DESIMINASI ILMU PERAWATAN ANAK AUTIS DI SLBN KOTA JAMBI

(1) * Susi Widiawati Mail (Progran Studi Profesi Ners Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Harapan Ibu Jambi, Indonesia)
(2) Maulani Maulani Mail (Progran Studi Profesi Ners Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Harapan Ibu Jambi, Indonesia)
(3) Widya Dwi Juniaty Mail (Program Studi Ilmu Keperawatan Sekolah Tinggi Kesehtan Harapan Ibu Jambi, Indonesia)
*corresponding author

Abstract


Anak berkebutuhan khusus dengan diagnosa autis merupakan masalah yang komplek, yang perlu menjadi perhatian orang tua, perawat, masyarakat dan negara. Pemantauan pertumbuhan, perkembangan dan kebutuhan perawatan pada anak autis harus dilakukan dengan baik, berdasarkan hal tersebut maka perlu meningkatkan pengetahuan orang tua dalam perawatan anak autis. Pengabdian) ini bertujuan meningkatkan pengetahuan orang tua dalam perawata anak autis. Sasaran pengabdian ini adalah orang yang mempunyai anak autis yang bersekolah di SLB N Kota Jambi dengan jumlah 30 orang, kegiatan pengabdian dilakasanakan pada bulan September 2022, dengan metode pretest, menyampaikan materi, tanya jawab dan berbagi pengalaman serta posttest. Hasil evaluasi kegiatan pengabdian adalah sebagai berikut: Sebagian besar orang tua 25 (83,3%) mengetahui gelaja spektrum autis, 27 (90%) mengetahui prilaku anak gangguan spektrum autis, 26 (86,6%) mengetahui terapi anak autis, 30 (100%) mengetahui nutrisi dihindari untuk anak autis dan 27 (90%) mengetahui sumber bahan makan untuk anak autis. Dapat disimpulkan terdapat peningkatan pengetahuan orang tua dalam perawatan anak autis.


Keywords


Desiminasi Ilmu, Perawatan anak autis

   

DOI

https://doi.org/10.31604/jpm.v5i9.3361-3366
      

Article metrics

Abstract views : 339 | PDF views : 202

   

Cite

   

Full Text

Download

References


Dermawan, O. (2018). Strategi Pembelajaran Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Di Slb. Psympathic : Jurnal Ilmiah Psikologi, 6(2), 886–897. https://doi.org/10.15575/psy.v6i2.2206

Herminiati, A. (2009). Diet makanan untuk penyandang autis. Pangan, 18(54), 90–95.

Hidayati, N. (2011). Dukungan sosial bagi keluarga anak berkebutuhan khusus. Insan, 13(01), 12–20.

Nisa, K. et al. (2018). Karakteristik dan Kebutuhan Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus dan Anak Berbakat. Abadimas Buana, 2(1), 33–40.

R. (2016). Konsumsi Makanan dan Pemenuhan Gizi Anak Berkebutuhan Khusus di SDN Sidokumpul 7 Gresik. E-Journal Boga, 5(1), 239–247.

Winarsih, S., Hendra, J., Idris, F. H., & Adnan, E. (201

Ratrie, D. (2007). Psikologi Anak Berkebutuhan Khusus. Depdiknas, 1–149.

Sri Muji Rahayu. (2013). Memenuhi Hak Anak Berkebutuhan Khusus Anak Usia Dini Melalui Pendidikan Inklusif. In Jurnal Pendidikan Anak: Vol. II (Issue 2, pp. 355–363).

Suteja, J. (2014). Bentuk Dan Metode Terapi Terhadap Anak Autisme Akibat Bentukan Perilaku Sosial. Jurnal Edueksos, III(1), 119–133.

Wiliasari, D. E., & Dewi, 3). Panduan penanganan nak berkebutuhan khusus bagi pendamping (orang tua, keluarga, dan masyarakat). Kementerian Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak Republik Indonesia, 1–17.

https://www.kemenpppa.go.id/lib/uploads/list/b3401-panduan-penanganan-abk-bagi-pendamping-_orang-tua-keluarga-dan-masyarakat.pdf


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Martabe : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.