BINA MINAT DAN BAKAT SISWA PADA SMA PRAYATNA KOTA MEDAN

(1) * Indra Muda Mail (Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Unversitas Medan Area, Indonesia)
(2) Shirley Melita Sembiring Mail (Fakultas Psikologi Universitas Medan Area, Indonesia)
(3) Nanang Tomi Sitorus Mail (Hukum Unversitas Medan Area, Indonesia)
*corresponding author

Abstract


Sekolah merupakan lingkungan kedua anak mendapatkan pendidikan setelah lingkungan keluarga. Di sekolah siswa akan mendapat transfer ilmu dari gurunya. Guru memiliki peranan yang sangat strategis untuk mengarahkan perilaku siswa. Pemerintah yang paling berkompoten melakukan tugas tersebut, belum dapat berbuat banyak karena jarang dilakukan test minat dan bakat untuk meningkatkan potensi akademik siswa. Permasalahan mitra adalah tidak mengetahui cara dan metode test minat dan bakat siswa untuk meningkatkan potensi siswa sehingga butuh bantuan pihak lain. Berdasarkan hasil pengabdian bahwa,  dari 20 (dua puluh) jumlah angket yang diberikan kepada siswa yang berisi sejumlah pertanyaan maka ke 20 (dua puluh) angket tersebut dikembalikan kepada tim pengabdi dan diisi oleh para siswa dengan jawaban yang variatif. Untuk mengukur tingkat minat bakat anak didik dari 20 orang murid digunakan teori majemuk yang dikemukakan oleh Howard Gardner. Menurut Howard Gardner, “terdapat 9 (Sembilan) kecerdasan anak atau yang dikenal dengan istilah kecerdasan majemuk.. Berdasarkan teori Howard Gardner, hasil test minat bakat yang dilakukan tim pengabdi kepada 20 orang siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) Prayatna Kota Medan dapat dilihat tabel 2. Kesimpulan yaitu, test minat dan bakat siswa belum pernah dilakukan sebelumnya, untuk kegiatan test minat dan bakat dibutuhkan biaya sehingga orang tua siswa enggan menyanggupinya


Keywords


Bina Minat, Bakat, SMA Prayatna

   

DOI

https://doi.org/10.31604/jpm.v5i5.1856-1864
      

Article metrics

Abstract views : 597 | PDF views : 190

   

Cite

   

Full Text

Download

References


Howar Gardner. 1993, Multiple Intelegence, The Theory in practice A Reader, New York: Basic, Books.

Jeanne Ellis Ormrod (terjemahan) 2008, Psikologi Pendidikan (Membantu siswa tumbuh dan berkembang, Jakarta, Erlangga.

Mochamad Nursalim, 2019, Psikologi Pendidikan, Jakarta, Remaja Rosdakarya.

Seto Mulyadi, Heru Basuki, & Wahyu Rahardjo. 2016, Psikologi Pendidikan (dengan pendekatan teori-teori Baru dalam Psikologi), Jakarta, PT Raja Grafindo Persada.

Syarifah. 2019, Konsep kecerdasan majemuk Howard Gardner, Jurnal Ilmiah Sustanable, Vol. 2 No. 2.

Tito Ananta Darwin-Rasyid. 1997, Tes bakat anda, Jakarta, Pratama,1.

Yuhdrik JahJa. 2011, Psikologi Perkembangan, Jakarta, Prenada Media Group.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Martabe : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.