PENERAPAN METODE TRANSFORMATIF DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI DIGITALISASI FASILITATOR PROGRAM KESETARAAN PAKET C DI PKBM AZ-ZAHRA

(1) * Qorina Auliya Rahmah Mail (Universitas Negeri Surabaya, Indonesia)
(2) Helenda Eka Fajariyah Mail (Universitas Negeri Surabaya, Indonesia)
(3) Crisca Revalinda Ike’istamaroh Mail (Universitas Negeri Surabaya, Indonesia)
(4) Arientha Libby Purnama Mail (Universitas Negeri Surabaya, Indonesia)
(5) Amelia Eka Nur Kumalasari Mail (Universitas Negeri Surabaya, Indonesia)
(6) Heryanto Susilo Mail (Universitas Negeri Surabaya, Indonesia)
*corresponding author

Abstract


Penelitian ini mengkaji transformasi kompetensi digital fasilitator di PKBM Az-Zahra, yang merupakan bagian dari proses pembelajaran transformatif. Terjadi peningkatan signifikasi dalam pengetahuan, keterampilan, dan sikap mereka terhadap teknologi. Tujuan penelitian ini memberikan gambaran konkret mengenai peningkatan kompetensi digital fasilitator melalui metode transformatif. Penelitian ini mengambil pendekatan kualitatif deskriptif, yang mencakup pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi terhadap pengelola dan pengajar program kesetaraan Paket C. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fasilitator masih membutuhkan dukungan berkelanjutan seperti pelatihan rutin, akses teknologi memadai, dan kebijakan institusional. Keterbatasan usia dan ketergantungan pada LKS menjadi tantangan utama dalam adopsi teknologi. Penelitian ini diharapkan menjadi bentuk acuan evaluasi bagi PKBM Az-Zahra dalam meningkatkan kualitas layanan.


Keywords


Transformatif, Fasilitator, Pendidikan nonformal.

   

DOI

https://doi.org/10.31604/jpm.v8i9.%25p
      

Article metrics

Abstract views : 0 | PDF views : 0

   

Cite

   

Full Text

Download

References


A Global Framework of Reference on Digital Literacy Skills for Indicator 4.4.2. (2018). http://www.uis.unesco.org

Ahmad, Busyairi, and Hamjah Bonso. 2020. “Peran Lembaga Pendidikan Nonformal Dalam Menangani Kemiskinan Di Era Milenial (Studi Kasus Loka Latihan Kerja Ukm Kabupaten Biak Numfor).” Jurnal Nalar Pendidikan 8(2):114. doi: 10.26858/jnp.v8i2.15519.

BAB II LANDASAN TEORI 2.1 Kompetensi 2.1.1 Pengertian Kompetensi. (n.d.).

Book Chapter. (n.d.).

Denny Pratama, L., & Lestari, W. (2020). PENGARUH PELATIHAN TERHADAP KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU MATEMATIKA. 04(01), 278–285.

EJ864437 (1). (n.d.).

Falaq, Y., Achmad Putri, N., Sholeh, M., & Budi Utomo, C. (2022). TEORI PEMBELAJARAN TRANSFORMATIF PADA PENDIDIKAN IPS. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/harmony

Fitriana, E., Ridlwan, M. K., Raya, P., Sayyid, U., & Rahmatullah, A. (n.d.-a). PEMBELAJARAN TRANSFORMATIF BERBASIS LITERASI DAN NUMERASI DI SEKOLAH DASAR.

Fitriana, E., Ridlwan, M. K., Raya, P., Sayyid, U., & Rahmatullah, A. (n.d.-b). PEMBELAJARAN TRANSFORMATIF BERBASIS LITERASI DAN NUMERASI DI SEKOLAH DASAR.

Hal 75-87 Peningkatan Kompetensi Guru dalam Pemanfaatan Media Digital Berbasis Canva melalui In-house Training di Sekolah Dasar Increasing Teachers’ Competence in Using Canva-based Digital Media through In-house Training in Elementary Schools. (n.d.).

Ilmu Pemerintahan Suara Khatulistiwa Akreditasi Jurnal Nasional Sinta, J., Jenerson Patonengan, A., & Patonengan, J. (2021). PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA MELALUI PENINGKATAN KOMPETENSI PEGAWAI NEGERI SIPIL PADA BADAN KEPEGAWAIAN DAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA KABUPATEN KEPULAUAN SIAU TAGULANDANG BIARO PROVINSI SULAWESI UTARA. 02.

Istata Raharjo, S., Joko Prayitno, A., Setiyaningtiyas, N., & Tinggi Pastoral Kateketik Santo Fransiskus Asisi Semarang, S. (2023). Pemberdayaan Pemandu Lingkungan melalui Workshop Persiapan Katekese: Implementasi Model Pembelajaran Transformatif di Paroki Santo Krisologus BSB Semarang Empowering Community Facilitators through Catechetical Preparation Workshop: Implementation of Transformative Learning Model at Santo Krisologus BSB Parish Semarang". 1(6), 181–190. https://doi.org/10.61132/ardhi.v1i6.798

Legi, H., Riwu, M., Hermanugerah, P., Tinggi, S., & Kristen, A. (2023). Pembelajaran Transformatif Kurikulum Merdeka di Era Digital. In Journal Education Innovation E-ISSN (Vol. 1, Issue 1). https://jurnal.ypkpasid.org/index.php/jei

Mezirow, J. (2006). Contemporary Theories of Learning: Learning theorists … in their own words.

