PENGUATAN PEMBELAJARAN SEJARAH ISLAM MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DAN MEDIA PENDIDIKAN: OPTIMALKAN PERAN SISWA MBKM DALAM PENGABDIAN GURU

(1) * Adisti Aulia Sudrajat Mail (Universitas Islam Negeri Palangka Raya, Indonesia)
(2) Muhammad Redha Anshari Mail (Universitas Islam Negeri Palangka Raya, Indonesia)
(3) Sakdiah Sakdiah Mail (MAN Kota Palangka Raya, Indonesia)
*corresponding author

Abstract


Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam masih menghadapi banyak tantangan. Salah satunya adalah metode pengajaran yang monoton dan tradisional, yang menyebabkan rendahnya minat siswa dan, akibatnya, berdampak negatif pada hasil belajar siswa. Lebih lanjut, kurangnya media pendukung berkontribusi pada kurangnya pemahaman dan motivasi siswa untuk mempelajari mata pelajaran tersebut. Mempelajari sejarah budaya Islam sangat penting, terutama karena nilai-nilai pembentukan karakternya. Oleh karena itu, Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini bertujuan untuk mengatasi tantangan umum ini dan menawarkan solusi melalui penerapan metode Pembelajaran Berbasis Proyek (PJBL). Pengabdian kepada masyarakat ini juga akan menggabungkan media pendidikan. Lebih lanjut, ini akan menekankan optimalisasi peran mahasiswa Kampus Merdeka Belajar (MBKM) dalam praktik mereka sebagai guru sejarah budaya Islam di sekolah. Pengabdian kepada masyarakat akan menggunakan metode kualitatif deskriptif. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini dilakukan melalui pelatihan dan bimbingan langsung dalam pembelajaran ski untuk menghasilkan hasil proyek yang dapat menggunakan aplikasi CapCut, Canva, permainan edukatif, situs web dan bantuan media atau bahan ajar lainnya yang relatif mudah digunakan. Dan hasil proyek tersebut dapat disebarluaskan di depan kelas, lingkungan sekolah atau saling belajar di antara masyarakat atau di masa mendatang. Hasil pengabdian kepada masyarakat ini menunjukkan bahwa metode pembelajaran PJBL dan kombinasi media pendidikan dapat menjadi solusi yang berguna untuk mengatasi tantangan tersebut. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa peran mahasiswa MBKM dapat membawa perubahan pada proses pembelajaran, menjadi lebih aktif, kreatif, dan kontekstual.


Keywords


Sejarah Kebudayaan Islam, Pembelajaran Berbasis Proyek, Media Pembelajaran, MBKM.

   

DOI

https://doi.org/10.31604/jpm.v8i11.4224-4239
      

Article metrics

Abstract views : 0 | PDF views : 0

   

Cite

   

Full Text

Download

References


Afifah, A. L., Aryanto, F., Julaeha, E., & Pujianti, E. (2025). Implementasi Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Penguasaan Materi Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Hidayatul Mubtadiin Tahun Pelajaran 2025/2026. Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Riset Pendidikan, 3(4), 539–543. https://doi.org/10.31004/jerkin.v3i4.460

Alimasdar, M. Nanda, and Muh Nur Rochim Maksum. "Development of Islamic Cultural History Learning Strategies at MTs Muhammadiyah Sangen." Electronic Journal of Education, Social Economics and Technology 6.1 (2025): 245-249.

Anwar, S., & Jasiah, J. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Game Educaplay untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa pada Mata Pelajaran SKI di MTS Muslimat NU Palangka Raya. Jurnal Budi Pekerti Agama Islam, 3(1). https://doi.org/10.61132/jbpai.v3i1.913

As’ari, A. H., Rofi’ah, N., & Nursikin, M. (2023). Project Based Learning dalam Pendidikan Agama Islam (PAI). Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan dan Sosial Humaniora, 2(4), 178–189. doi:10.55606/khatulistiwa.v2i4.963

Azizah, N. L., & Wulandari, M. S. (2023). Efektivitas Project-Based Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Aliyah. Jurnal Pendidikan Agama Islam Indonesia, 5(1), 65–78. https://doi.org/10.31227/osf.io/8xmdk

