
(2) Lavlinesia Lavlinesia

(3) * Diana Pebriani Daulay

(4) Edison Edison

*corresponding author
AbstractKegiatan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan di Kecamatan Danau Sipin, Kota Jambi dengan fokus pada pengembangan teknik pengemasan vakum untuk meningkatkan daya saing produk makanan ringan Cimol yang diproduksi oleh UMKM Cimeltlicious. Tujuan utama program ini adalah meningkatkan kapasitas produksi, memperpanjang daya simpan produk, serta memberdayakan kelompok masyarakat sekitar, khususnya ibu-ibu PKK Kelurahan Selamat. Metode yang digunakan adalah pendekatan partisipatif-kolaboratif yang melibatkan mitra sejak tahap perencanaan, pelatihan, implementasi teknologi, hingga evaluasi dan keberlanjutan. Beberapa kegiatan yang dilaksanakan meliputi penyediaan alat vacuum sealer dan showcase pendingin, pelatihan teknik pengolahan serta pengemasan vakum, pendampingan manajemen usaha, dan strategi pemasaran berbasis media sosial. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam kapasitas produksi, di mana produk cimol dalam bentuk frozen food kini memiliki masa simpan 3–4 bulan. Dari aspek sosial, terjadi peningkatan keterampilan sebesar 23,7% pada kelompok mitra berdasarkan hasil pre-test dan post-test, yang mencerminkan keberhasilan transfer pengetahuan dan teknologi tepat guna. Dampak ekonomi tercermin dari terbukanya peluang usaha baru bagi ibu-ibu PKK dan meningkatnya kualitas kemasan yang lebih higienis dan profesional, sehingga memperluas akses pemasaran hingga ke swalayan modern. Program ini tidak hanya memperkuat posisi UMKM Cimeltlicious sebagai pelaku usaha pangan yang berdaya saing, tetapi juga menciptakan model pemberdayaan masyarakat yang dapat direplikasi di wilayah lain. Dengan demikian, kegiatan ini berkontribusi terhadap pengembangan ilmu pengetahuan, khususnya dalam implementasi teknologi tepat guna dan pemberdayaan masyarakat berbasis kolaborasi UMKM–akademisi–masyarakat.
KeywordsCimol, Pengemasan, Vakum sealer
|
DOIhttps://doi.org/10.31604/jpm.v8i10.3892-3897 |
Article metricsAbstract views : 0 | PDF views : 0 |
Cite |
Full Text![]() |
References
Badan Pusat Statistik Kota Jambi. Luas Daerah dan Jumlah Pulau Menurut Kecamatan di Kota Jambi, 2023 [Internet]. 2023 (diperbarui 22 Februari 2025; dikutip 7 April 2025). Tersedia di: https://jambikota. bps.go.id/id/statisticstable/3/VUZwV01tSlpPVlpWlRKbmMxcFhhSGhE VjFoUFFUMDkjMw%3D%3D/luas-daerah-dan-jumlah-pulau-menurut-kecamatan-di-kota-jambi--2022? year=2023.
Badan Pusat Statistik Kota Jambi. Jumlah Penduduk Menurut Kecamatan di Kota Jambi (Jiwa), 2022-2024[Internet]. 2024(diperbarui 25 Februari 2025; dikutip 7 April 2025). Tersedia di: https://jambikota.bps.go.id/id/statisticstable/2/ODgjMg==/jumlahpendu dukmenurut-kecamatan-di-kota-jambi.
Nurzanah E. 2024. Strategi pemasaran dalam menarik minat konsumen pada makanan ringan Cimol Kressoy. Bull Community Engagem.;4(1):603–8.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Martabe : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.