PENINGKATAN KOMPETENSI DIGITAL GURU MELALUI PELATIHAN KODING DAN KECERDASAN ARTIFISIAL BERBASIS DEEP LEARNING DI SMAN 2 KALIANDA

(1) * Dewi Kania Widyawati Mail (Negeri Lampung, Indonesia)
(2) Oki Arifin Mail (Politeknik Negeri Lampung, Indonesia)
(3) Rima Maulini Mail (Politeknik Negeri Lampung, Indonesia)
(4) Zuriati Zuriati Mail (Politeknik Negeri Lampung, Indonesia)
(5) Dwirgo Sahlinal Mail (Politeknik Negeri Lampung, Indonesia)
(6) Yoga Pratama Mail (Politeknik Negeri Lampung, Indonesia)
(7) I Komang Ari Wijaya Saputra Mail (Politeknik Negeri Lampung, Indonesia)
(8) Amanda Bulan Nayla Mail (Politeknik Negeri Lampung, Indonesia)
*corresponding author

Abstract


Implementasi Kurikulum Merdeka di SMAN 2 Kalianda memerlukan pendekatan inovatif seperti pembelajaran mendalam (Deep Learning) yang berfokus pada tiga pilar yaitu pembelajaran sadar (Mindful Learning) menyesuaikan materi dengan kebutuhan siswa dan mendorong fokus penuh,  pembelajaran bermakna (Meaningful Learning) melatih berpikir kritis dan mengaitkan konsep dengan kehidupan nyata, serta pembelajaran menyenangkan (Joyful Learning) menciptakan pengalaman belajar yang interaktif dan memotivasi. Namun, pengintegrasian teknologi seperti pemrograman Python dan kecerdasan artifisial masih terhambat oleh keterbatasan kompetensi guru. Program pengabdian ini bertujuan untuk melatih guru dalam penguasaan koding, kecerdasan artifisial, membimbing pendidik merancang modul berbasis proyek, serta mengembangkan bahan ajar digital yang sesuai dengan Kurikulum Merdeka. Pengabdian ini dilaksanakan melalui pendekatan partisipatif kolaboratif yang melibatkan mitra secara aktif. Metode pelaksanaan melalui lima tahapan yaitu sosialisasi, pelatihan, penerapan teknologi, pendampingan dan evaluasi, serta keberlanjutan program. Peserta dilatih untuk memahami algoritma pemrograman, pemrograman Python, pembuatan model AI sederhana, dan bahan ajar digital melalui Learning Management System (LMS) sekolah. Pelatihan dan evaluasi berbasis pre-test dan post-test menunjukkan hasil peningkatan signifikan dalam pemahaman peserta dengan rata-rata nilai sebesar 64,88 menjadi 96,63 dan N-gain score sebesar 91,36%. Hal ini menunjukkan efektivitas program dalam meningkatkan pengetahuan peserta tentang koding dan kecerdasan artifisial.


Keywords


Deep Learning, Kecerdasan Artifisial, Koding

   

DOI

https://doi.org/10.31604/jpm.v8i11.4100-4108
      

Article metrics

Abstract views : 0 | PDF views : 0

   

Cite

   

Full Text

Download

References


Amini, R., & Fitria, Y. (2019). The Development of Performance Assessment Based on Integrated Model on Static Electrical in Elementry School. Journal of Physics: Conference Series, 1317(1), 1–7. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1317/1/012167

Handayuni, D., & Zainil, M. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Smart Apps Creator pada Materi Perkalian dan Pembagian Bilangan Desimal di Sekolah Dasar. E-Jurnal Inovasi Pembelajaran Sekolah Dasar (e-JIPSD), 11(1), 2023. http://dx.doi.org/10.24036/e-jipsd.v11i1

Jafar, J., Muadyah, A. A., Akbar, A., & Yusran, F. (2025). Workshop Merancang Modul Ajar dengan Pendekatan Pembelajaran Mendalam ( Deep Learning ) Menggunakan AI pada Guru Biologi SMA / MA Kota Parepare Jurnal Pengabdian Nasional ( JPN ) Indonesia. Jurnal Pengabdian Nasional (JPN) Indonesia, 6(2), 406–416. https://doi.org/https://doi.org/10.35870/jpni.v6i2.1408

Khotimah, D. K., & Abdan, M. R. (2025). Analisis Pendekatan Deep Learning untuk Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran PAI di SMKN Pringkuku. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 5(2), 866–879. https://doi.org/10.53299/jppi.v5i2.1466

Mustaghfirin, U. A., & Zaman, B. (2025). Tinjauan Pendekatan Pembelajaran Mendalam Kemdikdasmen Perspektif Pendidikan Islam. Journal of Instructional and Development Researches, 5(1), 75–85. https://doi.org/10.53621/jider.v5i1.476

Ripandi, A. J. (2023). Hakikat Kurikulum dalam Pendidikan. Jurnal Al Wahyu, 1(2), 123–133. https://doi.org/10.62214/jayu.v1i2.129

Suwandi, Putri, R., & Sulastri. (2024). Inovasi Pendidikan dengan Menggunakan Model Deep Learning di Indonesia. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Dan Politik, 2(2), 69–77. https://doi.org/10.61476/186hvh28

Wahono, T. (2022). Penguatan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Agama Hindu Pada Sistem Pembelajaran Blok Implementasi Merdeka Belajar. WIDYA AKSARA Jurnal Agama Hindu, 27(2), 175–183. https://doi.org/https://doi.org/10.54714/widyaaksara.v27i2.189


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Martabe : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.