Faozan, A., Jamal, M. Y. S., & Arifin, B. S. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Project-Based Learning dalam Pelajaran Agama Islam. Tafkir: Interdisciplinary Journal of Islamic Education, 4(2), 241–254. https://doi.org/10.31538/tijie.v4i2.400

Fawaas, M. A. H. Al, Mustofa, Z. & Daryono, R. W. (2024). Efektivitas CTL dan PjBL terhadap Hasil Belajar. IJORER: International Journal of Recent Educational Research, 5(4), 1040–1053. https://doi.org/10.46245/ijorer.v5i4.635

Hamsar, I. (2023). Peningkatan Kreativitas Mahasiswa Melalui PjBL. Jurnal MediaTIK, 6(1), 54. https://doi.org/10.26858/jmtik.v6i1.46568

Hidayat, A. R., Supendi, D. & Wulandari, D. (2024). Influence of PjBL on PAI Understanding in SD Plus Mutiara Insani Purwakarta. IJGIE, 5(1). https://doi.org/10.37567/ijgie.v5i1.2483

Husna, H., Zurah, S., Zahra, B., et al. (2023). Pembelajaran Berbasis Project dengan Integrasi PAI dan Pendidikan Sepanjang Hayat. Jumat Keagamaan, 4(3), 158–164.

Jasiah & Hasanah, A. I. (2024). Pengembangan E?Modul Pembelajaran PAI tentang Bab Pernikahan dalam Islam untuk siswa Kelas XII di SMA NU Palangka Raya. At-Tarbiyah: Jurnal Penelitian dan Pendidikan Agama Islam, (2).

Joyce, B., Weil, M., & Calhoun, E. (2009). Models of Teaching (8th ed.). Boston: Allyn & Bacon.

Kamilah, S. N., Al Fandry, F. U., Kumara, F. R., Pahriadi, M., & Mulyana, A. (2024). Efektivitas Project Based Learning terhadap Hasil Belajar PAI sebagai Implementasi Kurikulum Merdeka di SMAN 35 Jakarta. Islamic Learning Horizons: Journal of Islamic Education, 1(1), 11–20. https://doi.org/10.56248/ilhjie.v1i1.2

Khansa, E. A., Pahrudin, A., Jatmiko, A., Sufian, M., & Azad, I. (2024). Model Pembelajaran Terpadu (Integrated Learning Model) dalam Pendidikan Agama Islam di SMP Islam (bersifat internasional Asia Tenggara). Southeast Asian Journal of Islamic Education, 7(2), 69–85. https://doi.org/10.21093/sajie.v7i2.9356

Khasanah, L. N., Maksum, M. N. R., & Zahid, N. N. B. (2025). Pelaksanaan Project-Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi di Sekolah Menengan Atas. Suhuf: International Journal of Islamic Studies, 37(1). DOI: 10.23917/suhuf.v37i1.10189

Khoir, Q. (2024). Project-Based Learning dalam Mata Pelajaran PAI untuk Meningkatkan Kolaborasi dan Kreativitas Siswa.

Komala, E., Priatna, T., Haryanti, E., & Maslani, M. (2025). Implementation of a Literacy?Based Project?Based Learning (PjBL) Model in Islamic Education and Character Education to Foster Students’ Moderate Attitudes. International Journal of Humanities Education and Social Sciences, 4(5), 1–14. DOI: 10.55227/ijhess.v4i5.1478.

Laga, Y., et al. (2021). Persepsi Mahasiswa terhadap Kebijakan MBKM. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 699–706. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.1951

Latif, M. & Muharam, M. (2021). Analisis Persepsi Civitas terhadap MBKM dalam Era Ind 5.0. Jurnal Kependidikan, 6(3), 365. https://doi.org/10.33394/jk.v6i3.2913

Manesa, Sion, H., Debora, Nyoto, Nugroho, P. J., Hartani, Anggriani, Y., & Yulianti, I. (2024). Pelatihan Penerapan Model PBL dan PjBL bagi Guru Sekolah Dasar Negeri di Kota Palangka Raya. Pengabdian Kampus: Jurnal Informasi Kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat, 11(2), 183–189. https://doi.org/10.52850/jpmupr.v11i2.16912

Mazrur, M., & Surawan, S. (2023). Online Learning: Analisis Terhadap Motivasi Pembelajaran PAI. Anterior Jurnal, 22(3). https://doi.org/10.33084/anterior.v22i3.5553

Muthaharoh, N. R., Malisi, M. A. S., & Gofur, A. (2025). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa pada Mata Pelajaran PAI di SMAN 2 Palangka Raya. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(2), 2082–2088. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i2.6949

Najah, T. S., Hidayati, N., Sya’bani, M. A. Y., Espihani, R., & Musthafa, A. I. (2025). Literature Review: Manajemen Peserta Didik di Lembaga Pendidikan Islam (kajian oleh dosen & mahasiswa IAIN Palangka Raya). Sagita Academia Journal, 3(2), 38–46.

