Analisis Pelaksanaam Guru Dalam Pembentukan Karakter Siswa

Srie Faizah Lisnasari, Hotma Tiolina Siregar, Rupina Magdalena br Tarigan, Hasni Suciawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara pelaksanan guru dalam membentuk karakter disiplin dan faktor penghambat penanaman nilai karakter siswa. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SD Negeri 105269 Sei Beras Sekata, Kecamatan Sunggal Medan, Kabupaten. Deli Serdang Tahun Ajaran 2021/2022. Subjek dalam penelitian ini hanya satu yaitu guru wali kelas IV dan objeknya adalah siswa kelas IV berjumlah 20 siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil analisis data menunjukkan bahwa pelaksanaan guru dalam pembentukan karakter disiplin siswa kelas IV bernilai 91,6% (sangat efektif). Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan guru dalam pembentukan karakter disiplin siswa kelas IV SD Negeri 105269 Sei Beras Sekata sangat efektif.

Full Text:

PDF

References


Agustin, S. D. (2020). Kiat Sukses Meningkatkan Disiplin Siswa. Yogyakarta: Deepublish.

Ali, A. M . (2018). Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasinya. Jakarta: Kencana.

Anas Sudijono. 2015. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT. Raja. Grafindo

Ansori, M. (2019). Dimensi HAM Dalam UU Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2033. Sumbersari, Kencong Kepung Kediri: JAIFA PRESS.

Asih Mardati, H. H. (2021). Peran Guru Dalam Pembentukan Karakter Siswa. YogyakartaUAD PRESS.

Basrinsyah, (2020). Konsep Pendidikan Karakter Ulul Al-Bab Dalam Al-Qur`an. Pekanbaru: Guepedia.

Buan, Y. A. (2020). Guru dan Pendidikan Karakter Sinergitas Peran Guru Dalam Menamamkan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter di Era Milenial. Jawa Barat: Penerbit Adab.

Buan, Y. L. (2020). Guru Dan Pendidikan Karakter Sinergitas Peran Guru Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter di Era Milenial. Jawa Barat: Penerbit Adab.

Imam Musbikin, (2021). Pendidikan Karakter Disiplin. Perpustakaan Nsional RI: Nusa Media.

Jaya, I. M. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Teori, Penerapan, dan Riset Nyata. Yogyakarta: Anak Hebat Indonesia.

Mardawani. (2020). Praktis Penelitian Kualitatif Teori Dasar dan Analisis Data dalam Perspektif Kualitatif. Yogyakarta: Grup Penerbitan CV BUDI UTAMA.

Marzuki. (2012). Pengintegrasian Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Di sekolah. email: marzuki wafi@yahoo.com.id, 35-37.

Mulyasa. (2020). Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.

Nursalam, M. N. (2020). Model Pendidkan Karakter Pada Mata Pelajaran Pengetahuan Sosial Di Sekolah Dasar. Banten: CV. AA. RIZKY.

Rosidatun. (2018). Model Implementasi Pendidikan Karakter. Kulon Gresik: Caremedia Communication.

Setiawan, A. A. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi, Jawa Barat: CV Jejak.

Siti Maemunawati, M. A. (2020). Peran Guru, Orang Tua, Metode dan Media Pembelajaran: Strategi KBM di Masa Pandemi Covid-19 . Banten: 3M Media Karya 2020.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukiyat. (2020). Strategi Implementasi Pendidikan Karakter. Gayung Kebonsari Surabaya : CV. Jakad Media Publishing.

Yulita, (2018). Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Menggunakan Model Picture And Picture Sekolah Dasar. Pontianak: Email: yulitaaaa@gmail.com.

https://repository.arraniry.ac.id/id/eprint/13985/1/Suryati%2C%20160209049%2C%20FTK%2C%20PGMI%2C%20082351595857.pdf

http://repository.uinsu.ac.id/4034/1/CYNDI%20KARTIKA.pdf

http://repository.uinsuska.ac.id/19980/7/7.%20BAB%20II.pdfhttp://repository.unpas.ac.id.




DOI: https://doi.org/10.31604/jim.v7i1.2023.240-244

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.