Musjtari, D. N., Hamsin, M. K., & Nurmawati, N. (2021a). PENINGKATAN KOMPETENSI FASILITATOR DALAM MEWUJUDKAN DESA MUNTUK SEBAGAI DESA WISATA DAN BERBUDAYA. Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat. https://doi.org/10.18196/ppm.36.317

Musjtari, D. N., Hamsin, M. K., & Nurmawati, N. (2021b). PENINGKATAN KOMPETENSI FASILITATOR DALAM MEWUJUDKAN DESA MUNTUK SEBAGAI DESA WISATA DAN BERBUDAYA. Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat. https://doi.org/10.18196/ppm.36.317

Nahdi, D. S., Rasyid, A., & Cahyaningsih, U. (2020a). MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU MELALUI PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 76–81. https://doi.org/10.31949/jb.v1i2.234

Nahdi, D. S., Rasyid, A., & Cahyaningsih, U. (2020b). MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU MELALUI PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 76–81. https://doi.org/10.31949/jb.v1i2.234

Pembelajaran, M., & Memberdayakan, Y. (n.d.). PEMBELAJARAN TRANSFORMATIF.

Pendidikan, J., & Konseling, D. (2021). Senior Church Member PENDAHULUAN Pandemi Covid-19 Berdampak Besar Pada Seluruh Aspek Kehidupan Manusia. Laporan Who Menyebutkan Bahwa Lebih Dari 650 Juta Orang Telah Terkonfirmasi Positif Covid-19 Dan Lebih Dari 6,6 Juta Orang Meninggal Dunia (Who, 2022). Et.Al, 5.

Pendidikan, J. M., Hariyati, N., & Pd, M. (n.d.). Keefektifan Program Pengembangan Kompetensi Fasilitator Melalui Training Of Trainer Dasar KEEFEKTIFAN PROGRAM PENGEMBANGAN KOMPETENSI FASILITATOR MELALUI TRAINING OF TRAINER DASAR PENDIDIK PAUD DI BP-PAUDNI REGIONAL II SURABAYA Ulil Ayufril.

Pendidikan, J., Pengabdian Kepada Masyarakat, D., Syaadah, R., Hady, M., Ary, A. A., Silitonga, N., & Rangkuty, S. F. (n.d.-a). Tahun 2022 | Hal. 2(2), 125–131. https://jurnal.permapendis-sumut.org/index.php/pema

Pendidikan, J., Pengabdian Kepada Masyarakat, D., Syaadah, R., Hady, M., Ary, A. A., Silitonga, N., & Rangkuty, S. F. (n.d.-b). Tahun 2022 | Hal. 2(2), 125–131. https://jurnal.permapendis-sumut.org/index.php/pema

Pijayanti, E., Rosmilawati, I., Ganiadi, M., Pendidikan, J., Formal, N., Keguruan, F., Pendidikan, I., & Raya, J. C. (2023). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Non Formal 200 Perubahan Pola Pikir dan Perilaku Warga Belajar Paket C sebagai Hasil Pembelajaran Transformatif di PKBM Cipta Cendekia Kota Tangerang. 1. http://ejournal.untirta.ac.id/SNPNF

Puspito, G. W., Swandari, T., & Rokhman, M. (2021). Chalim Journal of Teaching and Learning e-ISSN: On Process Volume Manajemen Strategi Pengembangan Pendidikan Non Formal. https://doi.org/10.31538

Rimbarizki, R., Susilo, H., & Pd, M. (n.d.). Penerapan Pembelajaran Daring Kombinasi Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. http://edupost.id

Rosmilawati, I., Pendidikan, J., Sekolah, L., Keguruan, F., Pendidikan, I., Sultan, U., & Tirtayasa, A. (n.d.-a). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP.

Rosmilawati, I., Pendidikan, J., Sekolah, L., Keguruan, F., Pendidikan, I., Sultan, U., & Tirtayasa, A. (n.d.-b). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP.

Sahara, S., Azwar, S. A., & Andini, R. A. (2023). Pelatihan Fasilitator Pembelajaran Digital sebagai Upaya Pembelajaran Era Revolusi 4.0 di SMK Yapinuh, Provinsi Jawa Barat. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 3(1), 243–254. https://doi.org/10.54082/jamsi.629

SMP Negeri, K., & Tasikmalaya Jalan Babakan Siliwangi nomor, K. (n.d.). PENINGKATAN PARTISIPASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN PPKN MELALUI PENERAPAN MODEL TAKE AND GIVE.

Syaparuddin dan Elihami. 2020.“Peranan Pendidikan Nonformal Dan Sarana Pendidikan Moral.”Jurnal Edukasi Nonformal 1(1):173–86.

Suci Anita, A., Amani, M., Hafiz, A., & Gandhi, M. (n.d.-a). PELATIHAN MS. OFFICE WARGA KELURAHAN PENGEMBANGAN PESERTA PROGRAM PAKET C PKBM AZ ZAHRA KOTA BANJARMASIN.

Suci Anita, A., Amani, M., Hafiz, A., & Gandhi, M. (n.d.-b). PELATIHAN MS. OFFICE WARGA KELURAHAN PENGEMBANGAN PESERTA PROGRAM PAKET C PKBM AZ ZAHRA KOTA BANJARMASIN.

Tohani, E. (2022). Pengembangan Kapasitas Inovasi Pengelola Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Melalui Pembelajaran Transformatif. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(1), 425. https://doi.org/10.37905/aksara.8.1.425-436.2022

Verawati, U. J., Alifa, Y. D. N., Millah, Z., & Nissa, Z. K. (2023). Implementasi Pembelajaran E-Learning Sebagai Transformasi Pendidikan di Era Digital. Social Science Academic, 1(2), 221–228. https://doi.org/10.37680/ssa.v1i2.3532

Yuliasari, I., & Ayuna, N. E. (n.d.). Pengaruh Kompetensi Komunikasi dan Kompetensi Profesional terhadap Mutu Pembelajaran Berbasis Teknologi Komunikasi Dig


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Martabe : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.