PENDAMPINGAN KELOMPOK PELAKU USAHA GULA AREN MELALUI DIVERSIFIKASI PRODUK, DIGITAL MARKETING, DAN LEGALITAS USAHA SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN OMSET PENJUALAN DI TAPANULI SELATAN

(1) * Fitriani Harahap Mail (Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, Indonesia)
(2) Mariyatul Kubtiyah Ritonga Mail (Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, Indonesia)
(3) Sartika Ratih Asmara Nasution Mail (Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, Indonesia)
(4) Hendra Mahmud Siregar Mail (Institut Teknologi dan Sains Nahdlatul Ulama Padangsidimpuan, Indonesia)
*corresponding author

Abstract


Usaha gula aren di Tapanuli Selatan merupakan salah satu potensi unggulan yang memiliki nilai ekonomi tinggi dan merupakan mata pencarian warga. Namun, kelompok pelaku usaha gula aren masih menghadapi berbagai permasalahan seperti keterbatasan variasi produk, minimnya akses pemasaran (marketing) berbasis digital, serta belum lengkapnya legalitas usaha yang dimiliki para pelaku usaha. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas pelaku usaha melalui pendampingan diversifitkasi produk, pelatihan digital marketing, dan fasilitasi pengurusan legalitas usaha. Metode yang digunakan adalah pendampingan, pelatihan, sosialisasi kepada kelompok mitra di Tapanuli Selatan. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan dan keterampilan pelaku usaha dalam memproduksi variasi produk turunan gula aren seperti gula semut, sirup gula merah dan permen gula merah, meningkatnya kemampuan promosi melalui media sosial dan marketplace, serta keberhasilan pengurus sertifikat halal dan Nomor Induk Berusaha (NIB). Dampak nyata terlihat pada peningkatan diversifikasi produk pasca pendampingan.

 

 


Keywords


digital marketing; diversifikasi produk; legalitas usaha

   

DOI

https://doi.org/10.31604/jpm.v8i9.3720-3726
      

Article metrics

Abstract views : 0 | PDF views : 0

   

Cite

   

Full Text

Download

References


Adib, R., & Hardi, E. A. (2025). Pengaruh Sertifikasi Halal, Labelisasi Halal Dan Kesadaran Halal Terhadap Keputusan Pembelian Produk UMKM Pada Mahasiswa FEBI UIN STS Jambi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 9(1), 5411–5420.

Aditya, R., & Rusdianto, R. Y. (2023). Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM. Jurnal Pelayanan Dan Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2(2), 96–102. https://doi.org/10.55606/jppmi.v2i2.38

Akbar, G. R., & Rohman, I. K. (2023). Analysis of the Impact of Halal Certificate on the Performance of Micro and Small Enterprises (SMEs) with the Propensity Score Matching (PSM) Method. Journal of Strategic and Global Studies, 6(1). https://doi.org/10.7454/jsgs.v6i1.1108

Andriani, R., & Aminah, S. (2024). Peran Digital Marketing Dalam Meningkatkan UMKM Di Kelurahan Wonorejo Kota Surabaya. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 5(4), 4498–4503. https://doi.org/10.55338/jpkmn.v5i4.2499

Andriyanto, G. A., & Wibowo, S. N. (2024). Assistance in making NIB through OSS and product packaging design for the development of UMKM in Puncak Village towards a Smart Village. Sinesia : Journal of Community Service, 1(1), 59–77. https://doi.org/10.69836/sinesia-jcs.v1i1.33

BPS Tapanuli Selatan. (2021). Luas Tanaman dan Produksi Aren Tanaman Perkebunan Rakyat menurut Kabupaten/Kota—Tabel Statistik—Badan Pusat Statistik Provinsi Sumatera Utara. https://sumut.bps.go.id/id/statistics-table/2/MjIxIzI=/luas-tanaman-dan-produksi-aren-tanaman-perkebunan-rakyat-menurut-kabupaten-kota.html

Fathoni, L. A., Raodah, P., Wardani, N. K., & Mulyana, S. P. (2025). Legalitas Usaha Sebagai Upaya Perlindungan Hukum Bagi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Di Kawasan Sekitar Geopark Rinjani Desa Sesaot Lombok Barat. Jurnal Fundamental Justice, 6(1), 141–150. https://doi.org/10.30812/fundamental.v6i2.5056

Giyanti, I., & Indriastiningsih, E. (2019). Impact of Halal Certification on The Performance of Food Small Medium Enterprises. Jurnal Ilmiah Teknik Industri, 18(2), 116–123. https://doi.org/10.23917/jiti.v18i2.7242

Hadi, D. F., & Zakiah, K. (2021). Strategi Digital Marketing Bagi UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) untuk Bersaing di Era Pandemi_Strategi Digital Marketing Bagi UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) untuk Bersaing di Era Pandemi. Competitive, 16(1), 32–41. https://doi.org/10.36618/competitive.v16i1.1171

Harahap, P., Rosmayati, Harahap, E. M., Harahap, D. E., & Harahap, F. S. (2018). Eksplorasi dan Identifikasi Tanaman Aren (Arenga pinnata Merr) di Kabupaten Tapanuli Selatan. Jurnal Pertanian Tropik, 5(3), 423–427. https://doi.org/10.32734/jpt.v5i3.3115

Hutagalung, C. S. I. B., & Parhusip, N. A. (2024). Esensial Legalitas Usaha Terhadap Pelaku Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Umkm) Di Kota Semarang. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(12), 98–106. https://doi.org/10.5281/zenodo.12511440

Muntholip, Abd., & Setiawan, N. (2025). Sertifikasi Halal dan Daya Saing UMKM di Indonesia: Studi Systematic Literature Review. Jurnal Manajemen Dan Akuntansi Medan, 7(1), 26–38. https://doi.org/10.47709/jumansi.v7i1.5257

Purbaningsih, Y., Helviani, Rahim, A., Sagista, A., & F, R. A. (2024). PEMBERDAYAAN DAN Peningkatan Ekonomi Keluarga Pada Kelompok Wanita Tani Harum Sari Melalui Diversifikasi Produk Olahan Gula Aren Di Kelurahan Polinggona Kecamatan Polinggona Kabupaten Kolaka. Jurnal Abditani, 7(2), 196–202. https://doi.org/10.31970/abditani.v7i2.361

Purwana, D., Rahmi, R., & Aditya, S. (2017). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 1–17. https://doi.org/10.21009/JPMM.001.1.01

Ratnayani, R., Wahyu, S., Riyadi, S. A., & Agestika, L. (2023). Peningkatan Produksi, Diversifikasi dan Pengemasan Produk Pada UMKM Gula Aren di Cianjur Jawa Barat. Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming, 6(1), 53–61. https://doi.org/10.30591/japhb.v6i1.4380

Romy Nugraha, Sumartan, Suriadi, Haswandi, & Jumahida. (2025). Penguatan UMKM Gula Aren Desa Maddenra Melalui Product diversification dan digital marketing. Jurnal Abdimas Mandiri, 9(1), 61–69. https://doi.org/10.36982/jam.v9i1.4924


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Martabe : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.