(2) Setianingsih Setianingsih
(3) Amanda Galuh Putri R
(4) Yunita Saputri
*corresponding author
AbstractIndonesia berada pada kawasan Cincin Api Pasifik sehingga rawan terhadap bencana letusan gunung api. Kecamatan Kemalang di Kabupaten Klaten merupakan daerah rawan karena berdekatan langsung dengan Gunung Merapi. Edukasi mitigasi bencana sejak dini sangat penting untuk mengurangi risiko dan dampak pada kelompok rentan, termasuk anak-anak. Kegiatan pengabdian dilakukan kepada 60 anak usia dini di TK Pertiwi Pucang, Kemalang, Klaten menggunakan media edukasi berupa video interaktif. Pengetahuan anak-anak dievaluasi melalui pre-test dan post-test. Data dianalisis secara deskriptif. Hasil PKM didapatkan skor rata-rata pre-test sebesar 25 meningkat menjadi 92 pada post-test. Analisis karakteristik responden menunjukkan peningkatan pengetahuan terjadi pada seluruh kelompok usia dan jenis kelamin, dengan pengaruh signifikan dari media edukatif yang digunakan. Anak usia lebih muda menunjukkan peningkatan signifikan meskipun memiliki pengetahuan awal yang lebih rendah. Video interaktif terbukti efektif dan menarik untuk digunakan dalam edukasi mitigasi bencana pada anak usia dini. Kesimpulannya yaitu edukasi menggunakan video interaktif efektif meningkatkan pengetahuan mitigasi bencana letusan gunung berapi pada anak-anak. Perlu pengembangan konten untuk item yang belum dipahami anak secara optimal. Keywordsedukasi mitigasi, media video interaktif, tanggap erupsi
|
DOIhttps://doi.org/10.31604/jpm.v8i11.4073-4078 |
Article metricsAbstract views : 0 | PDF views : 0 |
Cite |
Full Text Download
|
References
Abdurrasyid, Darmawan, D. F., Juferta, F. F., Arare, K., Parangin-Angin, M., & Situmorang, R. A. (2023). Menjadi Relawan Kesehatan pada Bencana Gempa Bumi Cianjur. E-DIMAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 14(1), 188–194. file:///D:/TUGAS JANUARI 2024/SITTI/14481-46316-1-PB.pdf
Anggalih, N. N., Catya, K., & Ardani, M. W. (2025). Interactive Books : A Design Approach for Enhancing the Disaster Mitigation Awareness of Preschool-Age Children Buku Interaktif : Pendekatan Desain untuk Meningkatkan Kesadaran Mitigasi Bencana Climate change , ecosystem deterioration , and other related . 24(1), 92–108.
Aryuni, M. (2023). POST-TRAUMATIC STRESS DISORDER PADA PENYINTAS BENCANA GANDA. Kinesik, 10(1), 113–131.
Danil, M. (2021). MANAJEMEN BENCANA. Prosiding Mitigasi Bencana, Universitas Dharmawangsa, November, 7–14. https://proceeding.dharmawangsa.ac.id/index.php/PROSUNDHAR/article/viewFile/2/25
Ismail, A., Sayekti, I. C., Susilawati, S. A., & Pramudita, D. A. (2023). Analysis of needs for development of earthquake disaster mitigation animation videos for disabilities elementary school children. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 10(2), 114–121. https://doi.org/10.21831/jitp.v10i2.51885
Kemenkes RI. (2020). Pedoman Pelayanan Minimum Kesehatan Lanjut Usia (PMKL) Pada Krisis Kesehatan.
Muthmainnah, Djafar, S., Suryani, A., Indriani, D., Mursyid, I., & Irmayanti. (2021). Gerakan Cipta Relawan Tangguh Sadar Psikososial Pasca Bencana. Maspul Journal of Cmmunity Empowerment, 3(2), 30–41.
Nirmalasari, N., Rizqi Wahyu Hidayati, Dwi Kartika Rukmi, & Arif Adi Setiawan. (2022). Edukasi Audio Visual dalam Kesiapsiagaan Bencana Gunung Meletus pada Anak Usia Sekolah. Journal of Innovation in Community Empowerment, 4(2), 84–89. https://doi.org/10.30989/jice.v4i2.761
Pratiwi, A. E., Tjahyani, W., Chabiba, A., & Purnomo, N. H. (2021). Kajian Kawasan Rawan Bencana Erupsi Gunung Merapi di Kecamatan Cangkringan Laporan Ilmiah Geografi UNESA Bentang Lahan Yogyakarta 2018. Researchgate.Net. https://www.researchgate.net/publication/351127336_Kajian_Kawasan_Rawan_Bencana_Erupsi_Gunung_Merapi_di_Kecamatan_Cangkringan_Laporan_Ilmiah_Geografi_UNESA_Bentang_Lahan_Yogyakarta_2018_C_408140974110_Adinda_Eka_Wanda_Fitri_Ayu_Ummu
Siswi, D., Setioputro, B., & Wantiyah. (2023). The Effectiveness of Audiovisual Media Health Education on Flood Disaster Preparedness in Elementary School Children. Jurnal Kegawatdaruratan Medis Indonesia, 2(1), 26–42. https://doi.org/10.58545/jkmi.v2i1.41
Sitepu, J. M., Masitah, W., Nasution, M., & Ginting, N. (2024). Development of Animated Emergency Drills Video to Enhance Early Childhood Understanding of Fire Disasters. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 9(1`), 83–94. https://doi.org/10.14421/jga.2024.91-08
Sudewo, D. A., Rahmawati, D. P., & Tayana, O. (2024). Implementation of Disaster Mitigation Introduction through Digital Video Media for Early Childhood at Kindergarten Melati 03 Menteng, Central Jakarta. International Journal of Environmental Communication, 2(1), 1–54.
Suwaryo, P. A. W., & Yuwono, P. (2017). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Pengetahuan Masyarakat dalam Mitigasi Bencana Alam Tanah Longsor. The 6th University Research Colloquium 2017 Universitas Muhammadiyah Magelang, 305–314.
UNICEF. (2018). Situasi Anak-Anak Dan Kaum Muda di Kota-Kota Di Indonesia.
Widanty, T., & Pamungkas, J. (2023). Pengembangan Media Flashcard Mitigasi Bencana Alam Gunung Meletus untuk Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(5), 5733–5744. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.5258
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Martabe : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.






Download