(2) Michael Jeffri Sinabutar
(3) Ryand Daddy Setiawan
(4) Miftahul Ulum
*corresponding author
AbstractAdanya pandemi Covid 19 memberikan dampak bagi kehidupan dan penurunan ekonomi secara tidak merata, seperti tingkat daya beli masyarakat menurun yang diakibatkan karena adanya pembatasan sosial yang tidak memperkenankan masyarakat untuk saling berinteraksi, sehingga sangat mempengaruhi pendapatan hasil penjualan terutama pada pemasaran yang masih menggunakan dan mengandalkan sistem konvensional. Dalam hal ini diperlukan upaya alternatif untuk mengembalikan ekonomi secara stabil. Salah satunya dengan sosialisasi dan pendampingan untuk melakukan pemasaran secara digital yang bersifat online supaya lebih dikenal luas oleh masyarakat tanpa harus memasarkan secara langsung. Dalam kegiatan sosialisasi dan pendampingan ini, Salah satu produk UMKM yang dikembangkan masyarakat Desa Kotawaringin yang mayoritas pekerjanya perempuan adalah produk Matahari, atap daun nipah dan sirup pedada. Selain itu, dalam memasarkan produk yang dihasilkan seperti produk matahari, sirup pedada, dan atap daun nipah, pelaku UMKM harus melakukan pembuatan konten yang menyajikan informasi produk dengan sistem pemasarannya melalui e-commerce/platform yang banyak digunakan oleh masyarakat seperti google, facebook, instagram, dan sebagainya. Dalam mengembangkan suatu produk, pelaku UMKM harus memperhatikan beberapa hal yang meliputi penyajian foto dan video produk, penggunaan influencer, Adjustment / Hubungan / Ikatan pada pihak tertentu, serta testimoni dan review dari konsumen. Penyajian informasi/promosi produk melalui foto dan video diharuskan menggunakan bahasa yang baik serta media sosial yang digunakan khusus untuk memasarkan produk. KeywordsPemberdayaan Perempuan, Pendampingan Kelompok, Pengembangan, Pemasaran & Manajemen Usaha.
|
DOIhttps://doi.org/10.31604/jpm.v5i10.3465-3470 |
Article metricsAbstract views : 0 | PDF views : 0 |
Cite |
Full Text Download
|
References
Http://kecpudingbesar.bangka.go.id/detail-berita/desa-kotawaringin-terbaik-se-puding-besar-calon-duta-kabupaten-bangka
Mardikanto, Totok, Soebiato. 2013. "Community Empowerment in a Public Policy Perspective". Bandung : Alfabeta.
Satria, Arif. 2015. " Introduction to the Sociology of Coastal Societies ". Jakarta : Yayasan Pustaka Obor Indonesia.
Sugiyono. 2013. Educational Research Methods Quantitative, Qualitative, and R&D Approaches. Bandung: Alfabeta
Theresia, Andini, Et al. 2015. "Community-Based Development. A Reference for Practitioners, Academics, and Observers of Community Development". Bandung : Alfabeta.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Martabe : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.






Download