PENDAMPINGAN PEMANFAATAN DIGITAL PLATFORM UNTUK MENINGKATKAN ADDED VALUE PADA UNIT BISNIS KERAJINAN TANGAN BANK SAMPAH SRIKANDI BERDIKARI DI MASA PANDEMIK

(1) Irpan Ripa'I Sutowo Mail (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta, Indonesia)
(2) * Uljanatunnisa Uljanatunnisa Mail (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta, Indonesia)
(3) Lusia Handayani Mail (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta, Indonesia)
(4) Vina Mahdalena Mail (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta, Indonesia)
*corresponding author

Abstract


Awal tahun 2020 masyarakat dunia dikejutkan dengan Pandemik Virus Corona atau disebut dengan Covid 19, diperkirakan lebih dari dari 215 negara berjuang untuk menghentikan penularan virus ini tidak terkecuali Negara Indonesia. Pandemik ini sangat menimbulkan dampak dari segala sector terutama pada sector usaha yang salah satunya terdampak pada unit kerajinan tangan Bank Sampah Srikandi Berdikari (BSSB) yang berada di Desa Pasarean, Kabupaten Bogor. Berdasarkan hasil asessemen bahwa BSSB memiliki kendala dalam hal pemasaran produk kerajinan tangan baik secara virtual online maupun offline, sehingga dibutuhkan pendampingan yang berkaitan utamanya tentang pemasaran online dengan memanfaatkan platform digital. Melalui kegiatan PKM, tim Abdimas Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta melakukan kegiatan pendampingan pemasaran online dari edukasi hingga mempraktikannya. Adapun Rangkaian kegiatan terdiri dari persiapan dan pelaksanaan kegiatan.


Keywords


Pandemik, Bank Sampah, Pemasaran Online

   

DOI

https://doi.org/10.31604/jpm.v5i6.2121-2129
      

Article metrics

Abstract views : 486 | PDF views : 316

   

Cite

   

Full Text

Download

References


Com, B. (n.d.). Topang UMKM: Bank Sampah Potensial Dikembangkan. 2017. https://ekonomi.bisnis.com/read/20170830/12/685687/topang-umkm-bank-sampah-potensial-dikembangkan

Indika, D. R., & Soleh, C. M. P. (2017). Implementasi Co Creation dalam Pengembangan Produk pada Ritel Butik. 2, 6.

Kontan, com. (n.d.). Kemkop UKM : Bisnis bank sampah capai Rp 18 miliar. 2018. https://lifestyle.kontan.co.id/news/kemkop-ukm-bisnis-bank-sampah-capai-rp-18-miliar

Krisnawati, D. (2018). Peran Perkembangan Teknologi Digital Pada Strategi Pemasaran dan Jalur Distribusi Umkm Di Indonesia. Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana, 6(1). Https://Doi.Org/10.35137/Jmbk.V6i1.175


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Martabe : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.