PENGEMBANGAN AGROPREUNERSHIP DAN DIGITALISASI DALAM UPAYA BRANDING DESA WISATA WONOLOPO

(1) * Meike Amelia Hanifah Mail (Team PHP2D BEM KM Universitas Muhammadiyah Semarang, Indonesia)
(2) Shabrina Mirza Mail (Team PHP2D BEM KM Universitas Muhammadiyah Semarang, Indonesia)
(3) Kholifatul Afwah Mail (Team PHP2D BEM KM Universitas Muhammadiyah Semarang, Indonesia)
(4) Salsabila Rahma Mail (Team PHP2D BEM KM Universitas Muhammadiyah Semarang, Indonesia)
(5) Alfi Widianto Mail (Team PHP2D BEM KM Universitas Muhammadiyah Semarang, Indonesia)
(6) Galih Ratna Mail (Team PHP2D BEM KM Universitas Muhammadiyah Semarang, Indonesia)
(7) Alif Hardika Mail (Team PHP2D BEM KM Universitas Muhammadiyah Semarang, Indonesia)
(8) Jian Janata Mail (Team PHP2D BEM KM Universitas Muhammadiyah Semarang, Indonesia)
(9) Siti Muzdalifah Mail (Team PHP2D BEM KM Universitas Muhammadiyah Semarang, Indonesia)
(10) Ahmad Miftakhul Mail (Team PHP2D BEM KM Universitas Muhammadiyah Semarang, Indonesia)
(11) Tirta Ramadhani Mail (Team PHP2D BEM KM Universitas Muhammadiyah Semarang, Indonesia)
(12) Javier Rayhan Mail (Team PHP2D BEM KM Universitas Muhammadiyah Semarang, Indonesia)
(13) Muhammad Munsarif Mail (Team PHP2D BEM KM Universitas Muhammadiyah Semarang, Indonesia)
*corresponding author

Abstract


Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dalam perekonomian Indonesia mempunyai peran dan potensi yang besar dalam membangun perekonomian sektoral maupun nasional. Pelaku UMKM di Desa Wonolopo, Kecamatan Mijen, Kota Semarang masih menghadapi permasalahan yang terkait kurangnya pengetahuan masyarakat terhadap Digital Marketing strategi. Keterbatasan ini merupakan permasalahan yang penting bagi UMKM dalam mengembangkan usahanya. Sehingga dalam penelitian ini kami akan memaparkan upaya pengembangan branding yang dilakukan kepada masyarakat Desa Wonolopo. Beberapa kegiatan akan dilaksanakan dalam bentuk kegiatan sosialisasi yang rutin setiap minggu. Dalam pelaksanaanya hanya 20 peserta yang dapat mengikuti, sehubungan masih dalam kondisi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat(PPKM) yang terus menerus berkelanjutan. Hasil dari kegiatan ini, diharapkan para peserta yang mengikuti dapat lebih terbuka secara pengetahuan tentang bagaimana cara mempromosikan potensi Desa Wonolopo dengan mengikuti perkembangan zaman.


Keywords


UMKM, Digital Marketing,Desa Wisata

   

DOI

https://doi.org/10.31604/jpm.v5i4.1286-1290
      

Article metrics

Abstract views : 615 | PDF views : 349

   

Cite

   

Full Text

Download

References


Pradana RA. (2016). Analisis program pembangunan desa wonolopo di kota semarang.

https://104162-ID-analisis-program-pembangunan-desa- wisata.pdf

A. Bambang. (2020).Pengembangan UMKM Digital dimasa pandemi Covid19. https://jurnal.plb.ac.id/index.php/atrabis/article/view/512

F.Yessi.M.Samsul.(2017). Manfaat Pengembangan Desa Wisata Wonolopo terhadap Kondisi Sosial, Ekonomi, dan Lingkungan Masyarakat Lokal. http://garuda.ristekdikti.go.id/


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Martabe : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.