Nasihudin. (2023). Penerapan Model Project Based Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Misi dan Strategi Dakwah Rasulullah SAW (SKI). Al?Mihnah: Jurnal Pendidikan Islam dan Keguruan.

Nastiti, L. R. (2018). Hasil belajar pada siswa sekolah menengah di Palangka Raya menggunakan pendekatan Saintifik dan PjBL. Kappa Journal, 2(1). https://doi.org/10.29408/kpj.v2i1.759

Nuralimah, S., Maulana, M. A., & Yang, P. (2025). Implementasi Project?Based Learning untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dalam PAI. Bulletin of Social Studies and Community Development, 3(2), 72–83. DOI: 10.61436/bsscd/v3i2.pp72?83.

Pratama Makahenggeng, A. (2024). Penggunaan Metode PjBL dalam Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah Kebudayaan Islam (Materi Bani Umayyah Damaskus). Al?Mihnah, ejournal.iaingorontalo.ac.id

Rani, H. (2021). Penerapan Metode Project Based Learning pada Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dalam Meningkatkan Motivasi Belajar. Jurnal Pendidikan Refleksi, 10(2), 95–102.

Rehani, A. & Mustofa, T. A. (2023). Implementasi Project Based Learning dalam Meningkatkan Pola Pikir Kritis Siswa. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 12(4), 487–496. https://doi.org/10.58230/27454312.273

Rizal, S., & Qudratullah, I. (2024). Strategi Pembelajaran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Kurikulum Merdeka untuk Menghadapi Tantangan Globalisasi (kelas VII SMP Negeri 2 Batukliang). Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam dan Isu-Isu Sosial, 22(2), 87–102. https://doi.org/10.37216/tadib.v22i2.185

Rusman. (2013). Model?Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada. Referensi umum tentang model pembelajaran dalam konteks guru SKI

Safitri, L., Najah, T. S., & Hidayati, N. (2025). Penerapan Model Project Based Learning (PjBL) Pada Mata Pelajaran PAI di SMP Negeri 2 Palangka Raya: Analisis enam tahap implementasi. TARLIM: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 8(1), 67–82. https://doi.org/10.32528/tarlim.v8i1.2966

Santosa, Prasetyo Z. (2020). Tantangan Implementasi Pembelajaran Berbasis Proyek pada Sekolah Dasar: Perspektif Guru dan Siswa. Jurnal Pendidikan Dasar, 15(1), 45–58. Sering digunakan untuk pembahasan implementasi

Setiawan, I. (2024). Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam melalui Metode Project-Based Learning di SMA Islam Al-Azhar. An Najah: Jurnal Pendidikan Islam dan Sosial Keagamaan, 3(2).

Setiawati, D. T., Halimah, S. & Budiyanti, Y. (2024). Pengaruh PjBL dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar PAI. Research & Development Journal of Education, 10(1), 169. https://doi.org/10.30998/rdje.v9i2.21144

Saputra, H. (2023). Inovasi Pembelajaran Al-Islam dan Kemuhammadiyahan Berbasis Merdeka Belajar Kampus Merdeka Untuk Peningkatan Soft Skill Mahasiswa di Unismuh Makassar. Tarlim: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 6(2), 193-202.

Surawan, S., & Asyifana DLT, S. (2022). Implementasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam untuk mencegah insecurity pada siswa SMAN 1 Palangka Raya. Kuttab: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 6(2), 260–269. https://doi.org/10.30736/ktb.v6i2.1145

Taylor, J. (2017). Study on the Best Uses of Technology in Support of Project?Based Learning. ArXiv pre?print. Menganalisis bagaimana teknologi (seperti media edukatif digital) dapat mendukung PJBL secara aktif..


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Martabe : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.