan Kk Di Desa Teluk Kepayang Kecamatan Kusan Hulu Kabupaten Tanah Bumbu), Jurnal Ilmu Politik dan Pemerintahan Lokal, Volume I Edisi 2, Juli-Desember 2012.

Widi Setya Anjani, Pipin Hanapiah, Rudiana, 2019, Inovasi Pelayanan Publik Oleh Badan Pendapatan Daerah Provinsi Jawa Barat Melalui Kegiatan Samsat Masuk Desa, Vol..5, No.2, 2019, P-ISSN 2442-5958E-ISSN 2540-8674.

Kusnendar, Aang, 2018, Kinerja Pemerintah Desa Dalam Pelayanan Publik Di Desa Cijulang Kecamatan Cijulang Kabupaten Pangandaran, EISSN: 2614-2945 (Online), PISSN: 2356-2269 (Print).

Peraturan Perundang-undangan:

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 38 Tahun 2017 Tentang Inovasi Daerah

Undang-Undang No. 6 Tahun 2014 tentang Desa.




DOI: https://doi.org/10.31604/jim.v7i1.2023.255-260

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.