(2) * Widya Rizky Pratiwi
(3) Sri Dewi Nirmala
(4) Sylvia Sylvia
(5) Juhana Juhana
(6) Jelpris Topuh
*corresponding author
AbstractSekolah Indonesia Davao (SID) di Filipina memiliki peran strategis dalam menjaga identitas kebangsaan, budaya, dan pendidikan anak-anak keturunan warga negara Indonesia yang telah lama bermukim di Davao. Namun, dinamika globalisasi dan perbedaan lingkungan sosial menghadirkan tantangan signifikan, salah satunya keterbatasan kemampuan berbahasa Indonesia di kalangan siswa. Kondisi ini menuntut guru-guru SID untuk terus mengembangkan kompetensi pedagogis agar mampu menghadirkan proses pembelajaran yang bermakna dan relevan. Salah satu pendekatan yang dinilai tepat adalah deep learning, yaitu pembelajaran yang menekankan pemahaman mendalam, bermakna, serta penguasaan konsep secara menyeluruh. Untuk menjawab tantangan tersebut, Sekolah Pascasarjana Universitas Terbuka (SPs UT) melaksanakan Program Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Internasional melalui pelatihan daring bagi guru-guru SID. Metode pelaksanaan kegiatan mencakup sesi pemaparan materi “Pengenalan Umum Pembelajaran Mendalam” serta “Pembelajaran Mendalam: Tinjauan, Rancangan, dan Implementasi dalam Pembelajaran”, yang dipadukan dengan diskusi interaktif dan studi kasus. Hasil pelaksanaan menunjukkan peningkatan pemahaman guru terkait konsep deep learning, serta tumbuhnya kesadaran akan pentingnya adaptasi strategi pembelajaran sesuai kondisi siswa diaspora. Para peserta juga memperoleh keterampilan dasar untuk merancang dan mengimplementasikan pembelajaran mendalam dalam konteks kelas multibahasa dan multikultural. Kegiatan ini memberikan kontribusi nyata berupa penguatan kapasitas guru SID, peningkatan kualitas pembelajaran, serta penguatan identitas budaya Indonesia di lingkungan diaspora. Selain itu, kegiatan ini membuka peluang kerja sama lebih lanjut antara SPs UT, SID, dan lembaga mitra strategis untuk mendukung keberlanjutan pengembangan pendidikan Indonesia di luar negeri. Keywordspembelajaran mendalam, pendidikan diaspora, pengembangan profesional guru, Sekolah Indonesia Davao.
|
DOIhttps://doi.org/10.31604/jpm.v8i11.4248-4257 |
Article metricsAbstract views : 0 | PDF views : 0 |
Cite |
Full Text Download
|
References
Anas, M., Prianto, A. L., & Wahid, N. (2024). Strategi Pelayanan Publik Berbasis Penguatan Identitas Pada Diaspora Indonesia di Davao City, Filipina. Kajian Ilmiah Mahasiswa Administrasi Publik (KIMAP), 5(6), 1423-1422.
Anis, D. A. D. M. K., Dewi, T. S. S. D. M., Marini, D. K. S. D. K., & Maryanah, A. C. W. T. (2024). Mengabdi untuk Negeri, Tak Bertepi. Perkumpulan Rumah Cemerlang Indonesia ANGGOTA IKAPI Jawa Barat.
Dukut, E. M., & Diasti, K. S. (2024). Strategi Peningkatkan Kualitas Pendidikan: Pengajaran Komunikatif antar Budaya Guru Filipina dan Indonesia. MITRA: Jurnal Pemberdayaan Masyarakat, 8(2), 215-231.
Hamid, J., Pebriyan, P., & Gusmaneli, G. (2024). Pembelajaran Kontekstual: Solusi Untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan. Realisasi: Ilmu Pendidikan, Seni Rupa dan Desain, 1(3), 01-12.
Hendrianty, B. J., Ibrahim, A., Iskandar, S., & Mulyasari, E. (2024). Membangun Pola Pikir Deep Learning Guru Sekolah Dasar. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 12(3).
Jubaedah, S. (2024). Utilizing Deep Learning to Detect and Analyze Student Learning Styles: Pemanfaatan Deep Learning Untuk Mendeteksi Dan Menganalisis Gaya Belajar Siswa. COSMOS: Jurnal Ilmu Pendidikan, Ekonomi dan Teknologi, 1(6), 635-646.
Kasi, R. (2023). Pembelajaran aktif: Mendorong partisipasi siswa.
Kurniawan, R. G. (2025). Pembelajaran diferensiasi berbasis deep learning: Strategi mindful, meaningful, dan joyful learning. Penerbit Lutfi Gilang.
Manik, W., Siregar, A. S., Abizar, S. I., Rahayu, Y., Iqbal, M., & Mukhlis, S. (2025). Studi Tentang Pembelajaran Multidisiplin dan Hubungannya dengan Kemampuan Berpikir Kompleks. Reflection: Islamic Education Journal, 2(2), 123-135.
Nababan, D., & Sipayung, C. A. (2023). Pemahaman model pembelajaran kontekstual dalam model pembelajaran (CTL). Jurnal Pendidikan Sosial dan Humaniora, 2(2), 825-837.
Nurul, A., Iskandar, S., Amalia, M., & Naziha, P. F. (2025). Konsep dan Implementasi Pendekatan Deep Learning di Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(2), 1661-1672.
Olfah, H. (2024). Pendekatan interdisipliner dalam pemikiran pendidikan Islam: memperkuat keterpaduan kurikulum dan metode pembelajaran. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 3(5), 2507-2517.
Prijambodo, R. F. N., Punggeti, R. N., & Azizah, L. F. (2025). Strategi Pembelajaran Menyenangkan Berbasis Lingkungan Di Sekolah Dasar: Pendekatan Kualitatif Dalam Meningkatkan Motivasi Siswa. Jurnal Riset dan Pengabdian Interdisipliner, 2(1), 121-126.
Putri, R. G. (2017). Peran Diaspora Indonesia-Filipina Selatan (Difs) dalam Pemberdayaan Ekonomi Warga Keturunan Indonesia Pemukim (Wkip) di Filipina Selatan. JISIP UNJA (Jurnal Ilmu Sosial Ilmu Politik Universitas Jambi), 67-83.
Riski, Y. T., Huda, M., Gunansyah, G., & Nasution, N. (2025). Strategies for Indonesian Language Conservation in the Mindanao Diaspora: Educational and Cultural Identity Perspectives at the Indonesian School of Davao, Philippines. TOFEDU: The Future of Education Journal, 4(6), 1624-1633.
Riski, Y. T., Huda, M., Purwoko, B., & Gunansyah, G. (2024). Landasan Filosofis Bimbingan Keterampilan Berbahasa Indonesia Bagi Siswa Sekolah Indonesia Davao Filipina. AIJER: Algazali International Journal of Educational Research, 7(1), 56-63.
Setyawati, A., & Nugroho, Y. (2024). Sikap dan Pemertahanan Bahasa Indonesia di Kalangan Akademisi Sekolah Indonesia Davao Filipina. BAPALA, 11(03), 266-275.
Sukma, B. P. (2020). Potensi dan Tantangan Penginternasionalan Bahasa Indonesia di Filipina. Widyaparwa, 48(1), 1-13.
Syafi’i, A. (2025). Pendekatan Pembelajaran Berbasis Deep Learning: Mindful Learning, Meaningful Learning, dan Joyful Learning. Al-Mumtaz: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(1).
Wibowo, H. (2020). Pengantar Teori-teori belajar dan Model-model pembelajaran. Puri Cipta Media.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Martabe : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.






Download