(2) Trikinasih Handayani
*corresponding author
AbstractKegiatan Training of Trainers (ToT) Kompetensi Guru Profesional Abad 21 diselenggarakan sebagai upaya strategis untuk meningkatkan kapasitas dan kualitas guru dalam menghadapi tantangan pendidikan masa kini. Fokus utama pelatihan ini adalah penguatan kompetensi profesional guru yang mencakup penguasaan materi, pedagogi, integrasi teknologi, serta pengembangan karakter dan soft skills. Dengan mengacu pada kebutuhan keterampilan abad 21 seperti berpikir kritis, kreativitas, kolaborasi, komunikasi, dan literasi digital, ToT ini bertujuan menciptakan guru yang adaptif, inovatif, dan berdaya saing tinggi. Melalui pendekatan partisipatif, berbasis praktik, serta pendampingan berkelanjutan, para peserta dilatih untuk menjadi fasilitator pembelajaran yang efektif sekaligus agen perubahan di lingkungan sekolah masing-masing. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman konsep, kemampuan praktik, dan kesiapan peserta dalam menerapkan kompetensi abad 21 secara nyata di kelas. Dengan demikian, ToT ini menjadi fondasi penting dalam mewujudkan guru profesional yang berkualitas dan relevan dengan tuntutan zaman. KeywordsTraining of Trainers (ToT); Professional Teacher Competence; 21st Century; Quality Teachers
|
DOIhttps://doi.org/10.31604/jpm.v8i11.4143-4148 |
Article metricsAbstract views : 0 | PDF views : 0 |
Cite |
Full Text Download
|
References
Boeren, E. (2019). Understanding Sustainable Development Goal (SDG) 4 on “quality education” from micro, meso and macro perspectives. International Review of Education, 65(2), 277–294. https://doi.org/10.1007/s11159-019-09772-7
Boka, L. K., Mbuik, H. B., Tanggur, F. S., & Nahak, K. E. N. (2024). Pengaruh Kompetensi Profesional Guru terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPAS Kelas V SDK St. Yoseph 4 Naikoten Kupang. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 4(2), 673–685. https://doi.org/10.53299/jppi.v4i2.562
Ginting, T. G. (2024). Forming a Solid Foundation: The Role of Early Childhood Education in Character Development. Solo Universal Journal of Islamic Education and Multiculturalism, 2(01), 71–82. https://doi.org/10.61455/sujiem.v2i01.148
Hamami, T., & Nuryana, Z. (2022). A holistic–integrative approach of the Muhammadiyah education system in Indonesia. HTS Teologiese Studies / Theological Studies, 78(4). https://doi.org/10.4102/hts.v78i4.7607
Hassan, G. M. (2023). Technology and the transformation of educational praktices: a future perspective. International Journal of Economic, Business, Accounting, Agriculture Management and Sharia Administration, 1. https://doi.org/https://doi.org/10.54443/ijebas.v3i1.1136
Kholis, N., Suripto, S., Mufidah, N., & Munardji, M. (2022). Implementation of Muhammadiyah Values in School Dynamics. KnE Social Sciences, 113–123. https://doi.org/10.18502/kss.v7i10.11214
Munawri, Astutik, W., & Hasan, M. Z. (2025). Kompetensi profesional guru sekolah swasta: mengidentifikasi tantangan dan merumuskan solusi. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesi, 4, 622–627. https://jpion.org/index.php/jpi622Situswebjurnal:https://jpion.org/index.php/jpi
Nazar, R., Chaudhry, I. S., Ali, S., & Faheem, M. (2018). Role of quality education for sustainable development goals (SDGS). PEOPLE: International Journal of Social Sciences, 4(2), 486–501. https://doi.org/10.20319/pijss.2018.42.486501
Tavares, M. C., Azevedo, G., & Marques, R. P. (2022). The Challenges and Opportunities of Era 5.0 for a More Humanistic and Sustainable Society—A Literature Review. In Societies (Vol. 12, Issue 6). MDPI. https://doi.org/10.3390/soc12060149
Ulfadilah, I., Darmiyanti, A., & Munafiah, N. (2023). Pengembangan kompetensi profesionalisme guru dalam peningkatan mutu pendidikan dan pembelajaran. JEA (Jurnal Edukasi AUD), 8(2), 169. https://doi.org/10.18592/jea.v8i2.7735
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Martabe : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.






Download