(2) Yunita Sartika Sari
(3) Indah Fitriana Hapsari
(4) Fredi Setiawan
(5) Amelia Nurjanah
*corresponding author
AbstractTeknologi imersif mampu menghadirkan pengalaman yang lebih interaktif, kontekstual dan mendalam, sehingga teknologi ini mampu menjadi alat untuk proses belajar dan mengajar serta mampu meningkatkan pemahaman konsep sekaligus menumbuhkan empati pada anak. Metode pelaksanan meliputi sosialisasi program kepada guru dan siswa, pelatihan penggunaan perangkat VR, implementasi pembelajaran berbasis penggunaan perangkat VR dengan kacamata Oculus Meta Quest 3, implementasi pembelajaran berbasis VR pada materi pembelajaran astronomi, serta evaluasi melalui observasi dan wawancara. Hasil pelaksanaan menunjukan adanya peningkatan keterlibatan siswa selama proses belajar, peningkatan pemahaman materi yang lebih konkret, serta perkembangan kemampuan empati terutama saat anak diajak merasakan pengalaman sosial menjaga planet bumi melalui simulasi VR. Program ini tidak hanya memperkaya strategi pengajaran di sekolah, tetapi juga memberikan kontribusi nyata dalam mendukung tujuan pendidikan yang lebih humanis dan berbasis teknologi. Dengan demikian, pengabdian kepada masyarakat ini diharapkan dapat menjadi model inovasi bagi sekolah lain dalam mengintegrasikan teknologi imersif untuk penguatan aspek kognitif dan afektif pada peserta didik. KeywordsTeknologi imersif, Virtual reality, Pengajaran, Sekolah Dasar
|
DOIhttps://doi.org/10.31604/jpm.v8i11.4332-4338 |
Article metricsAbstract views : 0 | PDF views : 0 |
Cite |
Full Text Download
|
References
Hartawan, I. N. B., Ni Luh Wiwik Sri • Arta, I. Kadek; Saputra, I. Kadek Tediana; Apriatini, Ni Made; Kusuma, Gusti Ayu Putu Intan; Paria Wati, Kadek; Putrayasa, Ida Bagus; Sudiana, I Nyoman. (2025). Analisis Efektivitas Penggunaan Teknologi Virtual Reality dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, Vol. 10 No. 02.
Hartawan, I. N. Buda; Sri Rahayu G., Ni Luh Wiwik; Kadek Suryati. (2024). Implementasi Virtual Reality untuk Pembelajaran Imersif di Sekolah Dasar Kabupaten Bangli. Jurnal Widya Laksmi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 124–131.
Putra, Lovandri Dwanda; Shiddiq, Ahmad Jafar; Khafi, Iqmal; Nugroho, Bagas. (2024). Integrasi Teknologi Immersive Learning dalam Pembelajaran Sekolah Dasar. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah (JURMIA), 4(2), 218–230.
Amalia, D. (2024). Pemberdayaan Media Pembelajaran Virtual Reality (VR) untuk Meningkatkan Pemahaman Materi di Sekolah Dasar. Jurnal Martabe, UMTapsel.
Azizah, N. F. (2024). Pemanfaatan Virtual Reality pada Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar untuk Meningkatkan Interaksi Siswa. Jurnal Goretan Pena, 2024.
Febriana, Devi; Indhira Asih V.Y.; Aan Subhan Pamungkas. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Virtual Reality berbantu Millea Lab pada Mata Pelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar (JPD), Vol. 11, No. 2.
Styadi, Amdika; Istiyowti, Lucia Sri; dkk. (2025). Implementasi Virtual Reality dalam Kegiatan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi (LPKD).
Siregar, H. L.; Hartawan, I. N. Buda; Suryati, Kadek. (2025). Analisis Literatur tentang Penggunaan Teknologi Virtual Reality dalam Pembelajaran Interaktif. Battuta: Jurnal Pendidikan dan Teknologi.
Andyani, P.; Nida Nur Majidah; Rizky Rindayanu Maulifia; Ani Nur Aeni. (2022). Penggunaan Virtual Reality Sebagai Sarana Edukasi dalam Mengenal Kabah bagi Siswa Kelas 1 SD. Jurnal Al-Qalam: Studi Pendidikan Islam dan Bahasa.
Aprilia, Y. D.; Suwandayani, B. I.; Kuncahyono, K. (2025). Optimalisasi Penggunaan Teknologi Augmented Reality di Era Digital pada Sekolah Dasar. Jurnal Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 8(1), 15–24.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Martabe : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.






Download